9 Inspirasi Motif Cat Dinding Agar Hunian Terasa Lebih Hidup

motif cat dinding
Foto: www.canva.com

Tidak selalu polos, terdapat banyak motif cat dinding yang bisa kamu coba terapkan ke dalam ruangan.

Ini bisa menjadi ide yang menarik agar membuat hunian terlihat lebih menyenangkan dan stylish, sehingga anggota keluarga pun tidak merasa bosan dan senang menghabiskan waktu di rumah.

Motif cat dinding juga bisa dikreasikan sesuai dengan selera penghuni rumah. Biarkan seluruh anggota keluarga mengutarakan pendapatnya.

Namun jika kesulitan memilih dan memutuskan desainnya, maka terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan sembilan inspirasi yang bisa ditiru.

Bentuk Kotak untuk Gaya Kontemporer

motif cat dinding
Foto: www.pinterest.com/insid by Mayne Did It

Jika hunianmu didesain dengan gaya interior yang modern, maka pilihlah motif cat dinding kotak dengan berbagai warna.

Mulai dari hitam, abu-abu, broken white, hingga coral, buatlah bentuk persegi panjang dan segi empat pada tengah-tengah dinding yang kosong. Cukup terapkan hanya pada satu sisi agar nantinya tidak terkesan berlebihan.

Tidak selalu untuk hunian dengan gaya kontemporer, kamu juga bisa menerapkannya pada model rumah minimalis. Jangan lupa untuk memadukannya dengan beberapa hiasan dinding seperti jam atau lukisan favorit.

Ilustrasi Pintu sebagai Motif

Foto: www.pinterest.com/Beatrix Szabó

Salah satu cara terbaik untuk membuat membuat hunian terlihat lebih menarik adalah dengan menambahkan ilustrasi yang menyerupai pintu atau jendela.

Untuk membuatnya lebih sempurna, maka tambahkan rak gantung dan letakkan beberapa tanaman hias di atasnya. Sehingga nantinya ruangan akan terkesan lebih natural.

Karena motifnya sederhana, maka kamu bisa langsung mengaplikasikannya sendiri. Namun jika khawatir akan terlihat berantakan, jangan sungkan untuk menghubungi ahlinya, demi mendapatkan ruangan yang baru dan rapi.

Motif Geometri Putih Hitam

Foto: www.pinterest.com/Etsy

Dinding dengan motif geometris dua warna ini menjadi gaya yang paling sederhana namun akan memberikan dampak yang luar biasa pada ruangan. Biarkan dinding didominasi dengan warna putih dan tambahkan garis-garis hitam.

Perpaduan kedua warna ini akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih terlihat mewah. Sehingga ini menjadi ide yang menarik untukmu yang ingin memiliki hunian dengan gaya yang megah.

Motif Abstrak yang Ceria

motif cat dinding
Foto: www.pinterest.com/domino magazine

Ketika kamu memutuskan untuk mengkreasikan sendiri cat dinding agar terlihat lebih menarik, cobalah untuk melirik motif abstrak.

Gaya abstrak ala cat air ini bisa kamu terapkan pada seluruh dinding di satu ruangan. Pilihlah banyak warna yang sesuai dengan seleramu, dan mulai coba aplikasikan dengan hati-hati.

Karena nantinya area dinding sudah terlihat ramai, maka tempatkan beberapa furnitur dengan warna yang netral. Ini sebagai salah satu cara untuk menyeimbangkannya, sehingga ruangan akan terlihat semakin cantik.

Baca Juga :  Ingin Suasana Baru Di Rumah? Ini 10 Warna Cat Yang Bagus Untuk Dicoba

Kombinasikan Berbagai Warna

Foto: www.pinterest.com/Sense of Home

Untuk membuat hunian terlihat lebih ceria, kamu bisa mengombinasikan beberapa warna sebagai motif cat dinding.

Untukmu yang senang dengan bereksperimen, maka ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk mengkreasikannya. Pilihlah warna-warna kesukaan seluruh anggota keluarga, dan nantinya ruangan pun akan tampak semakin estetik.

Jika tidak ingin terlihat berlebihan, kamu hanya perlu mengaplikasikannya di area sudut ruangan. Sedangkan bagian lainnya bisa dicat dengan satu warna yang lembut, krem misalnya.

Motif Bercak pada Satu Dinding

motif cat dinding
Foto: www.pinterest.com/Kenna Sato Designs

Dinding dengan penuh bercak ini menjadi solusi terbaik untukmu yang tidak ingin menggunakan motif polkadot.

Supaya tidak terlihat membosankan, cukup aplikasikan gaya ini pada dinding bagian tengah. Padukan dengan furnitur berwarna cerah, seperti menambahkan sofa berwarna oranye.

Ruangan pun akan terlihat lebih menyenangkan dan tidak kaku. Namun pastikan kamu telah memilih ukuran bercak yang sesuai dengan selera. Hal ini bertujuan supaya terlihat lebih cantik.

Pilih Gaya Heksagon yang Rapi

Foto: www.pinterest.com/Etsy

Gaya heksagon atau segi enam menjadi salah satu motif yang mungkin paling sering ditemui pada banyak hunian. Sebab model dinding yang satu ini akan membuat rumah terlihat lebih rapid an teratur.

Menariknya, kamu bisa menggunakan motif ini pada hunian bergaya apa pun, mulai dari minimalis hingga modern.

Agar terlihat lebih menarik cobalah untuk tidak mengaplikasikannya pada seluruh bagian dinding. Terapkan pada bagian area tengah dan padukan dengan berbagai furnitur bernuansa natural, seperti kayu.

Teknik Ombre yang Cantik

motif cat dinding
Foto: www.pinterest.com/Audrey Fox

Selain pada rambut, teknik ombre juga bisa diaplikasikan pada dinding ruangan. Kamu bisa memilih untuk menerapkannya pada kamar tidur agar terlihat lebih estetik.

Pilihannya tinggal menggunakan warna gelap atau pastel yang dapat membuat ruangan tampak lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan memilih furnitur yang sesuai dengan warna cat dinding.

Jika teknik ombre ini diaplikasikan dengan warna pastel, maka pilihlah perabotan berwarna cerah seperti hijau mint, putih, dan kuning pastel.

Motif Gingham Check untuk Area Dapur

Foto: www.pinterest.com/Maria W.

Biasanya motif gingham akan menyajikan paduan antara kotak-kotak putih dengan warna lain, mulai dari merah, biru, hitam, dan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan warnanya dengan model hunian.

Jika rumah dibuat dengan gaya minimalis, maka pilihlah warna yang lembut. Sedangkan untuk gaya modern, sebaiknya menggunakan warna yang gelap.

Mengaplikasikan gaya yang satu ini pada dinding area dapur ternyata menjadi salah satu cara terbaik untuk membuatmu semangat saat menyiapkan hidangan. Sebab, model dinding ini akan mengingatkanmu pada kegiatan piknik.