7 Perawatan Mudah Untuk Mengatasi Rambut Rontok

perawatan rambut rontok
Foto: www.freepik.com

Ketika sedang menyisir dan mendapati helaian rambut terjatuh di lantai, tentunya menjadi hal yang menyebalkan. Meski kerontokan rambut merupakan hal yang wajar, namun hal tersebut tidak bisa diabaikan. Untuk itu kamu perlu melakukan perawatan rambut rontok agar mencegah hilangnya semakin banyak helaian rambut.

Mulai dari teknik menyisir hingga menggunakan produk perawatan, tentunya hal-hal tersebut bisa kamu mulai terapkan demi mengatasi rambut rontok. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan perawatan rambut rontok dan produk rekomendasinya.

Penyebab Rambut Rontok

perawatan rambut rontok
Foto: www.freepik.com

Kerontokan rambut merupakan fase akhir di mana helai-helai rambut akan mulai terlepas dari kulit kepala. Sebenarnya ini merupakan kondisi yang wajar, akan tetapi jika rambut rontok yang terjadi semakin parah, pastinya hal ini membuatmu menjadi khawatir.

Rambut yang rontok ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mungkin kamu tidak menyadarinya, akan tetapi perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, dan menopause dapat menjadi salah satu penyebab rambut menjadi rontok.

Tidak hanya itu, rontoknya rambut juga dapat disebabkan karena faktor usia, gangguan sistem imun, dan gangguan kesehatan. Pengaruh psikologis seperti stres dan depresi juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Namun kerontokan karena kondisi ini tidak akan membuatmu kehilangan banyak rambut hingga menjadi botak, dan dapat berkurang dengan sendirinya.

Perawatan rambut yang kurang tepat juga bisa menyebabkan kerontokan. Untuk itu, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambutmu.

Perawatan Rambut Rontok

Foto: www.freepik.com

Meski sering dianggap sebagai hal yang wajar, namun jika kehilangan helaian rambut dengan jumlah yang banyak maka hal tersebut harus segera diatasi. Berikut perawatan rambut rontok yang bisa kamu lakukan:

Hindari menyisir rambut saat basah

Ketika rambut berada dalam kondisi yang basah setelah keramas, maka sebaiknya jangan langsung menyisirnya. Mengapa? Karena rambut yang masih basah akan rentan rapuh dan ketika disisir maka hanya akan melemahkan folikel rambut dengan mudah.

Memijat kulit kepala secara teratur

Salah satu perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan adalah memijat kulit kepala secara teratur. Jangan lupa tambahkan beberapa jenis minyak yang dapat membantu mengatasi kerontokan. Seperti tree tea oil dan macadamia oil.

Meski terkadang tree tea oil dikenal sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi jerawat, namun minyak ini dapat membasmi jamur dan bakteri penyebab kerontokan rambut. sementara minyak macademia dapat meningkatkan kekuatan rambut mulai dari akar hingga batangnya. Sehingga membuatnya menjadi lebih kuat dan elastis.

Menghindari stres

Ketika kamu mengalami stres, secara tidak sadar hal tersebut dapat memengaruhi kerontokan rambut. Maka sebaiknya kamu perlu menghindari stres untuk mencegah hilangnya helaian rambut yang semakin parah. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan melakukan kegiatan yang positif, seperti melakukan hobi yang kamu sukai atau berolahraga.

Memastikan tidur yang cukup

Sebenarnya, tidur dengan waktu yang cukup dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Memiliki durasi tidur sekitar 7 hingga 8 jam ternyata dapat membantu mengurangi stres yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut.

