10 Rekomendasi Essence Terbaik Untuk Semua Jenis Kulit

rekomendasi essence

Essence merupakan perawatan wajah esensial yang tidak boleh terlewat untuk digunakan. Sebab produk ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit, baik itu pada kulit berminyak, kering, berjerawat, hingga kombinasi. Berikut 10 rekomendasi essence yang bisa kamu coba.

Fungsi Essence

rekomendasi essence
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, rangkaian skincare yang satu ini memiliki berbagai fungsi, yakni menjadi bahan pelembap untuk wajah yang larut dalam air.

Selain itu, produk perawatan wajah ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mencegah kulit menjadi kering.

Berkat teksturnya yang cair, essence juga bisa meresap dengan mudah ke dalam kulit. Sehingga dapat bermanfaat untuk meratakan tekstur kulit yang tidak rata.

Meski konsentrasinya tidak sebanyak serum, namun berkat kandungan vitamin, mineral, antioksidan, asam amino, serta asam organik di dalamnya, essence juga bisa melawan tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, produk ini tidak boleh terlewat untuk digunakan. Supaya nantinya wajah mendapatkan perawatan yang optimal dan semakin sehat serta flawless.

Cara Memilih Essence

Foto: www.freepik.com

Ketika memilih essence, pastikan produk tersebut mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulit.

Periksa kandungan pelembap

Karena fungsinya untuk melembapkan wajah, maka kamu perlu memeriksa kandungan pelembap yang ada di dalam produk.

Terdapat beberapa bahan yang dapat melembapkan kulit seperti glycerin, butylene glycol, natural moisturizing factor, dan hyaluronic acid.

Selain kandungannya, kamu juga perlu memahami tekstur dari bahan tersebut. Seperti hyaluronic acid yang teksturnya ringan atau gliserin yang cenderung lembap.

Pastikan produk yang kamu pilih tanpa mengandung pewangi, pewarna, dan alkohol.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Essence akan bekerja dengan optimal ketika formula yang ada di dalamnya sesuai dengan kondisi kulit. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu memilih produk yang tepat.

Untuk kulit kering, pilihlah produk yang dapat menghidrasi sekaligus memberikan kelembapan yang maksimal. Seperti bahan hyaluronic acid dan glycerin.

Sementara untuk kulit berminyak sangat disarankan untuk memilih essence yang bertekstur cair supaya lebih mudah menyerap ke dalam kulit.  

Pada kulit kusam, kamu bisa memilih produk yang dapat mencerahkan kulit, seperti galactomyces, saurus chinensis, serta yang mengandung vitamin C. Sedangkan kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung ceramide.

Sesuaikan dengan tujuan

Setelah memastikan jenis kulit yang dimiliki, kamu juga perlu memilih produk yang sesuai dengan tujuan perawatan.

Seperti penggunaan essence untuk mencerahkan sekaligus memperlambat penuaan dini, maka bisa menggunakan produk yang mengandung niacinamide.

Hindari produk yang dapat mengiritasi

Ketika tidak menggunakan produk yang tepat, dikhawatirkan hal tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi. Oleh karena itu terdapat beberapa jenis kandungan yang harus dihindari.

Baca Juga :  14 Rekomendasi Film Animasi Terbaru Yang Tayang di Tahun 2022

Zat aditif yang perlu dihindari adalah merkuri dan hidrokuinon. Selain itu, etanol juga menjadi bahan yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Pilih produk yang mudah digunakan

Disarankan untuk memilih produk yang mudah untuk diaplikasikan, mengingat bahwa essence akan digunakan setiap hari pada pagi dan malam hari. Pilihlah tekstur yang menyegarkan, lembap, dan kental.

Selain itu, perhatikan juga kemasan, tanggal kedaluwarsa, dan pastikan memiliki izin BPOM.

Rekomendasi Produk Essence

Dior Diorsnow Essence of Light

Serum yang satu ini mengandung 88% bahan alami yang terdiri dari edelweiss dan esktrak ragi yang dapat mencerahkan kulit dengan maksimal.

Tak hanya itu, produk ini juga dapat menghaluskan dan menenangkan kulit.

Dior Diorsnow Essence of Light cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit, mulai dari kering hingga kombinasi.

Laneige Water Bank Hydro Essence

Rekomendasi essence yang satu ini dapat menciptakan kulit yang bersih dan lembap. Manfaat ini berasal dari kandungan green mineral water yang ada di dalamnya.

Produk ini akan sangat cocok untuk digunakan pada kulit berminyak dan kombinasi.

Estée Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Produk ini dapat menghidrasi sekaligus menstabilkan kulit supaya lebih berkilau.

Tak hanya itu, Estée Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion juga dapat menyerap dengan cepat ke dalam permukaan kulit dan bisa menutrisinya dengan baik.

Menariknya, produk ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, baik itu kombinasi, kering, normal, hingga berminyak.

Fresh Kombucha Facial Treatment Essence

Diformulasikan dengan kombucha atau teh hitam fermentasi yang kaya akan antioksidan, menjadikan produk ini dapat memberikan manfaat yang beragam pada kulit.

Mulai dari memberikan perlindungan dari polusi, membuatnya menjadi lebih halus dan kenyal, serta meminimalkan tampilan pori-pori serta garis halus.

Pastinya, rekomendasi essence ini juga dapat melembapkan dengan maksimal. Nilai plusnya, produk ini akan cocok dipakai pada kulit kombinasi, kering, normal, dan berminyak.

Nuxe Aquabella Beauty-Revealing Essence-Lotion

Essence lotion yang satu ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kulit, mulai dari melembapkan, memperbaiki tekstur kulit, hingga membuatnya terasa lebih kencang.

Nantinya kulit pun akan terasa lebih halus dan pori-pori akan mengecil.

Oleskanlah produk ini pada pagi dan siang hari dengan menggunakan kapas, kemudian tepuk perlahan dengan menggunakan jari.

Huxley Essence Grab Water

Cosrx Advanced Snail Mucin 98 Power Essence

Produk ini diformulasikan dengan 96% snail secretion filtrate yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Selain itu, juga dapat memperbaiki tesktur kulit menjadi lebih kenyal dan sehat.

Meski teksturnya kental, namun rekomendasi essence ini dapat cepat menyerap dan terasa ringan saat diaplikasikan.

SK-II Facial Treatment Essence

Rekomendasi essence yang satu ini mengandung formula Pitera 90% yang dapat meregenerasi kulit.

Sebab di dalamnya terdapat vitamin, asam amino, mineral, dan asam organik yang mampu menghasilkan kulit menjadi lebih sehat.

Untungnya, produk ini tidak mengandung sulfat dan pewangi buatan, sehingga akan aman untuk dipakai sehari-hari.

Osho Phyto Natural Enrich Whitening Essence

Mengandung ekstrak daun lidah buaya, bunga lavender, dan bunga lioncera japonica, membuat produk ini dapat melembapkan sekaligus memudarkan noda hitam pada wajah.

Bahan niacinamide yang ada di dalamnya juga dapat membantu mencerahkan dan menutrisi kulit dengan baik. Berkat manfaatnya yang beragam, maka jangan lupa untuk menggunakannya setiap hari.

Blithe Vital Treatment 5 Energy Roots

Blithe Vital Treatment 5 Energy Roots akan sangat cocok untuk digunakan pada kulit kering.

Soalnya essence ini mengandung ekstrak ginseng, bunga balon, akar teratai, burdock yang kaya akan saponin, sehingga mampu memberikan kelembapan yang maksimal pada kulit kering.

Selain itu, ekstrak herbalnya juga dapat memberikan vitalitas pada kulit.