Bingung Memilih Souvenir Pernikahan? 14 Ide Ini Pasti Bermanfaat

souvenir pernikahan
Foto: www.shutterstock.com

Saat menggelar acara pernikahan, biasanya dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari keluarga maupun kerabat. Karena telah meluangkan waktu untuk bergabung di hari yang spesial, rasanya tidak lengkap untuk memberikan ucapan terima kasih dengan memberikan souvenir pernikahan.

Meski banyak opsi, namun memilih souvenir pernikahan yang unik dan menarik pun masih terasa sulit bagi kedua calon pengantin. Berikut 15 rekomendasi hadiah yang bisa kamu berikan untuk tamu undangan yang hadir.

Hand Sanitizer

Garut Kulit - Hand Sanitizer Case

Ketika ingin melaksanakan pesta pernikahan di tengah situasi COVID-19, maka memberikan hand sanitizer sebagai souvenir pernikahan merupakan pilihan yang tepat. Sebab, di masa pandemi ini kita perlu menjaga kebersihan, dan produk ini juga termasuk ke dalam protokol kesehatan yang wajib dimiliki.

Menariknya, desain pembersih tangan ini juga bisa kamu sesuaikan dengan tema acara. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan nama atau inisial dari kedua calon pengantin.

Tanaman Sukulen

souvenir pernikahan
rocl.id - Pot Semen Mini + Sukulen Kaktus Mini

Selain unik, memberikan tanaman yang berbentuk mungil ini juga bisa bermanfaat bagi para tamu. Karena nantinya ini bisa dijadikan dekorasi yang cantik sekaligus memberikan warna yang segar pada ruangan. Tak hanya itu, tanaman hijau ini juga tidak memakan banyak ruang dan bisa dengan mudah dirawat.

Jika kamu berniat untuk memberikannya sebagai souvenir pernikahan, cobalah untuk membeli kaktus mini. Pastikan kamu juga menyiapkan pot dan tanaman sesuai dengan jumlah undangan yang datang.

Lilin Aromaterapi

LIVERICH - Lilin Aromaterapi 7 Burn Out (Oranye)

Dengan dilengkapi dengan jenis aroma dan bisa bermanfaat, lilin aromaterapi ini bisa kamu kemas dalam gelas atau wadah yang cantik. Jangan lupa tambahkan keterangan bahwa ini bukan merupakan lilin biasa, melainkan lilin aroma terapi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan inisial nama milikmu dan pasangan.

Pilihlah aroma-aroma menenangkan yang bisa membuat para tamu undangan merasa rileks ketika menggunakannya di rumah.  

Rempah-rempah

SPEAK PEPPERS - Rempah Dapur & Bumbu Masak

Jika kamu senang memasak dan menjunjung cita rasa dengan menggunakan rempah-rempah, maka cobalah untuk memberikan bumbu dapur sebagai hadiah pernikahan. Nantinya souvenir ini bisa bermanfaat untuk para tamu agar mereka memiliki persediaan bumbu dapur.

Pilihlah rempah-rempah yang umum, mulai dari merica, kayu manis, atau ketumbar dan masukkan ke dalam wadah bening. Setelahnya kamu bisa menambahkan label yang berisi inisial nama dan tanggal pernikahan.

Masker

souvenir pernikahan
Mango - 2 Pack Reusable Homologated Facemask

Selain hand sanitizer, kamu juga bisa memberikan masker sebagai salah satu souvenir pernikahan. Tak hanya itu, alat pelindung diri ini juga bisa digunakan para tamu undangan selama acara berlangsung, agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

Cobalah untuk mempersonalisasikannya dengan menambahkan tanggal pernikahan ke lapisan luarnya. Sehingga nantinya ketika para tamu undangan berfoto, hal ini akan menambah estetika karena menggunakan masker wajah yang sesuai dengan tema pernikahan.

Teh Herbal

Herbilogy - Green Tea Extract Powder

Tak hanya untuk dikonsumsi pada pagi atau sore hari selagi bersantai, teh juga bisa dijadikan sebagai hadiah untuk para tamu undangan. Pilihlah teh yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti teh hijau misalnya. Kamu bisa menyimpan teh ini ke dalam wadah yang telah didesain khusus sesuai dengan acara yang digelar.

Selain itu, tambahkan pula informasi terkait manfaat dan langkah-langkah yang tepat untuk membuat dai minuman yang satu ini.

Peralatan Makan

souvenir pernikahan
Dejavu - Set Sendok Makan Garpu Sumpit Kayu Pouch

Alat makan yang berisikan sendok, garpu, dan sumpit juga bisa kamu pilih sebagai souvenir pernikahan. Pilihlah material kayu yang akan membuatnya menjadi lebih cantik. Setelah itu, pastikan kamu meletakkannya ke dalam wadah yang telah didesain khusus agar sesuai dengan tema pernikahan.

