Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.freepik.com

Apakah kamu merasakan kulit seperti milik ayam? Kamu beruntung karena setelah membaca ini kamu akan tahu cara menghilangkan kulit ayam di wajah.

LIMONE telah menghubungi dr. Dian Pratiwi, SpKK, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dari Erha Derma Center Kemanggisan, yang akan menjelaskan pengertian kulit ayam hingga cara menghilangkan kulit ayam di wajah.

Apa Itu Kulit Ayam?

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.canva.com

Menurut Dokter Dian, kulit ayam dalam dunia medis dikenal sebagai Keratosis Pilaris (KP), yakni merupakan kondisi kulit yang cukup umum ditemukan, yaitu pada 40% populasi.

Orang awam biasa menyebut Keratosis Pilaris sebagai kulit ayam karena tampilannya yang menyerupai kulit ayam.

“Bila ditelusuri, biasanya ternyata orang tua, kakek nenek, atau saudara sekandung juga ada yang menderita keluhan yang sama. Jadi ada faktor keturunan atau genetiknya,” ucap Dokter Dian.

Apa Ciri-Ciri Kulit Ayam?

Apa Ciri Ciri Kulit Ayam | | Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit
Foto: www.freepik.com

Untuk mengetahui seseorang mengalami kondisi kulit ayam atau Keratosis Pilaris, maka Dokter Dian memberikan ciri-ciri, seperti adanya benjolan kecil.

“KP ditandai dengan benjolan-benjolan kecil di permukaan kulit. Warnanya bisa sewarna kulit, atau agak merah atau coklat gelap, yang memberikan tekstur kulit seperti amplas atau seperti kulit ayam,” ucap Dokter Dian.

Lebih lanjut, Dokter Dian menjelaskan bahwa setiap benjolan kecil tersebut adalah sel kulit mati yang terbentuk di lokasi folikel rambut.

“Daerah yang sering ditemukan adalah di sisi luar lengan atas, juga pada paha dan pipi. Pada yang luas, KP juga dapat ditemukan di punggung dan dada,” sambung Dokter Dian.

Apa Penyebab Seseorang Mengalami Kulit Ayam?

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.canva.com

Dokter Dian menuturkan, kulit ayam atau Keratosis Pilaris merupakan tanda minor dari dermatitis atopik (asma kulit).

“Jadi, umumnya KP ini ditemukan pada anak atau dewasa muda yang kulitnya sensitif (kulit atopi) atau dengan penyakit alergi lainnya, misalnya asma atau rhinitis alergi,” ucap Dokter Dian.

Tidak hanya itu, seseorang mengalami kondisi kulit ayam juga terjadi ketika pulang berlibur.

“Pada pasien di praktik, seringnya juga dikeluhkan muncul pada saat baru pulang liburan atau bersekolah di negara 4 musim, dan biasanya mengeluh saat musim dingin, barulah KP muncul. Ini disebabkan karena keringnya kulit akibat udara dan musim dingin sehingga KP muncul,” jelas Dokter Dian.

Kondisi Kulit Ayam Umumnya Terjadi pada Usia Berapa?

Kondisi Kulit Ayam Umumnya Terjadi pada Usia Berapa | | Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

Perlu diketahui bahwa kondisi kulit ayam biasanya muncul pada anak-anak dan dewasa muda.

“Kondisi tersebut dapat berlanjut menjadi menahun (kronis). Pada pasien-pasien yang saya jumpai di praktik saya, umumnya mulai di usia remaja atau pubertas, terkadang beberapa baru muncul saat dewasa,” kata Dokter Dian.

Apakah Kulit Ayam Terjadi Hanya di Wajah?

Apakah Kulit Ayam Terjadi Hanya di Wajah | | Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

Nyatanya, kulit ayam tidak hanya ada di wajah, namun juga bisa terjadi di daerah tubuh lain.

“Oh, tentu tidak. Justru KP ini terbanyak ditemukan di lengan atas, kemudian menyusul di lengah bawah, paha, punggung, dada. Dan juga bila di wajah, tersering terdapat di pipi sisi pinggir dekat rahang, meskipun juga bisa ditemukan di area kulit lainnya,” jelas Dokter Dian.

Apakah Kulit Ayam atau Keratosis Pilaris Bisa Disembuhkan?

Apakah Kulit Ayam atau Keratosis Pilaris Bisa Disembuhkan | | Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

Dokter Dian menuturkan, meskipun kulit ayam atau KP jinak, namun tidak bisa diobati hingga tuntas.

“Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi KP, sehingga kulit lebih halus dan warnanya lebih disamarkan. Terapi harus dilanjutkan secara teratur atau berulang bila kambuh,” ucap Dokter Dian.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Ayam di Wajah?

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.canva.com

Dokter Dian menjelaskan bahwa sebenarnya kulit ayam termasuk jinak dan tidak berbahaya. Namun pasien atau seseorang yang mengalami kulit ayam biasanya mencari cara menghilangkan kulit ayam di wajah karena gatal atau alasan kosmetik.

Oleh karena itu, Dokter Dian memberikan beberapa tips cara menghilangkan kulit ayam di wajah dan sekitar tubuh:

  1. Biasanya dokter akan meresepkan krim dan pelembap untuk digunakan pasien di rumah pada area KP sebanyak dua kali sehari setelah mandi.
  2. Pelembap dapat membantu mengurangi kekeringan dan gatal dan menjadi salah satu cara menghilangkan kulit ayam di wajah. Pastikan pelembap mengandung bahan aktif yang efektif, misalnya urea dan lactic acid.  
  3. Krim yang mengandung retinoid konsentrasi kecil dan AHA juga biasa digunakan sebagai cara menghilangkan kulit ayam di wajah
  4. Bila krim di rumah dirasa kurang membantu, maka pasien dapat memilih berbagai terapi yang dikerjakan di klinik, seperti Chemical peeling dan Mikrodermabrasi sebagai cara menghilangkan kulit ayam di wajah. “Terapi perlu dikerjakan rutin minimal sebulan sekali sebanyak empat kali. Chemical peeling yang ringan efektif untuk membuka sumbatan di folikel rambut dan membuang sel kulit mati. Selain itu, juga dapat membantu menyamarkan warna kulit area KP, sehingga menyerupai warna kulit normal. Sedangkan mikrodermabrasi dapat memperbaiki tekstur yang seperti amplas atau kulit ayam, sehingga kulit lebih halus,” terangnya.
  5. Setelah kulit kembali halus dan warnanya samar, pasien diharapkan terus menjaga dengan menggunakan pelembap di rumah secara rutin untuk mencegah kekambuhan.

Apakah Skincare Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Ayam di Wajah dan Tubuh?

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Dian, baik krim racikan dokter maupun skincare tidak dapat menyembuhkan KP. Hal yang dapat dilakukan adalah menyamarkan dan menghaluskan tampilan KP pada kulit, jadi bukan cara menghilangkan kulit ayam di wajah.

Dalam hal ini, dokter spesialis kulit dan kelamin satu ini memberikan kandungan skincare yang dianjurkan, yakni :

  1. Gunakan gentle cleanser dengan pH balanced dan soap free.
  2. Dilanjutkan dengan moisturizer yang mengandung AHA (atau PHA untuk yang berkulit sangat kering dan sensitif) di pagi hari dan pelembap dengan retinol atau retinaldehyde di malam hari.
  3. Seminggu sekali dapat melakukan chemical exfoliation yang mengandung AHA (glycolic acid, lactic acid, atau mandelic acid) atau physical exfoliation yang gentle. Waspada jangan over exfoliate yang malah akan membuat kulit iritasi.

Bagaimana Cara Merawat Wajah agar Tidak Mengalami Kulit Ayam?

cara menghilangkan kulit ayam di wajah
Foto: www.canva.com

Meskipun kulit ayam tidak dapat disembuhkan, namun tentu saja tetap merawat wajah.

“Setelah KP halus dan samar, terus gunakan moisturizer untuk mencegah kekambuhan,” sarannya.

“Selain bahan aktif sesuai di atas, juga sudah dapat menambahkan bahan aktif moisturizer yang menjaga kelembapan kulit supaya tidak mudah kering dan kambuh, misalnya ceramide, centella, glycerin, hyaluronic acid, dan lain-lain. Tidak hanya itu, secara berkala tetap lakukan exfoliation sesuai kebutuhan,” jelas Dokter Dian.

Kesimpulan

Keratosis Pilaris | | Adakah Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah? Ini Jawaban Dokter Kulit
Foto: www.canva.com

Kulit ayam atau Keratosis Pilaris merupakan kondisi kulit yang seperti menyerupai kulit ayam. Tidak hanya terjadi karena faktor keturunan, namun juga bisa terjadi ketika pulang berlibur dari negara empat musim.

Kondisi kulit ayam ternyata tidak dapat disembuhkan secara tuntas, namun bisa melakukan pengobatan untuk mengurangi tampilan kulit ayam atau Keratosis Pilaris.