Ingin Rambut Terlihat Bervolume? Cobalah 5 Jenis Hair Extension Ini

hair extension
Foto: www.pexels.com

Memiliki rambut tebal dan bervolume tentunya menjadi idaman bagi setiap wanita, namun sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung untuk memilikinya. Meski begitu, pemilik rambut tipis juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan teknik hair extension. Jika kamu mulai tertarik untuk mencobanya, simak bacaan di bawah ini karena LIMONE  telah merangkum jenis-jenis rambut sambungan dan cara merawatnya.

Apa Itu Hair Extension?

hair extension
Foto: www.freepik.com

Teknik menyambung rambut ini memiliki tujuan untuk memanjangkan dan membantu rambut agar terlihat lebih tebal. Hair extension terdiri dari dua jenis yang nantinya akan disesuaikan berdasarkan tipe rambutmu, yakni rambut asli dan rambut sintetis yang terbuat dari serat plastik.

Penggunaan rambut sintetis banyak dipilih karena mudah untuk dirawat dan lebih praktis, namun tampilan yang dihasilkan tidak terlihat alami. Selain itu, synthetic hair juga sulit untuk dicatok ataupun diwarnai. Maka, jika kamu menginginkan rambut yang dapat dicuci, dikeringkan, dan dicatok, pilihlah jenis rambut asli.

Jenis-Jenis Hair Extension

hair extension
Foto: www.pexels.com

Berikut lima jenis teknik menyambung rambut.

Clip-in hair extension

hair extension
Foto: www.pinterest.com

Dari semua jenis teknik menyambung rambut, clip-in hair extension merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Teknik ini bisa kamu terapkan dengan memasang sebuah jepitan atau clip rambut tambahan pada rambut asli.

Kelebihan dari metode ini adalah mudah dipasang dan dirawat, tidak menggunakan bahan kimia atau alat styling, dan tentunya lebih tahan lama. Namun sayangnya, extension jenis ini mudah lepas dan terlihat berantakan ketika digunakan, untuk itu kamu perlu hati-hati ketika memasangnya.

Tape-in hair extension

Foto: www.pinterest.com

Jenis penyambung rambut yang satu ini dipasang dengan menggunakan media tambahan. Hair stylist akan merekatkan rambut tambahan ke akar rambut dengan selotip atau lem yang dipanaskan lewat sebuah alat. Untuk memasangnya metode ini, biasanya memerlukan waktu antara 40 menit hingga 1 jam.

Kelebihan dari tape-in hair extension adalah tidak menyebabkan rontok, lebih nyaman digunakan, dan tentunya terlihat lebih alami. Tetapi, kamu tidak diperbolehkan untuk mencuci rambut selama 1 sampai 2 hari setelah pemasangan. Hal ini untuk mencegah agar lem selotip tidak terlepas.

Baca Juga :  Rambut Rusak, Kering, dan Kusam? Lakukan 8 Perawatan Ini

Weave hair extension

hair extension
Foto: www.pinterest.com

Umumnya, pemasangan rambut sambungan sering digunakan oleh pemilik rambut tipis yang bertujuan untuk membuat rambut terlihat lebih tebal. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan oleh pemilik rambut tebal.

Kamu bisa memasang ekstensi rambut dengan jenis sew-in atau weave hair extension, dengan mengepang terlebih dahulu  rambut asli lalu menjahit rambut tambahan. Meski memiliki daya rekat yang kuat dan tidak mudah terlepas, namun teknik ini akan membuatmu merasa tidak nyaman karena kepangan rambut yang terlalu kencang.

Fushion hair extension

hair extension
Foto: www.pinterest.com

Metode ini membutuhkan lem dan alat styling untuk menyambungkan rambut buatan dengan rambut asli, mirip seperti tape-in hair extension. Namun yang membedakan adalah durasi pemasangan, karena pre-bonded atau fushion hair biasanya diklaim sebagai ekstensi semipermanen yang bisa bertahan hingga  4 bulan.

Hal ini juga memengaruhi proses penyambungan rambut yang dilakukan secara detail hingga menghabiskan 3 sampai 4 jam. Sayangnya, teknik ini memiliki risiko menyebabkan kerontokan dan iritasi pada kulit kepala akibat bahan kimia pada lem yang digunakan.

Microlink hair extension

hair extension
Foto: www.pinterest.com

Cara memanjangkan rambut yang satu ini dengan merekatkan rambut tambahan pada rambut asli dengan menggunakan manik-manik berbasis silikon. Kelebihan dari teknik ini adalah lebih aman untuk rambut dan kulit kepala karena pemasangannya tidak membutuhkan bahan kimia atau suhu panas.

Selain itu, hasil akhir dari microlink hair extension juga akan terlihat lebih natural. Meski begitu, kamu perlu memasangnya dengan benar agar tidak mudah lepas.

Cara Memilih Hair Extension Sesuai Tipe Rambut

Jika kamu mulai tertarik untuk memanjangkan rambut dengan menggunakan teknik ini, maka perlu menyesuaikannya dengan tipe dan tekstur rambut yang dimiliki. Karena, kedua hal ini akan memengaruhi metode pemasangan, dan ketika salah memilih teknik justru akan memunculkan masalah baru bagi rambut, mulai dari risiko tertarik, luka, hingga menyebabkan kerontokan.

