7 Cara Keren Memakai Kalung Emas Setiap Hari

kalung emas
Foto: www.unsplash.com

Kebanyakan orang akan memilih gaya berpakaian yang mencerminkan suasana hatinya. Mulai dari mengenakan celana jeans, blus, hingga gaun, terdapat berbagai cara yang bisa kamu kenakan dengan berbeda setiap harinya. Namun, ada satu hal yang bisa dikenakan secara terus-menerus, yakni kalung emas.

Salah satu alasan untuk tidak melepaskan perhiasan ini adalah karena menjadi item yang serbaguna, dan cocok untuk dikenakan dalam semua nada dan warna. Tak hanya itu, kalung emas juga tak lekang oleh waktu, sehingga kamu bisa menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Terus gulir artikel ini sampai habis karena dijamin kamu tidak akan mau melepaskannya.

Cara Trendi Memakai Kalung Emas

Foto: www.unsplash.com

Kenakan Kalung Berlapis

Kalung berlapis merupakan salah satu trik styling yang wajib kamu coba. Karena aksesoris ini akan mempercantik penampilanmu, baik itu ketika menggunakan kaus atau blazer polos.

kalung emas
Pomelo – Heart Pendant Layered Necklace
Vero Moda – Open Blazer

Gunakan Pendant

Cobalah gunakan rantai liontin emas, karena gaya ini kembali menjadi tren beberapa tahun belakangan. Liontin antik yang terinspirasi dari pendants ini akan cocok untuk dikenakan sehari-hari. Kesan vintage nan elegan pun akan terpancar pada penampilanmu.

kalung emas
Marc Jacobs – Coin Crystal Pendant Necklace
Locally Blend – Manika Pyrite in The Cage Necklace

Kalung Emas dengan Setelan Rok

Ketika kamu berniat untuk tampil dengan gaya kasual, maka cobalah untuk mengenakan setelan rok dan menambahkan perhiasan emas. Agar terkesan lebih santai, jangan lupa untuk melengkapi penampilan dengan menggunakan model rambut yang berantakan.

kalung emas
ALDO – Aroedda Necklace
Cotton On – Ultimate Knit Midi Skirt

Pasangkan Perhiasan Rantai

Agar tidak terkesan menoton, maka kamu bisa menggunakan kalung rantai. Cukup padukan dengan busana yang lebih kasual seperti mengenakan turtleneck dan celana pendek misalnya. Supaya lebih stylish, maka pasangkan sepatu boots warna netral.

Violeta by Mango – Link Chain Necklace
Dr. Martens – Core Originals 6-Eye Boots

Padukan Kalung Emas dengan Celana Jeans

Bandingkan atasan bustier dengan jeans longgar yang santai. Apalagi jika kamu berniat untuk pergi keluar rumah untuk berkumpul dengan sahabat, maka menambahkan kalung dengan rantai tebal merupakan opsi yang terbaik.

kalung emas
ZARA – Kalung Tautan
H&M – Mom High Ankle Jeans

Kombinasikan Kalung dengan Kemeja Panjang

Untukmu yang harus pergi keluar rumah dengan tampilan formal, maka memilih kemeja panjang berwarna cerah merupakan pilihan yang tepat. Biarkan kancing bagian atas terbuka agar kalung emas yang kamu gunakan bisa terlihat oleh orang lain.

kalung emas
Glamorousky – Fashion Elegant Plated Gold Water Drop Pendant with Necklace
9 to 12 – Duma Kemeja Oversized

Kalung Emas dan Sandal Rata

Mengenakan sandal rata akan terkesan berbeda ketika kamu mengombinasikannya dengan tank top asimetris, celana pendek chino, dan kalung rantai yang elegan. Meski bergaya sederhana, namun dengan menambahkan perhiasan emas pastinya membuatmu akan terkesan lebih glamor.

kalung emas
Mango – Flower Beads Necklace
RUBI – Cushy Crossover Slides

Tips Memilih Kalung Emas

Foto: www.unsplash.com

Untukmu yang tertarik menambahkan kalung emas pada penampilan sehari-hari, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Pilihlah model

Jika kamu ingin memakai kalung emas untuk keperluan sehari-hari maka pertimbangkan jenis kalung apa yang tahan lama untuk digunakan. Selain itu, kamu juga bisa memilih perhiasan dengan model yang disukai, agar terhindar dari rasa bosan.

Tentukan warna kalung

Ketika mendatangi toko perhiasan, kamu akan disuguhkan dengan tiga warna emas yang paling banyak digunakan. Mulai dari yellow gold, white gold, hingga rose gold, warna-warna ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Sesuaikan dengan warna kulit

Meski sebenarnya tidak ada aturan pasti, namun kamu bisa memilih kalung emas sesuai dengan warna kulit. Hal itu bertujuan untuk memancarkan keindahan dari perpaduan perhiasan dan kulit.

Perhatikan kadar emas

Sejatinya, kadar emas yang ada di dalam perhiasan sangatlah berbeda-beda. Sementara untuk emas murni, merupakan logam yang lunak dengan kadar 24 karat. Ketika dibentuk sebagai perhiasan, biasanya emas akan dicampur dengan logam lain agar lebih kuat saat digunakan. Sehingga hal ini yang menimbulkan perbedaan kadar pada perhiasan.

Tips Merawat Kalung Emas Agar Tetap Berkilau

kalung emas
Foto: www.freepik.com

Untuk memiliki kalung emas yang tetap berkilau, kamu perlu merawatnya secara teratur.

Pilih cairan pembersih yang tepat

Jika kamu berniat untuk membersihkan emas di rumah, maka siapkan cairan pembersih yang bisa dibuat sendiri.

Campuran soda dan detergen

Salah satu alternatifnya adalah mencampurkan detergen dengan soda ke dalam suatu wadah. Kemudian, aduk hingga rata dan kamu bisa mulai memasukkan perhiasa ke dalam cairan tersebut.

Setelah menunggu sekitar 10-20 menit, angkat kalung emas dan sikat dengan bulu yang lembut secara perlahan. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Sabun cuci piring

Jika kamu tidak ingin repot untuk membersihkan kalung emas, maka cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring dan air. Setelah diaduk secara rata, rendam perhiasanmu selama lima menit. Kemudian, sikat dengan lembut dan perlahan untuk mengangkat noda dan kotoran.

Jangan bersihkan hiasan dengan air mendidih

Ketika perhiasanmu dilengkapi dengan batu permata, maka hindari membersihkan kalung emas menggunakan air mendidih. Sebab, air bersuhu panas bisa merusak perhiasan tersebut, seperti membuat logamnya memuai, melunturkan lem, hingga membuat batu permata terlepas dari tempatnya.

Namun jika kamu ingin membersihkan kotoran yang menempel, disarankan untuk menggunakan air biasa yang cenderung hangat. Kemudian lakukan pembilasan yang perlahan dan jangan terlalu lama. Hal ini untuk menghindari batu permata yang copot.

Lepaskan perhiasan ketika mandi

Sabun mandi, sampo, dan beberapa produk lain mengandung bahan kimia yang dapat membuat kilauan emas menjadi pudar. Untuk itu, kamu perlu melepas perhiasan ketika mandi agar tidak sering terpapar bahan kimia.

Simpan kalung emas dengan tepat

Saat kalung emas tersebut tidak digunakan, disarankan untuk menyimpannya dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kotak perhiasan untuk menyimpan perhiasan tersebut.

Selain itu, letakkan sesuai dengan jenisnya dan jangan dibiarkan menumpuk. Karena perhiasan yang menempel akan membuat warnanya menjadi pudar.