9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung

inspirasi taman gantung di rumah
Foto: www.canva.com

Meski memiliki hunian minimalis, namun ini bukan menjadi salah satu alasan untuk tidak menambahkan lahan hijau di dalam rumah. Karena kamu masih bisa menghadirkan taman gantung yang pastinya bisa menghemat ruang.

Menariknya, taman gantung ini bisa diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan selera.

Hampir sama fungsinya seperti taman vertikal, taman gantung juga tidak akan menghabiskan banyak ruang untuk memilikinya. Sehingga sangat cocok untukmu yang ingin memiliki taman dengan lahan yang terbatas.

Hadirkan Tanaman Rempah

inspirasi taman gantung di rumah
Foto: www.pinterest.com/The Home Depot

Jika kamu ingin memiliki taman yang fungsional, maka cobalah untuk menghadirkan kebun yang dipenuhi dengan rempah-rempah mini. Letakkan beberapa tanaman gantung di area dapur.

Ini bisa menjadi ide yang paling baik, sebab dapat membantumu selalu memiliki bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk memasak. Sehingga tidak perlu panik jika salah satu bumbu dapur habis.

Pilihlah pot dengan ukuran yang sesuai dengan area dapur, supaya nantinya terlihat lebih rapi, tidak berlebihan, dan tetap terasa asri.

Buat Taman di Sudut Ruangan

inspirasi taman gantung di rumah
Foto: www.pinterest.com/Amazon Fashion

Jika kamu memiliki hunian yang minimalis, maka biasanya tiap ruangannya hanya memiliki dekorasi yang diperlukan. Namun jika kamu ingin menambah dekorasi ruangan dengan cara yang sederhana, cobalah untuk menghadirkan taman gantung di sudut ruangan.

Ini bisa menjadi langkah terbaik untuk menghemat ruangan namun tetap memberikan unsur yang estetik. Agar lebih sesuai, maka kamu bisa memilih cat ruangan berwarna hijau.

Supaya tidak terlihat kosong, tambahkan kursi dan meja di dekatnya. Sehingga nantinya sudut ruangan ini bisa dijadikan tempat membaca atau bersantai yang asri.

Pilih Tanaman Sukulen

inspirasi taman gantung di rumah
Foto: www.pinterest.com/Elizabeth Halford

Selain karena bentuknya yang cantik, sukulen juga bisa menjadi salah satu tanaman yang digantung. Karena jenis tanaman yang satu ini memiliki banyak keunggulan.

Mulai dari menyaring udara, memperbaiki kelembapan dalam ruangan, hingga menambah suasana rumah agar terkesan lebih segar.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menggantung tanaman sukulen, alih-alih hanya menyimpannya di pot kecil atau terarium.

Variasikan beberapa jenis dan warna, dan mulai letakkan secara rapi dan unik. Agar nantinya bisa menambah estetika hunian.

Kombinasikan dengan Pot Duduk

kombinasikan dengan pot duduk | | 9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung
Foto: www.pinterest.com/Sprucing Up Mamahood

Selain menghadirkan tanaman dengan cara digantung, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan menambahkan beberapa pot duduk pada area kosong. Hal ini bisa membuat ruangan tampak lebih natural dan asri.

Jika ingin terlihat lebih alami, maka tambahkan sofa dan kursi santai. Agar nantinya bisa dijadikan sebagai tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu.

Biarkan ruangan dipenuhi dengan nuansa earthtone supaya nantinya ruangan terasa semakin menarik dan lebih asri.

Penuhi Area Dinding

penuhi area dinding | | 9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung
Foto: www.pinterest.com/Roya

Menghadirkan tanaman gantung di dekat dinding bisa menjadi salah satu cara ideal untuk membantu mata agar beristirahat. Apalagi jika kamu selama seharian berada di depan layar komputer.

Namun pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan bermanfaat. Serta pastikan media tanamnya bisa menopang tumbuh kembang tanaman secara maksimal.

Salah satu tanaman yang bisa kamu pilih untuk digantung dekat dinding adalah tanaman pakis atau bunga geranium yang dapat mencegah hadirnya nyamuk. Atau bisa juga dengan menghadirkan bunga lavender yang bisa membuat ruangan lebih rileks.

Gunakan Bingkai Kayu

gunakan bingkai kayu | | 9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung
Foto: www.pinterest.com/WITH MY BARE HANDS

Jika ini pertama kalinya kamu memiliki tanaman gantung, disarankan untuk mengawalinya dengan desain yang sederhana. Seperti menggunakan bingkai kayu untuk mempercantiknya.

Pilihlah bingkai kayu untuk lebih terlihat rustic. Namun jika ingin tampak menghiasi hunian maka pilih bingkai kayu dengan warna-warni.

Pastikan kamu mengukur terlebih dahulu bingkai tersebut agar sesuai dengan tanaman yang akan digantung. Tatalah sesuai dengan seleramu,

Gantung Terarium

gantung terarium | | 9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung
Foto: www.pinterest.com/Interior Design Inspiration

Berniat untuk memeberikan dekorasi yang unik dan berbeda? Cobalah untuk menggantungkan tanaman dengan menggunakan pod.

Pod merupakan wadah bulat yang terbuat dari material plastik atau kaca. Di mana biasanya digunakan sebagai tempat untuk membuat terarium.

Supaya tambah sempurna, maka letakkan beberapa lampu untuk memberikan sentuhan yang hangat dan nyaman. Dijamin semua anggota keluarga akan senang menghabiskan waktu di rumah.

Gunakan Papan Kayu

inspirasi taman gantung di rumah
Foto: www.pinterest.com/Urban Outfitters

Untukmu yang memiliki tanaman di dalam pot dan berniat untuk mengubahnya menjadi tanaman gantung, maka cobalah ide yang satu ini. Gunakan papan kayu yang dibuat disesuaikan bentuknya dengan pot tersebut.

Kemudian ikatlah papan tersebut dengan tali nilon untuk menggantungkannya. Di jamin nantinya ini bisa menambah dekorasi ruangan menjadi lebih estetik.

Beruntungnya, kamu bisa menggunakan jenis tanaman apa pun. Namun ada baiknya untuk memilih tanaman yang mudah untuk dirawat.

Gantung dengan Pot Besi

menggantungnya dengan pot besi | | 9 Cara Menghadirkan Area Hijau Di Rumah Dengan Taman Gantung
Foto: www.pinterest.com/the plantTings

Untukmu yang senang dengan nuansa industrial, rasanya perlu menerapkan model taman gantung yang satu ini. Gunakan pot besi yang ringan dan pilihlah beberapa tanaman yang mudah untuk dirawat.

Jangan lupa untuk menatanya dengan rapi supaya terlihat menarik. Kamu juga bisa menambahkan unsur kayu di sekitarnya untuk membuatnya tampak lebih sempurna.