Agar Tidak Merasa Bersalah: Jaga Pola Makan Sehat Saat Liburan

Foto: www.unsplash.com

Ada dua tipe pelancong: yang makan ala mukbang, dan yang lupa. Idealnya sih, tetap menjaga pola makan sehat saat liburan. Yah, supaya kamu punya tenaga untuk mendaki tempat Instagrammable di atas gunung, atau diving di dasar laut. Hei, tapi bukan berarti dilarang makan makanan penuh lemak saat melancong, ya? Kamu adalah seorang ratu saat liburan. Namun, untuk menjaga tubuh tetap sehat (bahkan setelah liburan), berikut LIMONE bagikan beberapa tipsnya.

Jangan melewatkan waktu makan

Foto: www.unsplash.com

Jauh atau tidaknya tujuanmu berlibur jangan sampai kamu melewatkan waktu makan. Usahakan untuk tetap makan teratur, khususnya sarapan pagi. Dan jangan abaikan makan malam, agar keesokan harinya bangun tidur badan tetap fit. Jika kamu akan banyak menempuh perjalanan dengan transportasi publik, bawalah bekal sederhana seperti roti gandum dan buah (agar asupan serat tetap terjaga).

Dan hindari berpikir “makan habis-habisan pas malam aja“, karena kamu akan merasa kembung dan terlalu kenyang.

Perhatikan jenis makanan

Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya keindahan alam objek wisata yang harus benar-benar diperhatikan, begitu pula jenis makanan. Silakan menikmati junk food, tapi imbangi dengan makanan bernutrisi lainnya seperti sayuran dan buahan. Prinsipnya begini: makan 70% sayuran, dan 30% makanan lainnya.

Batasi minuman kafein, manis dan tinggi kalori

Foto: www.unsplash.com

Oleh karena kemungkinan besar makanan yang kita pilih sudah mengandung kalori super banyak, coba pilih minuman sehat. Misalnya air putih, jus buah, dan minuman soda tanpa gula. Hindari pula minuman bersoda dan minuman manis. Kandungan gula yang cukup tinggi malah akan melipatgandakan rasa hausmu dalam perjalanan. Agar tubuh tetap terhidrasi dan kamu tidak merasa lapar terus, perbanyak konsumsi air putih.

Tetap aktif dan jangan merasa bersalah

Foto: www.shutterstock.com

Bahkan ketika kamu tidak bisa mampir ke gim atau melakukan yoga, usahakan untuk tetap aktif. Misalnya dengan berjalan kaki, berdiri saat di dalam kereta; ini akan membuat aliran darahmu tetap terjaga.

Apa pun yang kamu nikmati saat liburan, hindari perasaan bersalah. Pasalnya, pikiran tersebut akan membentuk lingkaran-lingkaran negatif yang tidak ada ujungnya. Lalui, terima, move on dan kembali ke jalur yang sehat secepatnya. Yang mempengaruhi berat badan (jika ini yang membuat merasa bersalah) bukan makanan-satu-kali, tapi yang kita makan berkali-kali.

Selanjutnya, bahkan jogging sesedikit ini pun ada manfaatnya.

podcast button