Tanya Ahli: Apa Sebenarnya Manfaat Lemon?

manfaat lemon
Foto: www.unsplash.com

Meski memiliki rasa yang asam, namun siapa sangka bahwa lemon ternyata memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Dengan beragam manfaat lemon yang ada, tentunya buah dengan kulit berwarna kuning ini pun banyak digemari oleh kebanyakan orang. Namun, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Simak penjelasan dari dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK, Spesialis Gizi Klinik dari RSUD Tgk Chik Ditiro Aceh, Klinik healthy & wellness DH Sigli, dan Klinik Estettika YourSkinClinic Jakarta yang akan membahas manfaat lemon efek samping dari buah yang satu ini.

Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Lemon?

manfaat lemon
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Elfina, “lemon merupakan salah satu golongan buah yang merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Jadi kita memang harus menjadikan buah sebagai bagian dari menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari, dengan porsi sesuai kebutuhan kita,” jelasnya.

Buah dengan kulit berwarna kuning ini termasuk ke dalam sumber buah yang kaya akan vitamin C. “Kandungan zat gizi pada 100 gram buah lemon terdiri dari air 92 gram, energi 29 kkal, protein 1,1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 9,3 gram, serat 2,8 gram, vitamin C 50 mg, kalsium 23 mg, fosfor 20 mg, kalium 10 mg, folat 20 mikrogram,” ungkapnya.

Apa Manfaat Buah Lemon?

Foto: www.xframe.io

Kini saatnya membahas manfaat lemon yang katanya memiliki beragam dampak baik untuk tubuh.

Kesehatan tubuh

Karena  termasuk ke dalam buah yang kaya akan vitamin C, lemon “mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan,” papar Dokter Elfina.

Kelembapan kulit

Spesialis Gizi Klinik yang satu ini juga menuturkan bahwa selain kesehatan tubuh, lemon bisa menjaga kelembapan kulit wajah.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Serum Wajah yang Bermanfaat Untuk Kulit

Meningkatkan daya tahan tubuh

“Berkat kandungan antioksidannya (bioflavonoid), buah yang cerah ini bisa menghambat radikal bebas dalam tubuh,” katanya.

Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan serat pectin yang terdapat pada buah lemon, “juga bermanfaat untuk menyehatkan dan melancarkan proses pada saluran pencernaan. Serat ini didapatkan dengan maksimal apabila mengonsumsi buah lemon secara utuh, termasuk daging buahnya,” terang Dokter Elfina.

Kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa memakan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini berkat flavanon, senyawa polifenol yang sangat tinggi yang terkandung dalam buah berwarna kuning ini.

Menurunkan kolesterol

Hesperidin dan diosmin– senyawa yang ditemukan dalam lemon ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Bagaimana Cara Tepat Mengonsumsi Lemon?

manfaat lemon
Foto: www.pexels.com

Karena beragamnya manfaat lemon, pasti kamu mulai bertanya-tanya terkait cara mengonsumsi buah lemon yang tepat. Tentu caranya cukup mudah, karena menurut Dokter Elfina, “terbaik mengonsumsi (lemon) secara langsung dalam bentuk utuh, tanpa menambahkan pemanis tambahan secara berlebihan,” sarannya.

Hal ini dilakukan agar tetap mendapatkan manfaat zat gizi yang sesuai di dalam kandungan buahnya, dan “jumlah yang disarankan untuk kebutuhan vitamin C harian adalah 75-90 mg untuk orang dewasa sehat,” paparnya.

Nah, dengan mengonsumsi dua buah lemon tentu sudah terpenuhi kebutuhan vitamin C harian, atau dapat dikombinasikan dengan buah dan bahan makanan lainnya.

Namun, apakah mengonsumsi produk olahan lemon akan sama manfaatnya dengan memakan lemon secara langsung? Dokter Elfina menjawab bahwa “mengonsumsi lemon akan berbeda dengan produk olahan lemon. Karena biasanya secara kandungan seratnya akan berkurang,” jelasnya.

