Segala Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan, Termasuk Kulit dan Berat Badan

manfaat alpukat
Foto: www.pexels.com

Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan lembut. Manfaat alpukat sangat beragam bagi kesehatan, karena buah ini memiliki nutrisi yang beragam serta menjadi buah yang serbaguna karena dapat diolah dalam bentuk makanan maupun untuk produk kecantikan. 

Apa yang Terkandung dalam Alpukat?

manfaat alpukat
Foto: www.rawpixel.com

Kaya akan nutrisi

Buah ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dengan memiliki berbagai macam nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang berbeda, di antaranya adalah vitamin K, folat, vitamin C, kalium, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, magnesium, fosfor, vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin). Buah ini juga tidak mengandung kolesterol atau natrium serta lemak jenuh, sehingga manfaat alpukat dapat digunakan sebagai bahan makanan penurun kolesterol.

Mengandung kalium lebih banyak dibanding pisang

Kalium merupakan nutrisi yang mampu menjaga sel dan melayani berbagai fungsi penting, namun kebutuhan kalium tidak cukup terpenuhi bagi kebanyakan orang. Memiliki asupan kalium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah yang merupakan risiko utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Alpukat merupakan buah yang tinggi kalium, bahkan diklaim lebih tinggi dibanding pisang. 

Mengandung asam oleat

Alpukat merupakan makanan berlemak tinggi, 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak. Namun, buah ini tidak hanya mengandung lemak, karena lemak dalam alpukat merupakan asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Lemak dalam alpukat juga tahan terhadap oksidasi akibat panas, hal ini menjadikan minyak alpukat menjadi pilihan yang sehat untuk digunakan ketika memasak.

Penuh serat

Serat memiliki manfaat penting bagi tubuh seperti dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan metabolisme. Buah alpukat cenderung kaya akan serat, bahkan sangat tinggi dibanding makanan lainnya. 

Mengapa Perlu Mengonsumsi Alpukat?

manfaat alpukat
Foto: www.pexels.com

Menurunkan kolesterol 

Memiliki kadar kolesterol tinggi merupakan hal yang perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan penyakit lainnya yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan?

Membuat tubuh lebih sehat

Asupan nutrisi yang berasal dari alpukat dapat menyerap sempurna ketika dicampur dengan lemak. Vitamin A, D, E dan K dapat larut dalam lemak bersama dengan antioksidan seperti karotenoid. Menambahkan minyak alpukat atau buah alpukat dalam makanan dapat meningkatkan penyerapan antioksidan, untuk itu nutrisi buah ini akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Melindungi mata

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti lutein dan zeaxanthin dalam alpukat juga dapat bermanfaat untuk kesehatan mata dan dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Menurunkan berat badan

Manfaat hebat alpukat: buah ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuatmu menjadi kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, buah ini tinggi akan serat dan rendah karbohidrat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, terlebih ketika kamu sedang dalam program diet sehat.

Menurunkan risiko depresi

Alpukat memiliki kandungan yang kaya akan asam folat yang berfungsi mencegah penumpukan homosistein, zat yang mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. Selain itu, penumpukan homosistein juga dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan neropinefrin. Ketiga hormon ini dapat bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati, tidur, serta nafsu makan.

Membuat kulit lebih sehat dan cerah

Tidak hanya kaya akan lemak sehat, alpukat juga sumber vitamin E dan C, yang baik untuk kesehatan kulit. Ada banyak manfaat alpukat bagi kulit, di antaranya mempercepat perbaikan kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan inflamasi. Selain itu, berkat lemak dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, manfaat alpukat juga untuk menjaga keelastisan kulit. Plus, kandungan biotin di dalamnya membantu mencegah kulit kering ketika diaplikasikan secara topikal. Itulah sebabnya krim gel alpukat laris manis.

Ada Berapa Banyak Jenis Alpukat?

manfaat alpukat
Foto: www.freepik.com

Mungkin selama ini kamu menganggap buah alpukat hanya memiliki satu jenis, namun ternyata buah ini memiliki beragam jenis baik berbeda ukuran, warna, hingga rasa. 

Baca Juga :  Mengonsumsi 4 Sayur Ini Penting Kesehatan Jantung, Kata Studi Baru

Alpukat Mentega

Jenis buah yang satu ini pasti kamu sudah mengenalnya, yup, alpukat mentega yang memiliki daging tebal, padat, dan tidak berair. Buah ini dijuluki sebagai alpukat mentega karena memiliki daging buah berwarna kuning seperti mentega. Untuk mengetahui tingkat kematangan dari buah ini, kamu perlu melihat warna dan permukaan kulitnya. Biasanya alpukat mentega akan berwarna hijau kecokelatan dan terasa empuk ketika ditekan.

Alpukat Kendil

Alpukat hasil persilangan ini memiliki ukuran yang besar memiliki bobot sekitar satu hingga dua kilogram per buah. Buah ini memiliki daging buah yang tebal dan bijinya yang sangat kecil. Selain itu, alpukat kendil memiliki rasa yang manis dan gurih dengan tekstur lembut. Jenis alpukat ini memang paling pas untuk dimakan secara langsung.

Alpukat Aligator

Alpukat alligator memiliki bentuk yang unik dan sangat mudah dibedakan dengan alpukat jenis lainnya. Dengan memiliki bentuk yang cenderung lonjong dan bagian bawah yang lebih besar, bentuk buah ini menyerupai buah pir. Rata-rata berat satu buah alpukat alligator mencapai satu hingga satu setengah kilo gram. 

Alpukat Miki

Jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan beratnya hanya sekitar 300 sampai 400 gram. Meski begitu, buah ini memiliki daging yang tebal dan lembut serta memiliki rasa manis dan gurih. Untuk menandai tingkat kematangan, warna dari kulit alpukat ini akan berubah menjadi hijau tua yang mengilap.

Alpukat Wina

Alpukat wina merupakan jenis yang berukuran cukup besar dan banyak dikembangkan oleh petani lokal. Buah ini memiliki daging yang tebal, lembut, dan berwarna kekuningan. Selain itu, jenis alpukat ini juga memiliki rasa yang manis dan gurih.

Alpukat Pluwang

Alpukat yang paling besar ini, memiliki bobot hampir mencapai 2 kilogram. Buah ini memiliki daging yang tebal dan padat, serta bertekstur lembut dan legit ketika dimakan. Dibanding dengan jenis lainnya, alpukat pluwang memiliki rasa yang lebih manis dan lebih gurih.

Alpukat Hass

Jenis alpukat yang satu ini juga yang paling populer. Buah ini memiliki kulit yang bergerigi dan kasar, meski begitu daging buah alpukat hass cukup tebal dan padat. Untuk mengetahui tingkat kematangan dari jenis alpukat ini adalah dengan melihat warna kulit, karena kulit alpukat hass akan berwarna cokelat kehitaman jika sudah matang.

Baca Juga :  Konsumsi Oat Bisa Membantu Pasien Kanker Mengatasi Isu Pencernaan, Kata Studi Baru

Belanja Produk Kecantikan Mengandung Alpukat

Farmhouse Fresh Guac Star Soothing Avocado Hydration Mask

Masker wajah yang satu ini dapat melembapkan sekaligus menutrisi kulitmu. Dengan menggunakan bahan dasar alpukat, masker ini berfungsi untuk membentuk lapisan pelindung kulit dari radikal bebas. Selain itu, produk ini juga mengandung allantoin yang dapat memperbaiki tekstur kulit. 

Skinfood Avocado & Olive Lip Balm

Produk ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai alpukat mini. Selain itu, perawatan bibir ini menggabungkan dua kandungan bahan alami yakni alpukat dan minyak zaitun yang dapat menghidrasi kulit. Produk ini juga diformulasikan dengan ceramide yang dapat membuat bibir menjadi lebih halus dan lembut

Kiehl’s Creamy Eye Treatment with Avocado

Kiehl’s Creamy Eye Treatment with Avocado mengandung ekstrak alpukat sebagai bahan utama yang digunakan untuk perawatan bagian mata. Alpukat memiliki asam amino, vitamin A, D, dan E, serta kalium yang dapat mencerahkan area bawah mata. Selain itu, krim untuk mata ini diformulasikan dengan shea butter dan beta-karoten yanag dapat menghidrasi kulit kering serta menjaga kekenyalan kulit.

Cover FX Custom Infusion Drops Radiance

Produk ini dapat mencerahkan kulit wajah dengan kandungan serai dan vitamin C. Selain itu, perawatan kulit wajah ini juga mengandung minyak alpukat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menghilangkan kulit kusam pada wajah.

7 Days Mask Avocado

Sheet mask ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, masker ini juga memiliki kandungan alpukat yang dapat mempercepat regenerasi kulit. Essence dari masker ini tidak akan membuat wajahmu menjadi berminyak karena dapat menyerap ke dalam kulit dengan cepat.

Selanjutnya: 10 Resep Masker Alami Alpukat