Vintage Outfit Sedang Trendi! Ini 6 Item yang Wajib Kamu Miliki Sekarang Juga

Foto: www.stocksy.com

Kapan sebenarnya sesuatu menjadi barang vintage? Hm, sepertinya sulit menjawab pertanyaan ini. Namun yang pasti para baby boomers mungkin heran melihat generasi milenial memakai maxi dress. Sebaliknya, generasi milenial terperangah menyaksikan generasi Z dengan bangga mengenakan vintage outfit, lengkap dengan tank tops dan chain belts

Namun, terkhusus di musim Autumn/Winter 2020 ini, vintage outfit seperti apa yang akan terlihat? Berikut panduan lengkap segala sesuatu yang berhubungan dengan mode vintage, mulai dari cara memakainya, cara membelinya, hingga rekomendasi belanja vintage item.

Panduan Membeli Barang Vintage

Jika “belanja baju vintage” membuatmu semangat, panduan ini adalah untukmu. Berikut adalah beberapa prinsip yang wajib kamu ingat sangat ingin memiliki koleksi vintage outfit

Hindari Membeli Barang yang Perlu Diperbaiki

Jika memungkinkan belilah barang vintage yang masih dalam kondisi bagus (meski preloved item). Tidak hanya kamu memiliki sesuatu yang bisa kamu pakai langsung, tapi juga barang investasi yang juga dapat dijual lagi. 

Belilah dari Situs atau Toko yang Terpercaya

Ada banyak sumber (daring atau toko fisik) untuk mendapatkan barang-barang, tapi pastikan kamu membelinya dari tempat-tempat yang bisa dipercaya. 

Fokus pada Aksesoris

Aksesoris bisa membuat penampilan kamu vintage seketika. Sebut saja tas atau anting-anting jadul yang bisa kamu padu padankan dengan baju yang lebih modern. 

Jangan Khawatir dengan Ukurannya

Item ukuran vintage biasanya lebih kecil, jadi kamu jangan heran jika kamu harus mencari setidaknya satu atau dua ukuran lebih besar. Sepanjang item terlihat bagus dipakai dan membuatmu nyaman, silakan dikenakan.

Perhatikan Barang-Barang Vintage yang sedang Tren

Misalnya nih, sekarang ini flare trousers dan waistcoat sedang mendominasi dunia mode, jadi tambah koleksi vintage kamu dengan barang-barang ini.

6 Item Vintage yang Wajib Kamu Miliki

Satu tips yang perlu kamu tahu agar vintage outfit kamu lebih kekinian: padu padankan dengan barang-barang yang lebih baru dan modern. Dan cara tercepat melakukan ini adalah melalui aksesoris, yakni pilhan sepatu dan tas.

Jika rok dan atasan kamu sudah vintage, pastikan aksesorismu lebih modern. Sandal datar atau flatform shoes (bukan wedges) merupakan sesuatu yang sangat modern dan akan membuat vintage outfit kamu super keren. Begitu juga dengan tas tangan kecil yang dipakai menyilang.

Shoulder Bag

Tas ini adalah simbol vintage, tapi entah kenapa membuat penampilan terlihat modern pada saat yang bersamaan. Ada banyak pilihan shoulder bag di luar, pastikan yang kamu beli memiliki kualitas bagus dan minimalis agar kesan vintage semakin kental.

MARNI – Logo-print Shoulder Bag
DOXOLOGY – Navajo White Doxoluna

Gaun Floral

Gaun bunga-bunga merupakan barang favorit di 2020. Tidak percaya? Coba buka Instagrammu dan buktikan sendiri. Padukan dengan sneakers putih agar penampilanmu makin ciamik.

& Other Stories – Elasticated Waist Maxi Dress
Just Jo Design – Michigan Maxi Floral

Waistcoat

Bagaimana memakai tren yang heboh di awal 2000an ini di tahun 2020? Ada beberapa opsi: padukan oversize waistcoat dengan maxi dress favoritmu, atau padankan dengan buttoned-up shirt. Atau pakai sebagai atasan saat mengenakan celana bahan.

Vintage Outfit
GUCCI – Rainbow Waistcoat
Vintage Outfit
Mango – Buttons Suit Waistcoat

Flare Trousers

Jangan takut memakai barang retro asal era 70an ini. FYI, ketika dipadukan dengan heeled boots, celana flare bisa membuat kakimu terlihat 10 lebih panjang.

Dion Lee – Low Rise Pocket Trousers
TOPSHOP – Grey Check Plisse Flare Trousers

Denim on Denim

Ah, lambang vintage outfit: memakai denim di atas denim. Jika selama ini kamu masih ragu memakainya, sekarang adalah saat yang tepat. Coba pakai denim dengan tone warna yang berbeda untuk hasil yang lebih dahsyat.

H&M – Wrapover Denim Skirt
FRAME – Ruffled Denim Sleeveless Top

Rompi Rajutan

Tanpa perlu dijelaskan, item satu ini langsung membuat penampilanmu akan terlihat vintage (ingat Chandler Bing dari serial TV Friends?) Dijamin. Sangat cocok dipadukan dengan kemeja tangan panjang.

Mango – Multi Color Knit Gilet
ZARA – Rompi Rajutan Struktur

Rekomendasi Belanja Vintage Outfits

ZARA – Rok Payet
TOPSHOP – Petite Black and White Flare Trousers
Vintage Outfit
H&M – MAMA Denim-look Skirt
Philosophy Di Lorenzo Serafini – Denim-trimmed Chiffon Blouse
Vintage Outfit
Moschino – Embellished Buttons Vest
Vintage Outfit
ZARA – Rompi Ketat
Vintage Outfit
ZARA – Gaun Bermotif Bunga
Vintage Outfit
BAMBOO BLONDE – Jilly Maxi Dress
Vintage Outfit
Stradivarius – Puff Sleeve Midi Dress
Vintage Outfit
Kate Spade – Nicola Twistlock Small Top Handle
Vintage Outfit
See by Chloé – Mara Crossbody Bag
Vintage Outfit
Charles & Keith – Padlock Shoulder Bag

Selanjutnya: 7 warna paling trendi saat ini.

podcast button