Akan tetapi jika seseorang tidak mengonsumsi lemon, maka hal ini bukan merupakan masalah besar. “Secara sumber buah kaya vitamin dan mineral, tetap ada pilihan buah lainnya seperti jambu, kiwi, stroberi, dan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Sering Digunakan untuk Masak, Ini 11 Manfaat Minyak Zaitun Asli

Bagaimana dengan Penggunaan Lemon pada Kulit?

manfaat lemon
Foto: www.freepik.com

Kabarnya buah dengan kulit yang berwarna cerah ini memiliki manfaat yang baik jika diaplikasikan pada kulit, sehingga tidak sedikit produk perawatan wajah dan kulit yang menggunakan lemon sebagai bahan tambahan.

“Kandungan asam sitrat pada lemon dikenal dapat berfungsi menghilangkan sel kulit mati. Lemon juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghasilkan lingkungan asam, serta kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai anti-aging dan antioksidan dalam melawan radikal bebas,” terangnya.

Namun, lemon ternyata juga memiliki potensi untuk mengiritasi kulit.

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit lebih sensitif, maka “sebaiknya penggunaan air perasan atau jus lemon secara langsung ke kulit bukan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya dalam menjaga kesehatan kulit. Karena, pHnya (2) yang lebih asam dari pH alami kulit wajah manusia (4.5-5,5),” anjur Dokter Elfina.

Jika ingin menggunakan perasan lemon sebagai perawatan kulit, untuk menghindari risiko efek sampingnya adalah dengan menghindari perasan air lemon yang diaplikasikan pada kulit secara langsung. “Sebaiknya dicampurkan terlebih dahulu dengan bahan lain, seperti madu atau oatmeal,” anjurnya.

Yang paling penting, jangan lupa untuk membatasi penggunaan lemon. Kamu bisa menggunakannya hanya beberapa kali dalam sebulan, karena dapat membuat kulit menjadi kering. “Apabila saat pemakaian terdapat ruam atau iritasi, maka sebaiknya segera dihentikan penggunaannya,” lanjutnya.

Adakah Efek Samping dari Mengonsumsi Lemon?

Foto: www.unsplash.com

“Mengonsumsi air lemon pada saat perut masih kosong, terutama di pagi hari, dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan. Seperti mengiritasi lambung dan dapat menyebabkan gastroesofageal refluks disease (GERD). Untuk mengurangi iritasi pada lambung, sebaiknya tidak mengonsumsi di saat perut masih kosong,” jelasnya.

Memakan buah lemon terlalu sering secara terus-menerus juga dapat memberikan dampak buruk yakni pengikisan atau erosi pada gigi, di mana hilangnya lapisan enamel. Hal itu disebabkan oleh kandungan asam sitrat yang ada pada lemon. Perlu diketahui bahwa enamel merupakan lapisan terluar dari gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi.

Baca Juga :  Pola Makan Berantakan? Ini Trik Jenius agar Kembali Makan Sehat

“Suasana asam yang terjadi di dalam mulut jika dibiarkan berkontak dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel. Untuk menghindari kerusakan pada gigi, maka dapat dilakukan alternatif mengonsumsi air lemon dengan menggunakan sedotan,” paparnya.  

Selain itu, bisa juga “dicampur dengan makanan lainnya seperti buah atau sayuran seperti timun agar dapat berkurang derajat keasamannya. Serta sebaiknya berkumur dengan air putih untuk menghilangkan zat asam yang menempel pada permukaan gigi,” saran Dokter Elfina.

Rekomendasi Produk

Jika ingin mendapatkan manfaat lemon pada kulit, berikut rekomendasi produk perawatan wajah dengan kandungan buah yang satu ini.

Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Dikemas dalam bentuk cotton pad, eksfoliator ini pastinya akan membantu meluruhkan sel kulit mati dengan lembut dan mudah. Kandungan ekstrak buah lemonnya juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas.

Mizon Vita Lemon Peeling Gel

Produk ini berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi lebih muda dan bercahaya. Kandungan French Sparkling Water-nya juga bisa membantu membersihkan kulit. Tidak hanya itu, Mizon Vita Lemon Peeling Gel juga bisa melembapkan dan mengencangkan kulit.

FaceTory Be Bright Be You Vitamin C Brightening Foil Mask

Ingin memiliki kulit yang lebih cerah dan halus? Maka cobalah untuk mengenakan FaceTory Be Bright Be You Vitamin C Brightening Foil Mask. Pasalnya, masker wajah ini bisa mengatasi permasalahan kulitmu, apalagi jika kamu mempunyai kulit kering yang bersisik.