Wajib Diketahui: 5 Jenis Sepatu Kulit untuk Penampilan yang Lebih Keren

sepatu kulit
Foto: www.unsplash.com

Fashion item yang satu ini tidak pernah tertinggal zaman, yup sepatu kulit. Sepatu yang digemari banyak perempuan ini memiliki desain yang beragam dan tentunya membuat penampilanmu lebih elegan. Dengan berbahan dasar kulit, tentunya kamu perlu melakukan perawatan lebih agar sepatu ini dapat bertahan lama dan tetap cantik ketika digunakan.

Mengapa Memilih Sepatu Kulit?

sepatu kulit
Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya tahan lebih lama, namun menggunakan leather shoes ternyata juga dapat membuatmu lebih percaya diri. Pasalnya sepatu ini akan terlihat berkelas karena memberikan penampilan yang profesional dan berkelas. Sepatu dengan berbahan dasar kulit ini juga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhanmu, baik untuk menghadiri acara formal maupun kasual. Hal ini akhirnya membuat leather shoes menjadi fashion item yang disukai oleh banyak perempuan.

Jenis Sepatu Kulit

sepatu kulit
Foto: www.pexels.com

Berikut beberapa jenis leather shoes yang perlu kamu ketahui.

Patent leather

Jenis sepatu yang satu ini menggunakan patent leather, di mana bahan kulit yang diproses secara selektif hingga menimbulkan hasil yang kilap dan sempurna. Biasanya produk dengan kulit ini akan membuat permukaan alami kulit menghilang karena produk terlihat licin. Namun sisi baiknya adalah adalah sepatu ini menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Suede

Bahan yang satu ini merupakan kulit yang paling banyak digunakan untuk membuat alas kaki. Kulit ini berasal dari binatang dan disamak hingga mendapatkan hasil akhir yang lembut. Biasanya, sepatu ini sangat cocok untuk digunakan pada acara santai dan kasual. Namun sayangnya sepatu dengan jenis ini akan lebih mudah kotor dan dapat berubah warna seiring berjalannya waktu.

Pull up leather

Seperti namanya, kulit yang sudah menjadi finish leather biasanya akan ditarik hingga melar. Sehingga membuat warna dari produk pull up leather menjadi lebih pudar dan kulitnya terasa lebih tipis. Karena warna yang pudar, biasanya sepatu ini terkenal dengan kesan vintage yang akan membuat penampilanmu terlihat lebih chic.

Finish leather

Sepatu dengan jenis kulit yang satu ini diproses secara utuh tanpa mengubah stuktur dari permukaan asli kulit, sehingga teksturnya terasa lebih kasar bahkan pori-pori dari bahan ini terlihat lebih jelas. Biasanya bahan finish leather atau yang sering disebut dengan full grain juga memiliki kulit yang lebih tebal dibanding jenis lain.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik

Nubuck Leather

Meski menyerupai jenis suede, namun bahan kulit yang satu ini dibuat dari bagian luar kulit binatang yang permukaannya dihaluskan terlebih dahulu. Sehingga membuat tekstur dari kulit ini akan terasa lembut seperti suede.

Cara Memilih Sepatu Kulit

Foto: www.freepik.com

Berikut tiga cara memilih sepatu yang memiliki bahan dasar kulit.

1. Pilih kulit asli atau sintesis

Terdapat dua macam kulit yang biasa digunakan, yakni kulit asli dan kulit sintesis.

Kulit asli

Sepatu dengan berbahan dasar kulit asli biasanya akan lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Dengan pemakaian normal, leather shoes asli dapat bertahan sekitar lima tahun. Selain itu, warna dari sepatu ini juga tidak akan cepat pudah meski telah digunakan selama bertahun-tahun.

Tekstur dari kulit asli juga lentur dan kuat, sehingga ketika digunakan akan menyesuaikan dengan bentuk kaki. Menggunakan sepatu ini juga akan mencegahmu terkena alergi dan iritasi.

Kulit sintetis

Jika kamu ingin membeli leather shoes dengan harga yang bersahabat, maka kulit sintetis merupakan jawabannya. Selain harga, kelebihan dari sepatu dengan berbahan dasar kulit sintetis juga mudah untuk dirawat dan nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dengan pemakaian normal, sepatu ini dapat bertahan hingga tiga tahun.

2. Sesuaikan model sepatu dengan kebutuhan

Ketika ingin memilih sepatu berbahan dasar apapun, maka kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Secara umum, sepatu perempuan dapat dibedakan menjadi model high ankle dan low ankle. Sepatu low ankle yang memiliki sol rata biasanya disebut ballerina, sementara jika sepatu slip on dengan sol yang agak tebal yakni loafers. Selain itu, ada juga wedges atau heels yang dapat membuat penampilanmu terlihat lebih jenjang.