Dijamin kebanyakan tamu undangan akan senang ketika menerima hadiah ini. Sebab akan sangat berguna dan mudah untuk dibawa berpergian. Serta, menggunakan peralatan makan sendiri juga sangat disarankan untuk menjamin kebersihan.

Biji Kopi

souvenir pernikahan
Space Roastery - Halu Pink Banana

Berniat untuk memberikan hadiah yang unik untuk tamu undangan yang hadir? Cobalah pikirkan biji kopi. Meski nantinya harus diolah terlebih dahulu untuk bisa dikonsumsi, namun biji kopi juga bisa digunakan sebagai pengharum atau penambah dekorasi ruangan.

Simpan biji kopi di dalam botol kecil yang transparan dan tutuplah bagian ujungnya dengan penyumbat yang terbuat dari kayu atau busa. Jangan lupa hiasi botol dengan pita atau kain yang cantik. Jika itu terlalu merepotkan, maka cukup masukkan biji kopi ke dalam wadah yang terbuat dari kertas dan telah didesain dengan menyertakan inisial nama pengantin.

Handuk

Artsy - Premium Towel Set Radiant

Pilihlah handuk yang tidak berukuran besar, dan tambahkan nama depanmu dan pasangan serta tanggal pernikahan sebagai tanda bahwa tamu tersebut pernah menghadirinya. Jangan lupa perhatikan bahan dari kain yang digunakan, jangan terlalu kasar karena akan membuat kulit menjadi iritasi.

Setelahnya, tatalah handuk ini ke dalam bentuk tertentu. Untuk menjaga kebersihannya, masukkan ke dalam plastik atau kotak yang telah didesain menarik.

Pouch

The Goods Dept. - Transparant Pouch Set

Tempat penyimpanan yang berukuran kecil ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa kamu berikan sebagai hadiah. Karena nantinya pouch akan sangat bermanfaat bagi para tamu undangan, baik untuk menyimpan peralatan tulis atau pun perlengkapan lain saat berpergian. Nantinya barang-barang pun akan lebih terorganisir dengan baik.

Cobalah untuk membuat pouch yang telah didesain sendiri dengan menambahkan namamu dan pasangan di dalamnya. Pilihlah warna-warna netral yang dapat disukai oleh banyak orang.

Mug

souvenir pernikahan
Cindy - Mug Keramik Stripe Gold + Sendok Stainless Gold

Selain untuk meminum kopi, mug juga bisa digunakan untuk minum teh atau minuman lainnya. Pastinya, souvenir pernikahan ini akan sangat bermanfaat karena bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Agar lebih menarik dan mengingatkan para tamu undangan terkait acara pernikahanmu, maka tambahkan desain yang menyertakan namamu dan pasangan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar kartun pengantin supaya lebih unik dan mengesankan.

Magnet Kulkas

souvenir pernikahan
Cindy - Tempelan Kulkas Sayur dan Buah Satuan

Terlalu bingung dengan banyaknya pilihan souvenir pernikahan? Pilihlah item yang sederhana dan mudah untuk diberikan, salah satunya adalah magnet kulkas. Selain sebagai hadiah, barang ini juga bisa menambah dekorasi ruangan dan sebagai aksesoris yang melengkapi kulkas.

Tambahkan desain yang menyertakan identitas dari pasangan pengantin seperti inisial nama dan tanggal berlangsungnya acara. Kemudian, cobalah untuk membungkusnya dengan plastik atau masukkan ke dalam kotak kecil, lalu tambahkan pita yang akan mempercantik kemasan.

Pembuka Botol

brewsuniq - Bottle Opener Wood Handle

Meski banyak orang telah memberikan pembuka botol sebagai hadiah untuk tamu undangan, ternyata item ini juga bisa kamu pilih sebagai alternatif souvenir. Sebab, sebagian orang masih membutuhkan pembuka botol.

Agar lebih praktis dan menarik, tambahkan magnet di dalamnya sehingga nantinya ini bisa menjadi hadiah yang multifungsi. Karena tamu bisa menempelkannya sebagai aksesoris kulkas sekaligus pembuka botol. Pilihlah desain yang menarik sesuai dengan seleramu dan pasangan. Kemudian bungkus souvenir ini dengan rapi.

Foto Selama Acara

souvenir pernikahan
KANA - Photo Frame 12R Black

Ketika kamu ingin memberikan souvenir yang bisa dikenang oleh setiap tamu undangan, maka memberikan foto sewaktu acara berlangsung bisa menjadi opsi terbaik. Sediakan photo booth dengan sistem otomatis yang memiliki konsep sesuai dengan tema pernikahan.

Kamu juga bisa menyediakan aksesoris tambahan seperti topeng atau lainnya untuk menunjang gaya dari tamu undangan. Nantinya para tamu bisa langsung mendapatkan hasil foto tersebut dan menambahkannya sebagai hiasan ruangan.