Dari Cerewet Hingga Peduli, Ini 12 Fakta Anak Pertama yang Harus Kamu Tahu

fakta anak pertama
Foto: www.canva.com

Sebagai orang tua, penting mengetahui fakta anak pertama.

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan, namun setiap anak tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, faktor urutan kelahiran juga bisa mempengaruhi kepribadian anak.

Meskipun hidup dalam keluarga yang sama, nyatanya anak pertama alias anak sulung mempunyai karakter yang berbeda dengan anak kedua atau anak bungsu.

Oleh karena itu, berikut fakta anak pertama yang harus orang tua tahu.

Dilahirkan untuk Belajar

Fakta anak pertama yaitu terlahir untuk belajar. Sebuah studi menemukan, urutan kelahiran ternyata bisa mempengaruhi tujuan hidup anak.

Sebagai yang paling tua, anak pertama biasanya ingin belajar atau menguasai sesuatu. Sedangkan anak kedua lebih cenderung ingin menang.

Adapun penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak pertama cenderung memilih karir yang berhubungan dengan akademis dibandingkan dengan adiknya.

Fokus Mengejar Pendidikan

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan sampai tingkat tinggi, termasuk anak pertama. Fakta anak pertama lainnya, biasanya, mereka memiliki keinginan untuk bekerja keras mengejar pendidikan.

Para peneliti menemukan bahwa anak pertama memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dibandingkan adiknya.

Berisiko Terkena Diabetes

Meskipun diabetes bisa terjadi pada siapa saja, namun anak pertama memungkinkan terkena diabetes.

Sebuah studi mengungkapkan, anak yang lahir lebih dulu memiliki kesulitan yang lebih besar untuk menyerap gula ke tubuh, serta tekanan darah yang lebih tinggi di siang hari daripada anak-anak yang lahir setelah mereka.

Anak Pertama Lebih Kreatif

Kekreatifan seseorang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki atau perempuan, maupun anak sulung atau anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

Meski begitu, fakta anak pertama adalah mereka memang cenderung lebih kreatif dibandingkan anak yang lahir setelahnya.

Apalagi jika anak pertama memiliki adik dari lawan jenis, memiliki perbedaan usia yang besar, serta adik yang selalu meminta kepada kakaknya. Maka hal itu bisa saja mendorong anak pertama untuk lebih menunjukkan kekreatifannya.

Anak Pertama Suka Memerintah

Kamu pernah mendengar teman kamu suka diperintah oleh kakaknya? Atau justru kamu yang malah senang memerintah adik?

Fakta anak pertama lainnya adalah mereka biasanya lebih suka menyuruh adiknya mengambil atau melakukan sesuatu karena ia merasa lebih berkuasa di rumah, sehingga bisa melakukan apapun sesuai keinginannya.

Ternyata, sebuah penelitian menemukan bahwa anak pertama biasanya memiliki sikap suka memerintah, dan hal tersebut lazim dialami.

Namun, hal tersebut juga didasarkan pada jenis kelamin anak. Biasanya, anak sulung perempuan cenderung lebih mendominasi daripada anak sulung laki-laki.

Memiliki Sifat Tanggung Jawab

Meskipun suka memerintah, namun fakta anak pertama yang lain adalah mereka merasa untuk bertanggung jawab. Apalagi jika orang tua memiliki harapan lebih kepada anak pertama, pastinya memiliki “beban” yang harus ditanggung.

Terlebih, biasanya sifat tanggung jawab sudah diajarkan sejak kecil supaya bisa menjaga adik-adiknya dengan baik. Dari sinilah sifat tanggung jawab untuk anak pertama terbentuk.

Mempunyai Sifat Mandiri

Lahirnya seorang adik membuat beberapa orang tua mengalihkan perhatiannya kepada adik. Hal tersebut bisa memunculkan sifat mandiri untuk anak pertama karena biasanya ia akan melakukan sesuatu sendiri.

Sifat mandiri pada anak juga bisa datang dari orang tua yang memang mengajarkan beberapa hal sejak kecil. Seperti makan sendiri, membereskan mainan ke tempat semula, mandi sendiri, dan masih banyak lagi.

Mudah Stres

Stres memang bisa terjadi oleh siapa saja. Namun, biasanya anak pertama cenderung mudah stres karena bekerja keras supaya mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga ia tidak punya waktu untuk memperhatikan diri sendiri.

Tentu saja siapapun yang mendapat hasil terbaik akan senang, begitupun dengan anak pertama, apalagi jika orang tuanya memberikan pujian dan pandangan positif kepadanya.

Cenderung Keras Kepala

Selalu ingin mendapatkan hasil terbaik kadang bisa membuat anak pertama menjadi keras kepala. Keras kepala yang dimaksud dalam hal ini adalah sulit untuk menerima masukan atau nasihat dari orang lain.

Tidak hanya itu, anak pertama juga biasanya memiliki sifat egois atau ingin menang sendiri. Hal ini karena anak pertama ingin terlihat lebih berpendirian dan menjaga adiknya dengan baik.

Memiliki Sifat Peduli

Meskipun keras kepala dan egois, tapi di sisi lain anak pertama juga peduli pada orang tua dan adiknya, meskipun tidak ditunjukkan secara langsung.

Dengan sifatnya ini, ia berharap bisa merangkul adiknya serta supaya orang tua bisa senang dengannya.

Lebih Cerewet

Sudah menjadi rahasia umum jika anak pertama lebih cerewet, terlebih jika anak pertama adalah seorang perempuan.

Meskipun sifat cerewet yang dimiliki anak pertama membuat telinga pengang, namun perlu diketahui bahwa di balik sikapnya itu semata-mata ingin memberi nasihat kepada adiknya, atau ingin memberikan perhatian lebih.

Pendengar yang Baik

Fakta anak pertama selanjutnya adalah bisa menjadi pendengar yang baik. Biasanya, anak pertama perempuan cenderung bisa mendengarkan dan memberi nasihat yang baik ketika adik sedang bercerita mengenai sesuatu hal.