Ternyata, Puasa Bisa Menghilangkan Lemak di Sebuah Area Tubuh

mengurangi lemak
Foto: www.gettyimages.com

Bagaimana puasa kamu hari ini? Semoga lancar, ya. Dan untuk membuatmu lebih semangat, sebuah penelitian menyatakan bahwa ternyata berpuasa bisa mengurangi lemak di pankreas bagian bawah. Uh?

Apa Itu Lemak Pankreas?

Eh, lemak pankreas? Well, jika kamu bahkan tidak tahu bahwa ada istilah ini di dunia yang fana ini, kamu tidak sendirian. Pasalnya, bahkan ahli kesehatan belum memiliki pengetahuan cukup tentang lemak yang menumpuk di sel-sel pankreas ini. Ah, leganya.

“Tumpukan lemak di luar jaringan lemak seperti di hati, otot, atau tulang, memilki efek negatif terhadap organ-organ tersebut dan seluruh tubuh. Akan tetapi apa dampak sel-sel lemak di dalam pankreas masih belum jelas sampai sekarang,” kata pemimpin studi ini, Profesor Annette Schürmann.

Bagaimana Penelitian ini Mendapatkan Kesimpulan Tersebut?

Jika kamu penasaran bagaimana puasa bisa mengurangi puasa bisa mengurangi lemak pankreas, studi ini melakukan ini: membagi sejumlah tikus dalam dua grup. Para tikus di grup pertama diizinkan untuk makan apa pun, kapan pun dan sebanyak mungkin. Sementara grup kedua, diperbolehkan makan sebanyak mungkin secara berselang; satu hari makan apa pun, besoknya tidak boleh makan apa pun. Puasa ini disebut sebagai “alternate-day fasting“. Hal ini dilakukan selama lima minggu dan hasilnya memperlihatkan bahwa tikus di grup kedua hampir tidak memiliki lemak di bagian pankreas.

Studi yang dilakukan di German Institute of Human Nutrition (DIfE), memperlihatkan bahwa tikus dengan berat berlebih dan berisiko diabates cenderung menumpuk sel-sel lemak di pankreas. Sementara itu, tikus dengan berat berlebih yang tidak cenderung berisiko menderita diabetes, hampir tidak memiliki lemak di pankreas mereka. Ini artinya, lemak pankreas yang berlebih bisa berkontribusi meningkatkan resistansi insulin dan level gula darah yang tidak sehat. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa berpuasa bisa mencegah pembentukan awal lemak pankreas.

Jadi apakah ini artinya berpuasa, atau alternate-day fasting bisa menjadi cara yang dipakai untuk mencegah diabetes? Menurut para peneliti ini, itu adalah sesuatu yang bisa dipertimbangkan.

“Dalam kondisi genetik tertentu, akumulasi lemak di pankreas bisa jadi memiliki peran penting dalam pembentukan diabetes tipe 2,” jelas penelitian yang diterbitkan di jurnal Metabolism ini.

Dan jika hari ini kamu memutuskan berbuka puasa dengan mi instan (karena satu dan lain hal), pastikan kamu mengetahui apa yang harus dilakukan dengan air rebusannya.