Kaya Akan Antioksidan, Ini 10 Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

vitamin C
Foto: www.unsplash.com

Identik dengan buah jeruk dan lemon, mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar vitamin C. Nutrisi tambahan yang penting ini ternyata memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh maupun kulit. Penasaran dengan khasiatnya? Tetap baca artikel ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya.

Mengapa Perlu Mengonsumsi Vitamin C?

vitamin C
Foto: www.pexels.com

Salah satu nutrisi tambahan ini  penting untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, vitamin C dapat mudah larut dalam air dan tidak disimpan pada tubuh. Terdapat beberapa alasan mengapa tubuh memerlukan vitamin C, yakni:

  • Membantu tubuh memproduksi kolagen
  • Sebagai antioksidan untuk membantu menghilangkan radikal bebas
  • Membantu tubuh untuk menyerap zat besi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan proses penyembuhan luka

Perlu diketahui bahwa rendahnya kadar vitamin yang satu ini pada tubuh ternyata dapat memicu penyakit sendi yang bengkak, gusi berdarah, anemia, dan kelelahan. Untuk itu, jangan lupa mengonsumsi vitamin C, ya!

Apa Manfaat Vitamin C?

Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa manfaat penting yang bisa kamu dapatkan dari nutrisi penting yang satu ini.

Membantu penyembuhan luka

Vitamin C dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang ada ada kulit, otot, serta jaringan lainnya. Tentunya hal ini dapat memengaruhi proses penyembuhan luka, karena jika seseorang memiliki asupan zat ini secara rendah maka bisa mengalami penyembuhan luka yang lebih lambat. Tentunya sumber nutrisi tambahan ini bisa kamu peroleh dari sayuran dan buah, serta suplemen.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Vitamin C yang diperoleh dari makanan-makanan sehat ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena nutrisi tambahan ini memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu memperlebar pembuluh darah.

Selain itu, kandungan penting ini juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dan mengurangi ketidakstabilan plak aterosklerois, yang bisa melindungi dari penyakit jantung dan hipertensi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Menghilangkan Kerutan di Wajah

Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat dari zat ini adalah bisa membantu menurunkan risiko katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi macula yang dapat dikaitkan dengan faktor usia. Hal ini ternyata dapat dipengaruhi oleh aktivitas antioksidan yang terkandung dalam vitamin ini.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan kuat yang terkandung dalam zat ini dapat berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang sering disebut dengan radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk pada tubuh, maka hal tersebut dapat menimbulkan kondisi stress oksidatif, yang sering dikaitkan dengan penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kadar antioksidan darah sebanyak 30%, sehingga membantu pertahanan alami tubuh untuk melawan peradangan.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi yang terjadi pada tubuh, dapat menimbulkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mengurangi tekanan darah pada orang dewasa yang sehat maupun yang memiliki tekanan darah tinggi.

Mencegah serangan asam urat

Asam urat merupakan produk limbah yang dihasilkan oleh tubuh. Gejala ini muncul ketika terlalu banyaknya asam urat yang ada dalam darah.

Pada kadar yang tinggi, hal ini dapat mengkristal dan mengendap dalam persendirian. Mengonsumsi salah satu vitamin penting ini memiliki manfaat yang terkait dengan kondisi tersebut, yakni mengurangi asam urat dalam darah serta melindungi dari serangan asam urat.

Membantu mencegah kekurangan zat besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki beragam fungsi. Salah satunya adalah membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari makanan.

Baca Juga :  Manfaat Lain Vitamin B3: Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Sinar UV

Melindungi daya ingat

Stres oksidatif dan peradangan di dekat otak, tulang belakang, dan saraf ternyata dapat meningkatkan risiko demensia. Seperti yang diketahui, demensia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gejala berpikir dan ingatan yang buruk. Kondisi ini biasa terjadi pada orang dewasa yang telah lanjut usia.

Ketika mengonsumsi vitamin C dengan kadar tinggi yang berasal dari makanan atau suplemen, hal ini terbukti telah memiliki efek perlindungan pada pemikiran dan ingatan seiring dengan bertambahnya usia.

Mencegah kerusakan kulit

Kulit yang terpapar sinar UV ternyata dapat menimbulkan masalah-masalah wajah, mulai dari munculnya tanda-tanda penuaan hingga kanker kulit. Antioksidan kuat yang ada dalam vitamin C dapat membantu mencegah radikal-radikal bebas yang ada.

Mengatasi peradangan

Nutrisi tambahan yang penting ini memiliki aktivitas anti-inflamasi yang efektif dan dapat digunakan dalam kondisi kulit berjerawat. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah peradangan.

Bagaimana Menggunakan Vitamin C yang Tepat?

vitamin C
Foto: www.freepik.com

Kadar vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi dalam suplemen adalah sebanyak 90 mg untuk orang dewasa per hari. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta suplemen. Terdapat beberapa sumber nutrisi yang baik, seperti:

  • Kiwi
  • Lemon
  • Stroberi
  • Jeruk
  • Bayam dan sayuran hijau lainnya
  • Tomat
  • Kentang

Sementara untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi ini agar bisa dirasakan langsung oleh kulit, maka kamu perlu memilih produk perawatan wajah atau tubuh yang memiliki kandungan zat tersebut. Pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhanmu.

Produk Rekomendasi

Berikut rekomendasi produk yang mengandung nutrisi tambahan penting yang dapat kamu rasakan manfaatnya pada kulit.

Kiehl’s Powerful Strength Line Reducing Concentrate

COSRX AHA BHA Vitamin C Daily Toner

Memiliki tekstur yang cair dan bening, membuat toner ini tidak terasa lengket ketika diaplikasikan pada wajah. Dengan kandungan tiga bahan aktif yakni AHA, BHA, dan vitamin C, membuat produk ini dapat bekerja maksimal untuk menyegarkan dan menghaluskan tekstur kulit. Tak hanya itu, bisa juga untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat, serta mengangkat sisa kotoran pada wajah.

The Body Shop Vitamin C Healthy Glow Boosting Moisturizer

Pelembap dengan formula gel yang ringan ini berfungsi untuk melembapkan, menghidrasi, dan mencerahkan kulit yang kusam. Berkat kandungan vitamin C, camu-camu berry, dan lidah buaya, membuat produk ini dapat memberikan efek yang menyegarkan serta kulit wajah yang terasa halus dan lembut.

Nature Republic Vitamin C Real Comforting Mask Sheet

Masker wajah ini memiliki aroma menyegarkan yang bisa membuat wajah terasa lebih lembap dan cerah. Dengan lembaran yang tidak terlalu tebal, sehingga membuat sheet mask ini mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Tentunya produk ini sangat cocok digunakan oleh semua jenis kulit terutama setelah beraktivitas seharian.

Estee Lauder Perfectionist Pro-Multi Defense UV Fluid SPF 45

Mengandung delapan antioksidan, mulai dari vitamin C hingga teh hijau, membuat tabir surya ini dapat melindungi kulit wajah dengan efektif dari paparan sinar matahari. Dengan formula SPF 45, menjadikan produk ini sangat cocok untuk digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan. Formulanya yang ringan juga membuat produk ini mudah menyerap dan tidak meninggalkan minyak di wajah