Baca Juga :  Bosan dengan Rambut Panjang? Coba 10 Model Rambut Cepak Ini

Pemilik rambut tebal dan sehat tentunya tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan teknik pemasangan jenis apa pun. Namun untukmu yang berambut tipis dan rontok, hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut. Jika kamu ingin mengurangi risiko munculnya masalah pada rambut, maka pilihlah jenis clip-in hair extension.

Cara Merawat Rambut Sambungan

Foto: www.freepik.com

Teknik menyambung ini memang akan membuat rambutmu terlihat lebih bervolume dan indah. Namun pastinya diperlukan perawatan rutin untuk mencegah munculnya risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Menjaga kesehatan rambut

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut sambung, seperti:

  • Jangan mengikat rambut terlalu keras untuk mencegah rambut sambung menjadi kusut
  • Melepas dan menyimpan hair clip ketika tidak digunakan
  • Menghindari penggunaan rambut rambung bekas karena akan mudah kusut

Selain itu, hair extension yang berasal dari human hair, harus dicuci secara berkala menggunakan sampo agar semakin lembut dan mudah diatur. Selain itu, kamu juga bisa mengeringkannya dengan handuk agar tidak mudah kusut dan kering.

Menyisir dengan teknik yang tepat

Pilihlah sisir bergigi jarang yang bertujuan untuk membuat akar rambut tidak tertarik dan terasa sakit ketika disisir. Selain itu, menyisir dengan teknik dari bawah ke atas juga bisa kamu lakukan untuk menghindari rambut kering dan rontok.

Keramas dengan tepat

Mencuci rambut merupakan salah satu cara untuk merawat rambut sambungan. Namun terdapat beberapa teknik khusus yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Rutin keramas selama 3 kali dalam seminggu dengan produk sampo yang ringan
  • Hindari penggunaan air panas yang dapat merusak lem rambut sambungan
  • Tegakkan kepala saat keramas dan gerakkan jari secara vertikal atau horizontal
  • Jangan mencuci rambut atau kulit kepala dengan terlalu keras
  • Hindari penggunaan hair dryer yang dapat merusak lem
  • Keringkan rambut secara alami

Beri jeda waktu agar rambut beristirahat

Untuk menjaga kesehatan rambut sambungan, ada baiknya untuk mengistirahatkan rambut dari hair extension, terlebih jika mulai terasa rontok. Kamu bisa melepas rambut sambungan dan membiarkan kulit kepala dan rambutmu beristirahat selama 3 bulan. Dalam rentan waktu tersebut, cobalah fokus melakukan perawatan secara menyeluruh.

Baca Juga :  10 Highlights Rambut Terbaik untuk Pemilik Rambut Hitam

Rekomendasi Sampo Agar Rambut Lebih Bervolume

Herbal Essence Body Envy Volumizing Shampoo

Sampo yang satu ini mengandung bahan alami yang tentunya akan membuat rambutmu terlihat lebih tebal dan bervolume. Tidak hanya itu, Herbal Essence Body Envy Volumizing Shampoo juga dapat menghilangkan ketombe dan mencegah rambutmu menjadi lepek. Produk ini juga diformulasikan dengan aroma citrus yang segar dan tahan lama.

Petal Fresh Volumizing Shampoo Rosemary & Mint

Mengandung minyak babassu dan chamomile, menjadikan produk ini dapat bekerja dengan baik untuk membuat rambutmu lebih bervolume, memperkuat akar rambut, sekaligus menyembuhkan masalah kulit kepala. Selain itu, sampo ini juga memiliki aroma yang relaxing yang bisa mengatasi rambut rontok.

Shiseido Tsubaki Volume Touch Shampoo

Kandungan ekstrak bunga yang dipercaya oleh para wanita Jepang ini, membuat Shiseido Tsubaki Volume Touch Shampoo dapat memberikan nutrisi yang maksimal hingga ke akar rambut. Kandungan minyak alaminya juga bisa melembapkan dan membuat rambut menjadi lebih bervolume. Kelebihan lain dari produk ini adalah mampu memberikan efek lebih berkilau sehingga rambutmu akan terkesan lebih indah dan terawat.

Kérastase Volumifique Bain Volume

Produk ini dilengkapi dengan formula amplifex system yang dapat memberikan efek tebal pada rambut, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh pemilik rambut tipis, halus, dan rapuh. Selain itu, sampo ini juga memberikan aroma yang segar meski hanya digunakan sebesar kacang almond.

Kiehl’s Rice and Wheat Volumizing Shampoo

Diformulasikan dengan beras, protein gandum, dan ekstrak biji jojoba serta kulit padi, membuat sampo yang satu ini dapat membersihkan rambut secara maksimal tanpa meninggalkan residu dan menghilangkan lapisan lemak alami. Hasilnya? Rambut akan terlihat sehat dan lebih tebal.