Tanya Ahli: Di Mana Tempat Paling Tepat Menyimpan Kopi agar Tetap Segar?

cara menyimpan kopi
Foto: www.stocksy.com

Di mana kamu menyimpan kopi kesayanganmu? Iya, kopi yang kamu beli dengan susah payah itu. Di kulkas? Atau di lemari dapur yang sudah disesaki oleh piring, gelas, dan jimat dapur? Untuk mengetahui cara paling tepat menyimpan kopi agar kualitasnya tetap terjaga, LIMONE bertanya kepada ahli kopi. Begini penjelasannya.

Bagaimana Menyimpan Kopi yang Baru Dibeli?

Foto: www.123rf.com

Ahmad Jasin, seorang petani kopi sekaligus barista di Mabibili Coffee, Bandung menyampaikan bahwa ada tiga jenis kopi yaitu Arabica, Robusta sama Liberica. “Tapi untuk yang Liberica masih jarang di Indonesia dan paling umum dikenal hanya Arabica dan Robusta,” kata Jasin.

Dan untuk cara penyimpanannya, menurut Jasin semua jenis kopi hampir sama. “Simpanlah biji kopi di tempat/wadah yang kedap udara, dan jauhkan biji kopi dari bau yang menyengat. Untuk yang bubuk pun sama.”

Jasin menambahkan bahwa, “Hampir semua jenis kopi baik untuk disimpan, Arabica,Robusta maupun Liberica. Asalkan kopi itu masih dalam keadaan greenbean bukan roastbean.

Seturut dengannya,Viki Rahardja, Brand Ambassador Nuova Simonelli Espresso Indonesia di PT Toffin Indonesia ini menyetujui bahwa kopi sebaiknya disimpan di dalam wadah yang suhunya tidak lembap, tidak langsung terkena matahari.

“Baik disimpan di dalam bag/kemasan kopi yang ada katup. Jadi udara tidak dapat masuk ke dalam, tapi udara dari dalam bisa keluar agar kopi tidak lembap. Bisa juga di dalam stoples,” katanya.

Di Manakah Tempat Paling Tepat Menyimpan Kopi?

cara menyimpan kopi
Foto: www.unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, wadah yang tepat menyimpan kopi seperti, “stoples kaca, alumunium foil bag, tupperware, atau apa saja yang penting bisa ditutup rapat,” jelas Jasin melalui pesan singkat.

Penyimpanan dengan bag/stoples kedap udara dimaksudkan agar udara luar tidak contact dengan kopi sehingga, “aroma dari kopi masih tetap terjaga,” ungkap Viki menambahkan. “Karena kopi mengalami oksidasi setelah disangrai, sehingga dibutuhkan tempat yang mampu membuat udara dari dalam tempat penyimpanan bisa keluar.”

Apakah Tepat Menaruh Kopi di Kulkas?

cara menyimpan kopi
Foto: www.pixabay.com

Ini adalah sesuatu yang sering dilakukan banyak orang (apakah kamu termasuk di dalamnya?). Uniknya, kedua barista ini berpendapat bahwa menyimpan kopi di dalam kulkas itu tidak baik. Mengapa?

“Untuk penyimpanan di kulkas saya tidak menganjurkan, meskipun sejuk tapi akan merusak kualitas kopi itu sendiri,” Jasin menyampaikan alasannya. “Simpan saja di tempat yang sejuk ‘asal jangan kulkas’ dan kedap udara.”

Senada dengan itu, Viki yang juga pemilik Coveelo Coffee & Eatery, menyarankan agar sebaiknya kopi jangan disimpan di kulkas karena akan mengalami perubahan rasa. “Jangan disimpan di kulkas karena aroma dan rasa kopi akan berubah dalam kondisi udara dingin,” paparnya. “Ada beberapa stoples/bag khusus kopi yang memang sudah standar digunakan, seperti yang saya jelaskan di atas.”

Apa yang Terjadi Jika Kopi Disimpan Terlalu Lama?

cara menyimpan kopi
Foto: www.unsplash.com

Di antara kita mungkin ada yang hobi menyimpan kopi, misal karena ‘sayang kalau cepat habis, soalnya mahal’. Apakah kopi bisa mengalami perubahan rasa jika terlalu lama disimpan?

Menurut  Jasin, waktu yang baik untuk menyimpan kopi maksimal dalam dua bulan. “Dan itu kopi yang sudah di roasting. Jika kopi masih dalam keadaan greenbean, tidak ada batasan waktu untuk menyimpannya.”

Bagaimana dengan yang sudah digiling? “Bisa langsung dipakai atau bisa juga disimpan dulu,” papar Jasin. “Tapi, kopi yang sudah digiling sebaiknya langsung dipakai atau  diseduh. Karena, jika disimpan terlalu lama akan mempengaruhi rasa kopi tersebut dan kopi gampang apek.”

Viki menyetujuinya. “Setelah digiling, partikel kopi akan semakin kecil sehingga aroma dan fragrance akan lebih cepat menguap. Nantinya akan berpengaruh dari rasa kopi setelah diseduh.” Jadi, “menyimpannya bisa setelah digiling, tapi saya anjurkan maksimal dua jam, ya. Memang disarankan untuk langsung menyeduh kopi ketika sudah digiling,” sambung Viki. “Karena semakin lama contact udara dan partikel kopi yang sudah kecil, akan lebih cepat hilang aroma dan karakter rasanya.”

Tak lupa Viki memberi tips cara menyimpan kopi: “Sebaiknya simpan kopi dalam bentuk beans dan di tempat atau wadah yang kedap udara. Kalau boleh jangan terlalu sering dibuka.”

Bagaimana dengan kopi yang sudah diseduh dan disimpan lagi? Tidak ada larangan, “tapi ya, aroma dan rasa akan berubah dan berbeda dari ketika setelah pertama kali diseduh.”

Jasin mengatakan bahwa, “Paling satu hari juga sudah tidak enak sih, menurut saya. Karena sudah tercampur dengan bahan-bahan yang lain. Sebaiknya langsung dihabisin saja jika kopi sudah terseduh.”

Setelah tahu mengetahui cara menyimpan kopi di rumah, pastikan kamu tahu cara memasak mi instan agar lebih sehat.

error: Konten dilindungi !!