Wajib Baca: Panduan Merencanakan Anggaran Pesta Pernikahan

Foto: www.unsplash.com

P.E.R.N.I.K.A.H.A.N. Cuma sepuluh huruf. Ditambah, P.E.S.TA., menjadi 15 belas huruf. Tapi persiapannya membutuhkan lebih dari 15 bulan dan 15 juta. Bagaimana agar anggarannya tidak melebihi kantong dan kemampuanmu? Berikut penjelasan tentang merencanakan anggaran pesta pernikahan tanpa ngutang.

Panduan Anggaran Pernikahan Terbaik

Foto: www.freepik.com

Menurut Melvin Mumpuni ST, MBA, CFP, QWP, seorang perencana keuangan, hal pertama yang wajib dilakukan yaitu dengan menentukan jumlah budget-nya dengan menghitung rincian pengeluaran melalui aplikasi. “Lalu, cari tahu sudah punya uang berapa yang terkumpul.”

Setelah menghitung berapa kekurangannya, “cari solusinya supaya terkumpul misalnya lewat investasi atau memilih untuk mengurangi budget-nya yang telah ditentukan.” Melvin melanjutkan. “atau bisa dengan patungan atau pinjaman dari orangtua.”

Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan

Foto: www.shutterstock.com

Melvin pemilik aplikasi Finansialku ini berpendapat persiapan selanjutnya adalah berdiskusi dengan pasangan. “Konsep apa yang akan dipilih, berapa tamu undangannya, lokasinya di mana apakah garden party atau di luar pulau. Karena hal itu akan memengaruhi anggaran. Terakhir, tentukan tanggal pernikahan.”

Dari hal berikut mana yang harus diprioritaskan?

“Jadi sebenarnya, menurut Undang-undang dikatakan resmi kalau misalnya agama Islam di masjid serta terdaftar di KUA atau agama Kristen di gereja dengan catatan sipil dan agama lainnya. Jadi itu hal yang harus diprioritaskan.”

Lanjutnya menambahkan, “bicara lokasi itu tambahan tergantung kedua belah pihak. Mau mewah atau nggak. Karena kalau bicara anggaran menikah itu nggak ada angka pastinya. Ada puluhan juta, ada yang 100 juta dan lebih dari satu miliar. Karena itu tadi pesta pernikahan itu nggak wajib. Jadi itu bisa disesuaikan dengan kemampuan. Jangan sampai mengutang.”

Ini Cara Menyusun Anggaran

Foto: www.shutterstock.com

Supaya pernikahan berjalan lancar sebaiknya: “Sebelum memutuskan untuk menyusun anggaran pernikahan kamu bisa ikuti bimbingan,” sarannya ketika dihubungi via WhatsApp. “Ada bimbingan ikuti saja nanti akan diajarkan cara menghitungnya.”

Lalu jangan lupa manfaatkan teknologi—alias, berbagai aplikasi finansial yang sudah tersedia. Di dalamnya, hitung segala kebutuhanmu, dari A sampai Z.

Kalau menikah yang paling penting bukan di pestanya. Paling penting itu nikahnya, bukan seberapa mewahnya. Kalau cuma pesta doang sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Jangan terlalu dipikirkan omongan orang, misalnya nggak mewah atau makanannya kurang enak.

Kamu bisa menghitung anggaran ini sendiri atau meminta bantuan perencana keuangan. Lalu, sempatkan datang ke acara pameran pernikahan karena di sana, “kamu bisa tanya harga sewa lokasi atau yang lain. Ini akan membantu menyusun anggaran,” imbuhnya.

Ia menambahkan tidak ada aturan baku jumlah pengeluaran biaya buat pernikahan. “Tidak ada persenan anggaran yang pasti untuk pernikahan, sebaiknya dikumpulkan sesuai konsep yang telah direncanakan. Nggak ada angka persentasinya, misalnya income-mu sekian, ya kamu harus sisihkan,” ucap Melvin.

Menurutnya, “kalau menikah yang paling penting bukan di pestanya. Paling penting itu, nikahnya, bukan seberapa mewahnya. Kalau cuma pesta doang sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Jangan terlalu dipikirkan omongan orang, misalnya nggak mewah atau makanannya kurang enak.”

Waktu yang Tepat Mempersiapkan Anggaran

Foto: www.unsplash.com

Menurutnya, mempersiapkan semuanya tergantung lokasi pernikahan yang akan digelar. “Dan kalau cuma nikah di KUA aja nggak perlu disiapkan jauh-jauh hari. Tapi kalau di luar pulau misalnya di bali persiapannya harus  sebulan atau bahkan setahun.”

Seringkali walau sudah merencanakannya secara matang, kerap terjadi kebocoran dana. Misalnya, anggaran yang disusun melenceng dari perkiraan, sehingga mau tidak mau dana darurat dikorbankan. “Jika ada dana kurang ya, tutupi dengan dana darurat. Jika tidak bisa tertutupi, boleh pinjam ke orangtua. Tapi sebisa mungkin jangan pinjam ke kredit atau pinjaman online,” ujarnya mengakhiri.

Pada LIMONE, Melvin membeberkan cara perhitungan rincian dana untuk anggaran pernikahan melalui aplikasi Finansialku.

Berikut Simulasi Perkiraan Dana Pernikahan Berdasarkan Aplikasi Finansialku

Dan jika kamu masih belum dalam tahap pernikahan, tapi menentukan pasangan hidup: apakah gaji penting? Ini pendapat seorang ahli.

podcast button