Konsumsi makanan bergizi

Salah satu cara melakukan perawatan rambut rontok adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat membantu memperkuat akar rambut. Makanan yang mengandung omega-3 dan protein bisa menjadi salah satu solusinya. Karena kandungan tersebut bisa membuat rambutmi terlihat berkilau dan tebal.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menambahkan asupan vitamin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut, seperti vitamin C, A, biotin, dan zat besi. Hal tersebut dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

Biarkan rambut mengering dengan alami

Setelah mencuci rambut, pastikan kamu tidak menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Karena alat tersebut dapat menghantarkan panas sehingga rambut menjadi kering dan rentan rontok. Untuk itu kamu bisa membungkus rambut dengan kain atau handuk.

Gunakan produk khusus rambut rontok

Perawatan rambut rontok yang terpenting adalah dengan menggunakan produk khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa menggunakan sampo dengan bahan-bahan alami untuk pertumbuhan rambut, serta pastikan produk tersebut bebas dari paraben, silikon, dan sulfat.

Rekomendasi Produk

Berikut beberapa produk rekomendasi untuk perawatan rambut rontok.

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo

Sampo yang satu ini khusus ditujukan untuk rambut rontok dan berketombe dengan tipe kulit kepala yang berminyak. Dengan mengandung busa yang lembut, tentunya produk ini diformulasikan untuk membantu menyuburkan rambut sehingga dapat mengatasi dan mengobati kerontokan yang parah.

Untuk pemilik rambut berminyak, maka kamu bisa menggunakan sampo ini ketika rambut dalam keadaan kering dan belum dibasahi dengan air. Usap sampo pada bagian akar dan pijat secara ringan. Gunakan produk 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal. Namun jika rambutmu cenderung kering, maka basahi rambut terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan sampo ini.

Eternaleaf Moisturizing Shampoo

Mengandung ekstrak buah merah Papua yang mengandung antioksidan tertinggi, membuat produk ini dapat bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, Eternaleaf Moisturizing Shampoo juga mendorong pertumbuhan rambut agar menjadi sehat dan tebal.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu mengusapkan sampo pada rambut yang telah dibasahi, kemudian membilasnya dengan air. Keunggulan dari produk ini juga bebas akan paraben sehingga aman untuk digunakan.

Kérastase Anti-Hair Loss Bain Prévention

Perawatan rambut rontok yang satu ini dirancang dengan teknologi systeme pro-actif yang dapat mengoptimalkan sirkulasi mikro untuk mengurangi kerontokan rambut. Tak hanya itu, sampo ini juga dapat menambah tekstur pada rambut, sehingga membuatnya menjadi lebih lebat.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan produk ini bersamaan dengan tonic yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut yang parah.

SugarBearHair Vitamins

Berkat kandungannya, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin B-6, asam folat, vitamin B-12, dan kandungan lainnya, menjadikan produk ini dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut secara menyeluruh.

Tidak hanya itu, vitamin ini mudah untuk dikonsumsi karena dirancang untuk kebanyakan orang yang sulit untuk menelan pil. Yang terpenting, SugarBearHair Vitamins tidak mengandung gelatin, susu, dan gluten.

Oscar Blandi Hair Lift Instant Thickening & Strengthening Serum

Serum rambut ini berguna untuk menguatkan dan membuat rambut terasa lebih bervolume dan tebal. Kelebihan dari produk ini adalah memberikan kandungan sodium hyaluronate ke dalam setiap helai sehingga rambut akan terasa lembap sekaligus halus.

Dirancang dengan formula yang ringan, sehingga akan terasa lembut ketika diaplikasikan dan tentunya tidak meninggalkan rasa lengket. Tidak hanya itu, serum ini bisa membuat rambut semakin berkilau hanya dengan memakainya pada bagian ujung rambut secara merata.

Kérastase Elixir Ultime

Sebelum kehilangan helai rambut yang semakin banyak, ada baiknya kamu melakukan perawatan rambut rontok dengan menggunakan Kérastase Elixir Ultime. Kandungan minyak marula, maize, pracaxi, camellia, dan argan yang mengandung antioksidan, membuat produk ini dapat melembutkan dan menguatkan rambut dari akar.