6 Manfaat Brown Sugar untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

brown sugar
Foto: www.freepik.com

Siapa yang gemar mengonsumsi bubble tea? Produk minuman ini memiliki menu khusus yang masih populer hingga saat ini, yep brown sugar milk tea. Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, gula merah yang fenomenal ini ternyata memiliki beragam manfaat yang dapat kamu dapatkan, baik untuk tubuh, kulit, bahkan rambut. Baca terus untuk mengetahui manfaat dari bahan dasar minuman favorit sejuta umat.

Apa Itu Brown Sugar?

brown sugar
Foto: www.freepik.com

Gula merah merupakan jenis dari sukrosa berwarna cokelat yang diperoleh dari kandungan molases. Molases merupakan suatu cairan berwarna cokelat tua yang merupakan hasil dari penyaringan sari tebu. Selain memberikan warna, proses penambahan molases ini juga dapat memberikan tambahan nutrisi pada gula yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Gula yang tercampur molases ini memiliki konsistensi yang lembut, dan pada umumnya mengonsumsi gula merah akan lebih sehat dibanding gula putih.

Apa Saja Jenis Brown Sugar?

Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa jenis gula merah yang perlu kamu ketahui, yakni:

  • Gula merah muda: di mana kandungan molases yang ada sekitar 3% dari berat gula.
  • Gula merah gelap: varietas ini memiliki sekitar 6% menurut beratnya, sehingga memberikan rasa yang sedikit lebih kuat.
  • Muscovado: ini merupakan jenis yang paling gelap dan memiliki rasa yang kuat, terutama karena proses pengeringan yang lambat.
  • Demerara: gula merah tentunya terbuat dari tebu yang diekstraksi dan direbus, sehingga meninggalkan Kristal berwarna cokelat muda. Kemudian dikeringkan ke dalam sentrifuse hingga meninggalkan gula merah yang memiliki rasa molase ringan.
  • Turbinado: jenis ini sangat mirip dengan demerara, namun turbinado mengandung lebih banyak rasa madu dan sangat cocok untuk dicampurkan ke dalam teh.
  • Gula merah alami: dibuat dengan sisa tetes debu dalam campuran gula yang mengkristal. Biasanya jenis ini memiliki rasa manis dengan sedikit karamel.
Baca Juga :  10 Resep Masker Alami untuk Atasi Kulit Wajah Kusam

Apa Manfaat Brown Sugar?

Foto: www.freepik.com

Tidak hanya memberikan warna pada makanan dan minuman, brown sugar juga memiliki beragam nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Menjaga tekanan darah

Gula merah ternyata memiliki kandungan kalium yang diyakini dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Namun kadar kalium pada brown sugar ternyata masih tergolong rendah, sehingga kamu tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber kalium seperti buah-buahan yakni pisang, jeruk, dan alpukat. Selain itu, daging ayam dan brokoli juga dapat ditambahkan ke dalam asupan makananmu.

Mengatasi kram menstruasi

Dalam pengobatan tradisional, penggunaan gula merah dapat dikombinasikan dengan jahe, dan diolah menjadi teh yang sehat. Dengan mengonsumsi minuman ini ternyata dapat membantu mengatasi kram yang dirasakan ketika menstruasi.

Melembutkan rambut

Vitamin C yang terkandung dalam jenis gula yang satu ini ternyata dapat membantu menguatkan, menghaluskan, sekaligus membuat rambutmu terasa lembut. hal ini bisa kamu peroleh dengan menggunakan masker rambut yang mengandung gula merah, atau kamu bisa mencampurkan gula merah dengan yoghurt yang terbuat dari susu kerbau.

Meningkatkan produksi hemoglobin

Kandungan zat besi yang ada di dalam gula merah ini dapat membantu proses pembentukan hemoglobin. Selain itu, zat ini juga dapat berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Namun sayangnya kandungan ini juga masih tergolong rendah. Hal ini tentunya membuatmu perlu mengonsumsi makanan lain untuk memenuhi kebutuhan zat besi, seperti bayam, kerang, brokoli, dan hati ayam.

