5 Vitamin Dan 3 Nutrisi Tambahan Paling Penting Agar Rambut Sehat

vitamin rambut yang bagus
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut yang sehat menjadi salah satu hal yang diidam-idamkan oleh banyak pria maupun wanita. Untungnya terdapat vitamin rambut yang bagus, yang dapat membuatnya menjadi lebih bernutrisi dan bisa tumbuh dengan sehat.

Meski terdapat faktor yang memengaruhi pertumbuhan rambut, seperti usia, genetik, dan hormon, namun asupan nutrisi merupakan kunci utamanya. Berikut jenis vitamin rambut yang bagus dan nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Rambut

Foto: www.canva.com

Berikut daftar vitamin rambut yang bagus dan tiga nutrisi lainnya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut:

Vitamin A

Sesungguhnya, semua sel membutuhkan asupan vitamin A untuk pertumbuhan. Termasuk rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat di dalam tubuh manusia.

Vitamin yang satu ini dapat membantu kelenjar kulit untuk membuat zat berminyak yang disebut dengan sebum. Di mana zat ini dapat melembapkan kulit kepala dan membantu rambut agar tetap sehat.

Ketika tubuh kekurangan vitamin A, biasanya hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Namun efek ini akan sama ketika kamu mengonsumsi vitamin A secara berlebihan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsinya dengan kadar yang cukup. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan memakan sumber vitamin A yang berasal dari makanan, di antaranya adalah wortel, labu, bayam, yogurt, susu, dan minyak ikan.

Vitamin B

Salah satu nutrisi yang dikenal dalam pertumbuhan rambut adalah vitamin B7 atau biotin. Menurut sebuah studi, kekurangan kadar vitamin B yang satu ini dapat dikaitkan dengan terjadinya kerontokan rambut.

Selain biotin, terdapat jenis vitamin B lainnya yang dapat membantu membuat sel darah merah, yang kemudian bertugas untuk membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan rambut. Proses ini berperan penting dalam pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin B, maka kamu bisa memperolehnya dari makanan. Di antaranya adalah:

  • Biji-bijian
  • Kacang almond
  • Daging
  • Ikan
  • Makanan laut
  • Sayuran hijau

Vitamin C

Radikal bebas yang terdapat pada tubuh dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut menjadi lebih kusam.

Untungnya, vitamin C mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tidak berhenti sampai di situ, nutrisi yang satu ini juga berperan penting dalam membuat protein yang dikenal sebagai kolagen. Di mana merupakan bagian yang dapat memengaruhi stuktur rambut.

Kelebihan dari vitamin C juga bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Di mana mineral ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, maka cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Seperti stroberi, paprika, jeruk, dan jambu biji misalnya.

Vitamin D

Meski terkenal sebagai vitamin yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Namun ternyata nutrisi yang satu ini juga berperan penting dalam produksi rambut.

Baca Juga :  4 Jenis Vitamin Terpenting Untuk Kulit Yang Sehat

Defisiensi vitamin D sering kali dikaitkan dengan alopecia. Kondisi di mana tubuh mengalami rambut yang rontok.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D yang berasal dari makanan untuk menghindari kekurangan nutrisi yang satu ini.

Kamu bisa mengonsumsi jamur, ikan, dan minyak hati ikan kod, serta memastikan tubuh mendapatkan paparan sinar matahari yang sehat.

Vitamin E

Hampir serupa dengan peranan vitamin C, ternyata vitamin E juga merupakan antioksidan terbaik yang dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki masalah kerontokan rambut dan mengonsumsi vitamin E selama delapan bulan, ternyata mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34.5%.

Terdapat beberapa sumber vitamin E yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan rambut, di antaranya adalah biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat.

Zat besi

Zat besi menjadi salah satu mineral penting yang dapat membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan rambut.

Tubuh yang mengalami kekurangan zat besi dapat mengalami anemia. Di mana penyakit yang satu ini bisa menjadi penyebab utama terjadinya kerontokan rambut.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi demi menghindari terjadinya anemia. Kamu bisa memakan kerang, tiram, telur, daging merah, dan bayam.

Zinc

Selain zat besi, zinc juga menjadi mineral yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Nutrisi ini mampu menjaga kelenjar minyak yang ada di sekitar folikel rambut agar bisa bekerja dengan baik.

Perlu diketahui, bahwa rambut rontok merupakan salah satu tanda tubuh yang mengalami kekurangan zinc. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di mana suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan seng yang sering ditandai dengan gejala rambut rontok.

Namun suplemen dengan dosis tinggi juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi zinc dari sumber makanan alami seperti tiram, daging sapi, bayam, biji labu, atau bibit gandum.

Protein

Sesungguhnya, protein menjadi nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, sangat disarankan agar mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup.

Menurut sebuah penelitian, kekurangan protein dalam menurunkan pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi sumber protein alami yang berasal dari makanan, seperti ayam, telur, dan susu.

Efektivitas Vitamin dan Suplemen untuk Rambut

vitamin rambut yang bagus
Foto: www.freepik.com

Beberapa nutrisi telah dikaitkan dengan perannya yang dapat menjaga kesehatan rambut. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang menemukan bahwa 38% wanita yang mengalami rambut rontok diakibatkan karena kekurangan asupan biotin.

Selain itu, sebuah studi di tahun 2013 juga menunjukkan bahwa wanita dengan rambut yang rontok ternyata memiliki kadar zat besi yang jauh lebih rendah.

Baca Juga :  Apakah Makanan dari Kedelai Berbahaya untuk Perempuan?

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar mengonsumsi beberapa nutrisi yang memang telah terbukti bisa menjaga kesehatan rambut.

Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa suplemen justru dapat memperburuk kerontokan rambut yang dialami. Karenanya, sangat disarankan agar berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini.

Sehingga nantinya kamu bisa mulai meenerapkan pola makan, suplemen yang dipilih, dan beberapa cara lain untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Makanan merupakan sumber vitamin terbaik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Karenanya, sangat disarankan untuk memenuhi nutrisi tersebut yang berasal dari sumber alami.

Mulai dari vitamin A, B, C, D, dan E, serta beberapa mineral seperti zat besi, zinc, dan protein, nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk dijaga asupannya. Sebab memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Namun jika kamu sulit untuk mencukupi nutrisi dengan makanan, rasanya tidak masalah jika dibantu dengan suplemen. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan asupan yang tepat.