5 Jenis Vitamin Terbaik Yang Dapat Membuat Kulit Semakin Sehat

vitamin kulit terbaik
Foto: www.canva.com

Selain melakukan perawatan kulit secara rutin, memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin juga menjadi bagian penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Untungnya, terdapat berbagai vitamin kulit terbaik yang dapat membantumu melawan masalah-masalah kulit.

Vitamin C merupakan vitamin kulit terbaik yang harus tercukupi asupannya. Namun selain itu, terdapat nutrisi lain yang juga harus dipenuhi kadarnya.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan sederet vitamin kulit terbaik yang dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan sempurna.

Vitamin D

Foto: www.canva.com

Jenis nutrisi yang satu ini mendukung metabolisme sel kulit, dan membantu kulit untuk tumbuh sekaligus memperbaikinya. Sehingga ketika tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, hal ini bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Asupan vitamin D yang disarankan untuk tubuh adalah sebanyak 15 mcg per harinya. Namun untungnya, tubuh bisa memproduksi sendiri vitamin D, ini bisa dilakukan dengan membiarkan kulit terpapar sinar matahari.

Ketika sinar matahari diserap oleh kulit, nantinya akan berubah menjadi vitamin D yang kemudian diangkut ke seluruh tubuh untuk menciptakan sel-sel yang sehat, termasuk pada sel kulit.

Selain itu, terdapat sumber vitamin D lainnya yang bisa diperoleh dari bahan makanan, mulai dari produk yang diperkaya dengan susu, sereal, salmon, ikan, dan tuna.

Manfaat vitamin yang satu ini juga bisa membantu mengatasi peradangan kronis. Di mana biasanya peradangan ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit, seperti jerawat hingga eksem.

Menurut sebuah penelitian, menggunakan krim yang mengandung vitamin D dan E dapat membantu mengatasi dermatitis atopik atau eksem yang terjadi akibat adanya peradangan.

Vitamin C

vitamin kulit terbaik
Foto: www.canva.com

Vitamin C merupakan antioksidan terbaik, di mana dapat mengatasi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan oksidatif ini dapat berdampak pada munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Karena antioksidan yang terkandung di dalam nutrisi ini memiliki peran dalam memproduksi kolagen, nantinya nutrisi ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Sehingga tak jarang beberapa produk perawatan kulit menggunakan vitamin C sebagai salah satu bahan utamanya.

Mengonsumsi vitamin kulit terbaik dengan kadar yang cukup juga dapat meningkatkan efektivitas dari tabir surya, di mana dapat memaksimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Rekomendasi asupan vitamin C yang cukup adalah sebanyak 90 mg untuk laki-laki dan 75 gram untuk perempuan per harinya. Jumlah ini akan semakin meningkat bagi ibu hamil dan menyusui.

Dengan mengaplikasikan vitamin C secara topikal atau langsung ke kulit, hal ini dapat meningkatkan elastisitas dan membantu kulit terlihat lebih cerah.

Bahkan sebuah studi menemukan fakta bahwa produk perawatan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit selama tiga jam setelah pemakaian.

Karenanya, tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan vitamin C lebih banyak,. Hal ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut, mulai dari jeruk, stroberi, brokoli, bayam, lemon, dan lainnya.

Selain itu cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C di dalamnya.

Vitamin E

vitamin kulit terbaik
Foto: www.canva.com

Seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Di mana memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Nantinya vitamin E dapat menyerap sinar UV yang berbahaya, kemudian meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari tersebut. Sehingga bisa membantu mencegah bintik hitam serta kerutan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa vitamin E dapat membantu penyembuhan luka, terutama bila dikombinasikan dengan vitamin C dan seng. Ini bisa membantu mengobati jerawat dan beberapa luka yang ada di kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, setelahnya vitamin E dapat membantu mengatasi kekurangan sebum. Sehingga menjaga kondisi kulit dan mencegahnya mengalami kekeringan.

Kadar vitamin E yang diperlukan oleh tubuh adalah sebanyak 15 mg per hari. Untungnya, terdapat berbagai cara untuk mencukupi kebutuhan dari nutrisi yang satu ini, mulai dengan mengonsumsi kacang dan biji-bijian, seperti almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E dan vitamin C.

Vitamin K

Foto: www.canva.com

Meski vitamin K sangat penting dalam membantu proses penyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi, namun ternyata nutrisi ini juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit tertentu. Mulai dari stretch mark, bekas luka, noda gelap, hingga lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka disarankan agar mencukupi kebutuhan nutrisi ini dengan tepat. Rekomendasi kadar vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebanyak 120 mcg pada laki-laki dewasa dan 90  mcg pada perempuan dewasa.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin K, seperti kubis, bayam, selada, dan kacang hijau. Selain itu, gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung nutrisi yang satu ini.

Vitamin B

Foto: www.canva.com

Beberapa vitamin B juga ternyata dapat meningkatkan kesehatan kulit. Salah satunya adalah turunan vitamin B3 atau niacinamide yang bisa membantu mengatasi beberapa tanda-tanda penuaan.

Menurut sebuah penelitian, nutrisi tersebut dapat mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan bentuk perubahan warna kulit. Selain itu, asam folat juga bisa memperbaiki tanda-tanda penuaan.

Para peneliti menemukan fakta bahwa krim yang mengandung asam folat dan creatine, dapat mendukung pembetukan kolagen. Di mana semakin bertambahnya usia maka kolagen di dalam tubuh cenderung menurun sehingga menyebabkan munculnya kerutan pada kulit.

Pada vitamin B5 atau asam pantotenat, nutrisi ini dapat membantu mengatasi jerawat dan tanda-tanda penuaan dini. Menurut sebuah studi, krim kulit yang mengandung vitamin E, B5, dan B3 dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit dalam waktu enam minggu.

Kesimpulan

vitamin kulit terbaik
Foto: www.canva.com

Terdapat banyak vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Oleh karenanya, ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tercukupi, maka hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit.

Mulai dari vitamin D, C, E, K, dan B kompleks, terdapat berbagai nutrisi yang ternyata memiliki peran penting terhadap kulit. Untungnya, kamu bisa memastikan asupannya tercukupi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan bernutrisi. Jika masih ragu, jangan sungkan untuk menghubungi dokter spesialis kulit agar nantinya kamu bisa menemukan produk yang tepat untuk kulit.