Punya Banyak Tas Kulit? Bersihkan dengan 5 Cara Ini

cara membersihkan tas kulit
Foto: www.freepik.com

Tas kulit sering disebut sebuah investasi bagi para perempuan. Selain dapat menunjang penampilan, barang yang satu ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat menghemat budget Namun, merawat barang-barang dengan berbahan dasar kulit merupakan hal yang mudah sekaligus rumit dan perlu berhati-hati. Lalu, bagaimana cara membersihkan tas kulit tanpa merusaknya? Selamat, dengan membaca tips membersihkan tas kulit ini kamu akan menemukan jawabannya..

Mengapa Perlu Membersihkan Tas Kulit?

cara membersihkan tas kulit
Foto: www.pexels.com

Pada umumnya, perempuan akan memasukkan seluruh barang yang diperlukan ke dalam tasnya, baik itu parfum, lipstik, bedak, atau pena. Barang-barang tersebut dapat disecara tidak sengaja tumpah atau bocor sehingga meninggalkan noda pada tasmu. Padahal, riasan dan tinta merupakan noda yang paling sulit untuk dihilangkan, untuk itu kamu perlu membersihkannya dengan hati-hati. Selain itu, debu, polusi, atau kotoran yang menempel pada bagian luar juga perlu dibersihkan agar tidak merusak penampilan tas kulitmu. 

Seberapa Sering Harus Membersihkan Tas?

Foto: www.rawpixel.com

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskanmu untuk membersihkan tas dalam kurun waktu tertentu, karena hal ini bergantung dengan seberapa sering tas tersebut digunakan. Jika kamu menggunakan tas kulit setiap hari, maka kamu bisa membersihkannya setiap dua atau tiga bulan. Namun jika tas kulit hanya digunakan untuk menghadiri acara-acara khusus, cukup dibersihkan setiap enam hingga sembilan bulan.

Bagaimana Cara Membersihkan Tas Kulit?

Foto: www.pexels.com

Mengetahui jenis kulit

Tidak semua tas kulit dapat dibersihkan dengan cara yang sama, untuk itu kamu perlu mengetahui jenis kulitnya. Kulit dengan permukaan halus dan lembut seperti kulit domba, maka harus dibersihkan dengan pembersih khusus dan diolesi dengan krim pelindung. Sementara untuk kulit yang timbul seperti saffiano, maka kamu bisa memilih pembersih khusus lalu menggosoknya menggunakan sikat dengan perlahan. 

Perlu diingat untuk membersihkan tas kulit dengan hati-hati dan tidak menggosoknya secara kasar. Selain itu, jangan pernah mengggunakan tisu bayi untuk membersihkan tas karena produk tersebut mengandung krim yang dapat mengubah warna kulit. 

Memilih krim pelindung

Hal paling pertama yang dapat kamu lakukan adalah memilih krim pelindung yang sesuai untuk tas kulitmu. Mengoleskan krim dengan lembut akan membuat kulit terlindungi dan meminimalisir bekas noda. Krim pelindung ini dapat melapisi permukaan kulit, menahan air, minyak, dan zat lainnya yang dapat bersentuhan dengan tas.

Bersihkan dengan produk khusus kulit

Untuk membersihkan tas kulit, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, mulailah dengan membersihkan tas di bagian dalam dan luar. Kamu bisa menyiapkan larutan pembersih khusus untuk tas kulit dan mulai mengoleskannya secara perlahan. 

Setelah itu biarkan selama beberapa menit hingga akhirnya mengering. Kemudian kamu bisa membersihkan sisa produk pembersih dengan menggunakan kain yang lembap. Jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner khusus agar tas kulitmu tetap lembap dan tidak kering.

Membersihkan dari noda

Biasanya tas perempuan akan berisi, parfum, air, makeup, pena, tak jarang juga barang-barang tersebut dapat tumpah atau bocor sehingga meninggalkan noda yang mengganggu. Jika kamu ingin membersihkannya, maka kamu bisa memulai dengan menyeka area tersebut dengan tisu kering secepat mungkin setelah terkena noda. 

Kemudian kamu dapat membersihkan area tersebut dengan kain lembap. Perlu diingat bahwa jangan pernah menggosok atau menyikat area yang terkena noda, karena hal ini akan menyebabkan noda dapat menyebar. Sebaiknya tas juga dibiarkan kering sendirinya.

Membersihkan dari jamur

Barang dengan berbahan dasar kulit, biasanya akan rentan terhadap jamur. Jika tas kulitmu terkena jamur, maka jangan langsung membuangnya, karena hal ini dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan produk-produk rumahan. Kamu bisa menggunakan cuka, jus lemon, penghapus riasan, atau disinfektan yang kemudian dicampur dengan sedikit air. Setelah itu, basahi kain dan usapkan dengan lembut ke area yang berjamur. 

Kemudian biarkan tas mengering di ruang terbuka dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Karena jamur yang ada di tas merupakan jenis jamur yang tumbuh subur dalam kondisi gelap dan basah, sehingga akan mati jika dibiarkan di ruang terbuka dan sinar matahari. 

Apa yang Perlu Dihindari Ketika Membersihkan Tas Kulit?

cara membersihkan tas kulit
Foto: www.unsplash.com
  1. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan noda minyak, karena air hanya akan membersihkan permukaan kulit.
  2. Hindari menggunakan sabun pelana, karena sabun ini akan terlalu kuat untuk tas kulitmu dan dapat menyebabkan perubahan warna.
  3. Jangan keringkan tas di bawah sinar matahari secara langsung, karena dapat menyebabkan warnanya menjadi pudar dan merusak kulit.
  4. Usahakan untuk tidak menyentuh tas ketika kamu baru saja menggunakan krim tangan, karena hal tersebut hanya akan memindahkan noda minyak ke dalam tas kulitmu.

Bagaimana Cara Menyimpan Tas Kulit?

cara membersihkan tas kulit
Foto: www.rawpixel.com
  • Kamu bisa mengisi tas kulit meski tidak digunakan, hal ini bertujuan untuk membantu menjaga bentuk dari tas.
  • Jika tas kulitmu dilengkapi dengan kantong pelindung, maka kamu bisa menggunakannya. Selain untuk terlihat rapi, hal ini juga bertujuan untuk menjaga tasmu terkena debu dan kotoran.
  • Meski tidak memiliki kantong pelindung, maka usahakan tasmu tetap tertutup dengan benar dengan menggunakan kain lain.

Rekomendasi Belanja Tas Kulit

FURLA – Casual Hand Bag
Michael Kors – Teagan Handbag
cara membersihkan tas kulit
ZARA – Tas Bahu Kulit Lipatan Rantai
cara membersihkan tas kulit
Sarah Chofakian – Than Leather Bag
L’Autre Chose – Mini Leather Bag
cara membersihkan tas kulit
ZARA – Tas Keranjang Kulit Ukiran
cara membersihkan tas kulit
Medea – Short Metallic Leather Bag
cara membersihkan tas kulit
Burberry – Peony Shoulder Bag
cara membersihkan tas kulit
Salvatore Ferragamo – Margot Silk Capsule Top Handle
cara membersihkan tas kulit
Coccinelle – Mignon Flap Top-handle Bag
cara membersihkan tas kulit
Garut Kulit – GK Drawstring – Leather Sling Bag
cara membersihkan tas kulit
Garut Kulit – GK Maia – Leather Tote Bag
cara membersihkan tas kulit
Kate Wood – Gym Buff Duffle Bag Cognac Leather
DELL’EST – Barkia Medium Multi Green
Capani Wardrobe – Aurora Elegant Brown
cara membersihkan tas kulit
Garut Kulit – GK Kayla – Leather Shoulder Bag

Selanjutnya: Tren Gaun Pesta 2021.