Ada juga chelsea boots yang memiliki tinggi di atas mata kaki. Sedangkan sepatu high ankle dengan tinggi yang mencapai betis disebut dengan calf boots dan jika sepatu dengan banyak tali yang mencapai betis adalah military boots. Dari berbagai jenis sepatu ini, pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Terbuka Rahasianya: Tips dan Trik Mencari Sepatu Sandal yang Tepat dan Cantik

3. Padukan dengan penampilan

Sepatu berbahan dasar kulit ini juga memiliki pilihan warna yang beragam. Biasanya sepatu dengan kulit asli memiliki warna netral seperti hitam, cokelat muda, cokelat tua, dan warna gelap lainnya. Sementara kulit sintetis umumnya memiliki warna yang lebih mencolok seperti merah, biru muda, dan merah muda. Dari banyaknya pilihan warna, maka kamu dapat menyesuaikannya dengan penampilanmu.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Tidak hanya merawat tas kulit, maka sepatu berbahan dasar kulit juga perlu dirawat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana cara melakukannya? Pastinya hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui bahan kulit yang digunakan pada sepatumu.

Selain itu, kamu perlu berhati-hati ketika mencucinya, hindari menyikat sepatu dengan kasar karena akan membuat kulit menjadi lebih mudah rusak. Ketika mengeringkannya, hindari sinar matahari, karena akan membuat permukaan kulit terlihat pecah-pecah. Untuk itu sebaiknya jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah itu, simpan di dalam kotak sepatu dan tambahkan silika gel.

Rekomendasi Sepatu Kulit

Berikut rekomendasi sepatu kulit yang bisa menjadi pilihanmu.

Dr. Martens Chelsea Boots

sepatu kulit

Boots ini merupakan produk yang diproduksi sejak tahun 70-an dan masih populer hingga saat ini. Dengan kulit yang halus, membuat sepatu ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sol yang kokoh dan batalan yang empuk membuat sepatu kulit ini dapat nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas.

Untuk perawatannya pun sangat mudah, cukup bersihkan menggunakan lap basah dan biarkan hingga mengering, kemudian aplikasikan krim yang berfungsi untuk menjaga permukaan kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan mini dress atau celana jeans yang digulung.

Veja Campo White Leather Sneakers

Bagian upper dari sepatu yang satu ini terbuat dari kulit yang bebas dari krom, sementara logo V yang identik dengan brand ini terbuat dari bahan suede. Produk ini juga dirancang dengan 100% botol plastik daur ulang yang dikembangkan demi memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang maksimal untuk kakimu. Sepatu sneakers ini memiliki 12 pilihan warna yang bisa kamu gunakan rok pendek agar terlihat lebih sporty.

Mango Leather Moccasin

Sepatu jenis moccasin ini memiliki hak setinggi 1cm dengan 100% kulit domba yang mana dapat membuat penampilanmu terlihat lebih elegan. Dengan insole yang terbuat dari poliuretan dan outsole yang terbuat dari karet, tentunya akan membuat kakimu terasa nyaman ketika menggunakan alas kaki ini. Meski cocok untuk menunjang penampilan formal, namun sepatu ini juga bisa kamu padukan dengan celana skinny jeans saat hangout di akhir pekan..

Baca Juga :  Cara Mudah Menghilangkan Lecet pada Sepatu Favorit Kamu

H&M Chunky-Soled Loafers

sepatu kulit

Outsole dari sepatu ini menggunakan thermoplastic rubber (TPR) yang umum digunakan pada sepatu kulit lainnya. Kelebihan dari TPR sendiri adalah lebih fleksibel dan ringan, sehingga memudahkanmu untuk melangkahkan kaki. Dengan desain yang menarik, tentunya sepatu ini sangat cocok digunakan untuk berjalan-jalan mengelilingi kota. Jangan lupa untuk memadukannya dengan sweater kesayanganmu, ya!

Miu Miu Black Leather Platform Pumps

Jika kamu mencari sepatu berbahan dasar kulit yang dapat membuat penampilanmu terlihat jenjang, maka Leather Platform Pumps dari Miu Miu ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, sepatu dengan outsole kulit dan karet ini, memiliki tambahan hak setinggi 11 cm yang pastinya akan memengaruhi penampilanmu. Dengan tambahan tali di bagian mata kaki, tentunya akan membuat kakimu tetap stabil selama berjalan. Tentunya sepatu ini akan sangat pas untuk dipadukan dengan gaun pesta.

New Balance Made in UK 991

Sneakers yang satu ini memiliki bagian upper yang terbuat dari nubuck dan suede premium, sehingga membuat New Balance Made in UK 991 memiliki bahan yang sangat halus. Tidak hanya itu, lapisan kulitnya juga ditambahkan dengan lubang yang dapat menjaga sirkulasi udara agar tetap lancar selama digunakan. Dengan desain yang kekinian, tentunya sepatu ini bisa kamu gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Selanjutnya: Panduan Memilih Sandal Tali yang Cantik.