Membuat kulit lebih sehat

Gula merah juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator kulit. Dengan tekstur yang kasar, membuat bahan makanan ini dapat membantu pengelupasan sel kulit mati, mengangkat kotoran, dan mengatasi masalah pori-pori. Sehingga dapat mencegah munculnya jerawat, tanda-tanda penuaan, dan minyak berlebih pada kulit wajah.

Baca Juga :  Ini 7 Manfaat Madu Manuka yang Dapat Dirasakan oleh Tubuh dan Kulit

Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung di dalam gula merah juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis. Namun, kalsium ini juga dapat kamu peroleh dari tahu, susu rendah lemak dan yoghurt yang tentunya akan aman untuk dikonsumsi secara rutin dibandingkan dengan brown sugar.

Bagaimana Penggunaan Brown Sugar?

brown sugar
Foto: www.unsplash.com

Gula merah dapat digunakan dengan berbagai cara, baik pada makanan maupun minuman. Beberapa orang akan menambahkan gula merah di dalam makanan penutup atau makanan yang dipanggang, seperti kue. Namun tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan gula merah pada kopi, teh, atau minuman bubble tea yang sedang populer.

Meski diyakini lebih sehat dibandingkan gula putih, namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan. Karena kandungan kalori yang ada pada gula merah ternyata tidak jauh berbeda dengan gula pasir berwarna putih. Jadi, jika dikonsumsi secara berlebih tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas misalnya.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk perawatan tubuh yang bisa kamu pilih.

Skinfood Black Sugar Mask Wash Off

Scrub wajah ini kaya akan kandungan mineral dan vitamin, sehingga dapat bekerja dengan maksimal untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan merevitalisasi kulit. Dengan teksturnya yang sedikit kasar, maka masker wajah ini tidak disarankan untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu membersihkan wajah dengan air, kemudian aplikasikan produk ini pada wajah dengan mengoleskannya secara perlakan. Usahakan untuk menghindari area mata dan mulut. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Ecco Verde Urtekram Brown Sugar Shampoo

Gula merah yang memiliki banyak manfaat ini diolah menjadi produk sampo yang dapat menenangkan dan mengembalikan keseimbangan kulit kepala. Dengan mengombinasikan gula tebu dan lidah buaya, sampo ini dapat menghidrasi rambut dengan membentuk busa yang lembut, sehingga dapat membersihkan sekaligus menutrisi kulit kepala secara intensif. Kamu dapat mengoleskan sampo ini secukupnya ke rambut yang basah, kemudian pijat secara perlahan dan bilas dengan bersih.

Baca Juga :  Tanya Ahli: Bagaimana Cara Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil?

Nature Republic Real Fresh Brown Sugar Facial Scrub Mask

Masker yang diformulasikan dari bahan alami gula merah ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan debu, serta menghaluskan kulit agar terasa lebih segar dan sehat. Sebelum menggunakannya, kamu bisa membersihkan wajah kemudian mengoleskan dengan lembut di seluruh bagian wajah mulai dari dahi, hidung, kedua pipi, dan dagu. Setelah dibiarkan selama 5-10 menit maka kamu dapat membilasnya dengan air hangat.

Shampuku Organik Sensitive Love Brown Sugar Organic Shampoo

Sampo organik ini mengandung bahan anti iritasi yang dapat menenangkan kulit kepalamu yang sensitif. Tingkat sensitif dalam produk ini juga memiliki dua pilihan, yakni dry flaky scalp untuk kulit kepala yang kering dan mengelupas, serta itchy red scalp untuk kulit kepala yang gatal dan kemerahan. Tak hanya itu, produk yang berbahan dasar gula merah ini juga tersedia untuk empat jenis kulit kepala, mulai dari kering hingga berminyak.

Selanjutnya: 13 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu.