8 Trik Untuk Dekorasi Kamar Yang Sederhana Namun Tetap Menarik

trik dekorasi kamar sederhana
Foto: www.freepik.com

Untukmu yang memiliki kamar sederhana, jangan bersedih. Karena pada dasarnya ada beberapa trik yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat dekorasi kamar sederhana terlihat lebih menarik.

Meski kamar sederhana identik dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu luas, namun hal ini bukanlah menjadi alasan untuk tidak menatanya dengan baik.

Sebab salah satu kunci untuk membuat dekorasi kamar sederhana tetap terasa nyaman adalah dengan memperhatikan tata letak barang.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat dekorasi kamar sederhana tampak semakin menawan.

Tata Tempat Tidur di Sudut Ruangan

Tata Tempat Tidur di Sudut Ruangan
Foto: www.pinterest.com/May Alice

Trik pertama yang bisa kamu coba untuk membuat ruangan terlihat lebih lega adalah dengan meletakkan tempat tidur pada sudut ruangan.

Cara ini benar-benar bisa menjadi solusi yang tepat, karena tidak akan menyisakan area kosong di kedua sisi tempat tidur.

Setelahnya, kamu bisa mulai menata furnitur lain dengan menyesuaikannya dengan sisa ruangan. Mulai dari penataan lemari, meja, dan berbagai perabotan lainnya, pastikan untuk menatanya dengan rapi agar nantinya tetap terasa nyaman.

Agar area dinding tidak terkesan polos, bisa juga dengan menambahkan satu foto keluarga berukuran besar sebagai dekorasi di atas dinding tempat tidur.

Tambahkan Aksen Kayu

trik dekorasi kamar sederhana
Foto: www.pinterest.com/Urban Outfitters

Jika kamu ingin memberikan kesan mewah pada ukuran kamar yang terbatas, maka penggunaan aksen kayu merupakan pilihan yang tepat.

Selain mengaplikasikan lantai vinyl, kamu juga bisa menambahkannya sebagai pengganti headboard tempat tidur.

Dengan memasangkan panel kayu di area tempat tidur, hal ini dapat membuat keseluruhan ruangan terkesan sangat berbeda. Supaya lebih menarik, tambahkan juga lampu di sepanjang panel kayu tersebut.

Perhatikan Pemilihan Warna

trik dekorasi kamar sederhana
Foto: www.pinterest.com/Cultura Colectiva

Tak jarang, beberapa orang secara asal memilih warna cat untuk kamar tidur. Padahal nyatanya, pemilihan warna tidak boleh disepelekan, sebab ini dapat memengaruhi keseluruhan tampilan ruangan.

Jika bingung menentukan warna cat yang tepat, maka kamu bisa menggantinya dengan menempelkan wallpaper dinding.

Mengingat bahwa ada banyak motif dan warna yang bisa dipilih, cobalah untuk menyesuaikannya dengan selera atau dengan tema kamar tidur.

Penggunaan wallpaper dinding ini akan membuat dekorasi kamar sederhana menjadi lebih menarik dan pastinya terasa nyaman.

Gunakan Perabotan Multifungsi

Gunakan Perabotan Multifungsi
Foto: www.pinterest.com/design.fitwer.com

Salah satu trik dekorasi kamar sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah meletakkan perabotan yang multifungsi.

Misalnya dengan menggunakan tempat tidur yang bagian kolongnya bisa dijadikan sebagai laci atau tempat penyimpanan.

Beruntungnya, model tempat tidur ini sudah bayak beredar di pasaran. Sehingga kamu bisa membeli yang langsung jadi, atau bisa juga dengan membuatnya sendiri.

Pastinya penggunaan furnitur yang satu ini dapat membuat ruangan terkesan lebih lega dan lebih rapi.

Hindari Menambahkan Banyak Dekorasi

Hindari Menambahkan Banyak Dekorasi
Foto: www.pinterest.com/elliahome.com

Ketika memiliki kamar yang sederhana, maka hal yang perlu kamu ingat adalah menghindari dekorasi yang berlebihan.

Dengan membiarkan kamar dengan hiasan yang sedikit, hal ini bisa membuatnya terkesan lebih luas dan elegan.

Jika takut terlihat kosong, maka kamu bisa menempatkan beberapa hiasan saja, dan pastikan barang tersebut sangat fungsional.

Seperti menambahkan cermin pada dinding, karpet, atau dua hingga tiga lukisan berukuran kecil.

Sebab ketika meletakkan banyak dekorasi, hal ini bisa membuat ruangan terasa sangat sumpek. Jika peletakkannya tidak diperhatikan dengan baik, tak jarang hal ini juga bisa menjadikannya sangat berantakan.

Gunakan Cermin Berukuran Besar

trik dekorasi kamar sederhana
Foto: www.pinterest.com/Urban Outfitters

Sudah menjadi rahasia umum jika cermin bisa memberikan ilusi yang dapat membuat ruangan terkesan lebih lega. Jika kamu ingin mencobanya, maka letakkan cermin berukuran besar di dalam kamar.

Tidak harus menempelkannya pada seluruh sisi dinding, kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan cermin rias dengan ukuran yang cukup besar.

Nantinya, ruangan pun akan tampak luas dan kamu bisa beristirahat dengan rileks karena kamar tidak terasa sempit.

Tambahkan Tanaman Hias

trik dekorasi kamar sederhana
Foto: www.pinterest.com/Pure Salt Interiors

Tanaman hias juga bisa menjadi pelengkap untuk dekorasi kamar sederhana. Selain mempercantik ruangan, tanaman indoor juga dapat membuat udara di kamar menjadi lebih segar dan bersih.

Tak perlu bingung untuk meletakkannya, karena kamu bisa memilih tanaman hijau yang berukuran kecil. Baik itu ditempatkan di atas nakas samping tempat tidur atau dekat meja belajar.

Pastikan juga untuk memilih tanaman yang mudah untuk dirawat, seperti sukulen. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu repot untuk mengurusnya.

Letakkan Hiasan Dinding yang Menarik Perhatian

Letakkan Hiasan Dinding yang Menarik Perhatian
Foto: www.pinterest.com/Lauren Loves

Jika kamarmu mengusung nuansa minimalis dengan penggunaan warna putih pada dinding, maka cobalah untuk menambahkan hiasan dinding yang mencolok mata. Hal ini bertujuan agar ruangan tidak terkesan tidak monoton.

Salah satunya dengan menempatkan lukisan atau bingkai foto yang berukuran sedang. Jika memang ingin meletakkan lukisan, pilihlah yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Gantungkanlah hiasan dinding ini pada bagian dinding di atas tempat tidur. Supaya setiap mata bisa memusatkan perhatiannya ke arah tersebut.