12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan

makanan khas jawa barat
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Selain dikenal di daerahnya, makanan khas Jawa Barat juga terkenal dan digemari oleh banyak orang. Dengan cita rasa yang gurih, asin, asam, manis, dan pedas, membuat kuliner ala Sunda ini terasa sangat nikmat untuk disantap.

Tak jarang, hidangan khas Sunda ini juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Berikut 12 rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang wajib kamu cicipi dan bikin ketagihan.

Karedok

Karedok 3 | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.pinterest.com/Apollo

Berisi macam-macam sayuran mentah dan segar, mulai dari mentimun, kol, kacang panjang, kemangi, dan tauge, hidangan ini akan disiram degan saus kacang yang nikmat.

Biasanya saus kacang ini terbuat dari campuran kacang goreng, garam, gula aren, dan cabai.

Karena menggunakan saus kacang, tak jarang karedok juga sering disamakan dengan makanan khas Indonesia lainnya, seperti gado-gado. Akan tetapi penggunaan bahan baku keduanya sangat berbeda.

Makanan khas Jawa Barat ini bisa kamu temukan dengan mudah, dan biasa disajikan bersama dengan asi hangat, tahu, tempe, serta kerupuk udang.

Cilok

makanan khas jawa barat
Foto: www.pinterest.com/Yumyum

Makanan yang satu ini terdiri dari bola-bola yang memiliki ukuran menyerupai bakso dan terbuat dari tepung tapioka, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal.

Biasanya tepung tapioka atau aci akan dicampur dengan udang kering, bawang putih, serta daun bawang dan direbus hingga matang.

Sesuai dengan namanya, yakni singkatan dari aci dicolok, nantinya cilok akan disajikan dengan tusuk sate atau lidi. Kemudian ditambah dengan saus kacang, kecap manis, atau sambal.

Biasanya cilok banyak dijual oleh pedagang kaki lima dan merupakan jajanan populer di kalangan anak sekolah.

Kupat Tahu

makanan khas jawa barat
Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Kupat tahu merupakan hidangan yang terdiri dari ketupat dan tahu yang dibalur dengan bumbu kacang.

Nantinya ketupat, tahu goreng, serta bahan tambahan lain seperti tauge rebus akan dicampur dengan saus kacang yang terdiri dari kacang goreng, bawang putih, cabai, gula merah, dan air.

Biasanya kupat tahu juga akan ditambahkan dengan kecap manis dan perasan jeruk nipis. Kemudian ditaburi kerupuk udang agar rasanya semakin nikmat.

Kebanyakan orang Indonesia akan menyantap hidangan ini sebagai menu untuk sarapan di pagi hari.

Pepes Tahu

Pepes Tahu | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.pinterest.com/resepkoki.id

Makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari tahu yang telah dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Untuk membuatnya, kamu perlu meniriskan tahu dan menghancurkannya hingga halus.

Kemudian campurkan dengan beberapa bumbu, biasanya bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan cabai rawit. Setelah semuanya tercampur, maka bungkuslah dengan menggunakan daun pisang dan kukus hingga matang.

Kamu bisa menyantapnya selagi masih hangat dan mencampurnya dengan nasi hangat serta ikan teri agar semakin lezat.

Nasi Tutug Oncom

makanan khas jawa barat
Foto: www.resepkoki.id

Nasi tutug oncom merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom yang telah difermentasi. Kata tutug sendiri memiliki arti dihaluskan atau dicampurkan, sehingga makanan ini menghidangkan nasi yang dicampur dengan oncom tumbuk.

Umumnya, nasi tutug oncom akan dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk. Makanan ini cukup populer di berbagai kota, baik itu di Bandung dan Tasikmalaya.

Empal Gepuk

Empal Gepuk | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Kuliner khas Sunda ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta daging. Sesuai dengan namanya, empal gepuk merupakan potongan daging tipis yang dipukul atau digepuk terlebih dahulu, kemudian dimasak dengan bumbu yang bercita rasa manis.

Makanan yang satu ini sangat populer dan menjadi salah satu pilihan menu yang tidak boleh terlewat untuk dicicipi. Empal gepuk biasanya akan dihidangkan bersama nasi hangat dan sambal agar rasanya semakin nikmat.

Nasi Timbel

Nasi Timbel | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.tastemade.com

Hidangan tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga empuk.

Pembuatan dari nasi timbel ini hampir sama dengan membuat lontong, yaitu nasi yang dipadatkan, digulung, dan dibungkus dengan daun pisang.

Berkat penggunaan daun pisang, nantinya aroma yang dihasilkan akan terasa sangat khas. Selain dikukus, tidak jarang nasi timbel juga dibakar sehingga menghasilkan aroma yang semakin kuat dan lezat.

Selain itu, biasanya nasi timbel juga akan disajikan dengan berbagai lauk, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, tempe, sayuran, hingga sambal.

Bakakak Hayam

Bakakak Hayam | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.food.detik.com

Seperti namanya, bakakak hayam merupakan masakan yang disajikan dengan cara unik. Di mana dada ayam akan dibelah dan ditusuk hingga membentuk sebuah bakakak atau menyerupai orang yang duduk bersila.

Cara memasaknya pun sangat bervariasi, mulai dari digoreng atau dibakar. Biasanya makanan ini banyak disajikan saat pesta adat atau pesta pernikahan.

Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal terasi.

Sate Maranggi

Sate Maranggi | | 12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Akan Membuatmu Ketagihan
Foto: www.pinterest.com/cookpad.com

Berbeda dengan sate Padang dan sate Madura, makanan ini terbuat dari daging kambing atau sapi yang direndam dengan berbagai bumbu, mulai dari ketumbar dan jahe. Bahan-bahan tersebut membuat sate maranggi terasa lebih lezat.

Selain itu, nantinya sate ini juga tidak disiram dengan saus kacang, tetapi disajikan bersama dengan acar dan kecap manis. Kamu bisa mencicipinya dengan nasi hangat dan teh tawar hangat.

Mi Kocok

makanan khas jawa barat
Foto: www.javanews.info

Penggemar hidangan mie rasanya tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan yang satu ini. Soalnya mi kocok dibuat dari mi kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi, sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

Tak hanya itu, masakan ini juga dilengkapi dengan beberapa sayuran, mulai dari tauge hingga daun seledri. Selain itu, beberapa orang juga sering menambahkan bakso, kikil, dan bawang goreng ke dalamnya.

Tahu Sumedang

makanan khas jawa barat
Foto: www.pinterest.com/lito84677

Seperti namanya, tahu ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Hampir kebanyakan orang yang melewati daerah tersebut akan mampir untuk membeli jajanan yang satu ini.

Yang membedakan tahu ini dengan tahu lainnya adalah bahan baku yang digunakan, di mana menggunakan tahu yang hanya diproduksi dari Sumedang, sehingga rasanya menjadi sangat khas.

Meski awalnya dijual tanpa isi, namun belakangan ini telah banyak tahu yang memiliki isian di dalamnya.

Nasi Liwet

makanan khas jawa barat
Foto: www.inews.id

Makanan khas Sunda ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan rempah-rempah yang terdiri dari batang serai, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan daun kemangi. Sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat.

Biasanya nasi liwet ini disajikan bersama ikan asin, ayam, atau gorengan seperti tahu dan tempe. Kemudian agar aromanya lebih harum, kamu bisa menyajikan hidangan ini di atas daun pisang.