Ini 12 Cara Memilih Wallpaper agar Rumah Makin Cantik

wallpaper cantik
Foto: www.rawpixel.com

Dinding rumah memang menjadi salah satu bagian yang paling jelas terlihat. Untuk itu, biasanya dinding menjadi area yang tidak boleh terlewatkan untuk didesain sedemikian rupa agar lebih menarik. Mulai dari dicat dengan warna yang netral, dibiarkan terekspos, hingga dilapisi dengan wallpaper cantik.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menambahkan wallpaper pada dinding rumah karena memang praktis dan lebih aman untuk kesehatan, karena tidak memiliki kandungan kimia sebanyak cat dinding. Tak hanya itu, warna dan motif wallpaper juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Berikut 12 tips memilih wallpaper cantik untuk melapisi dinding ruangan.

Sesuaikan dengan Karakter Penghuni

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/Lindsay Saccullo Interiors LLC

Terdapat beberapa hal yang dapat memengaruhimu ketika memilih warna dan motif dari wallpaper, salah satunya adalah menyesuaikannya dengan karakter penghuni rumah. Kamu bisa mempertimbangkannya mulai dari warna kesukaan atau motif dengan karakter kartun kesayangan.

Namun ketika memilih wallpaper cantik untuk ruangan yang digunakan bersama, maka ada baiknya untuk menggunakan warna dan motif yang netral atau sesuai dengan kesepakatan seluruh anggota keluarga. 

Gunakan Warna Terang

Foto: www.pinterest.com/Arsenic Lace

Jika kamu memiliki ruangan yang sempit, maka hal paling dasar untuk membuatmu dapat leluasa untuk bergerak adalah dengan menggunakan warna cerah. Mulai dari putih, biru muda, kuning, atau hijau terang, warna-warna ini dapat menciptakan efek ilusi, sehingga ruangan akan terkesan luas.

Usahakan untuk menghindari motif yang terlalu ramai. Karena hal ini hanya akan membuat ruangan semakin terasa sempit.

Baca Juga :  12 Paduan Warna Terbaik Untuk Kuning Lemon

Sesuaikan dengan Jenis Ruangan

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/insideout.com.au

Mulai dari dapur, ruang tamu, kamar, hingga ruang bermain anak, tentunya terdapat beberapa jenis ruangan yang ada di dalam rumah. Untuk itu, kamu bisa menyesuaikan motif dan warna wallpaper pelapis dinding dengan jenis ruangan.

Untuk dapur dan ruang tamu, sangat cocok untuk menggunakan warna akromatik seperti hitam, putih, atau abu-abu. Sementara untuk kamar tidur dan ruang bermain anak, cobalah gunakan warna cerah dan lembut dengan berbagai motif yang akan membuat penghuni merasa nyaman.

Pakai Wallpaper Warna Gelap untuk Ruangan Luas

Foto: www.pinterest.com/Lime Lace - Home Interiors

Ketika memiliki ruangan yang cukup luas, tentu hal ini menjadi nilai lebih karena kamu dapat dengan bebas menggunakan wallpaper dengan berbagai macam warna dan motif. Namun, jika kamu terlalu malas untuk menambahkan interior, maka pilihlah wallpaper dengan warna gelap seperti cokelat, navy, atau abu-abu.

Selain itu, kamu juga dapat memilih motif yang berukuran besar atau penuh, agar membuat ruangan tidak terlihat terlalu kosong dan seimbang. Jika ingin terkesan lebih natural, maka kamu bisa memilih wallpaper cantik dengan gambar pemandangan atau dengan nuansa alam.

Pilih Motif Bunga untuk Kesan Vintage

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/Samantha Santana

Jika kamu memiliki konsep ruangan dengan interior vintage, maka wallpaper dengan motif bunga merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, ruangan bergaya vintage identik dengan kelembutan. Agar lebih menunjang tampilan ruangan, maka kamu bisa memilih warna hijau telur asin, peach, krem, atau warna pastel lainnya.

Cari Wallpaper Kayu untuk Nuansa Skandinavia

Foto: www.pinterest.com/World of Wallpaper

Ruangan bergaya skandinavia memang masih banyak digemari oleh sebagian orang. Pasalnya, model ini kental dengan nuansa natural dengan penggunaan kayu sebagai material yang mendominasi ruangan.

Jika kamu khawatir ketika harus menggunakan material kayu karena membutuhkan perawatan yang khusus, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan wallpaper dinding dengan motif kayu. Namun pastikan kamu memilih motif yang tidak terlalu ramai agar tidak terlihat berlebihan.

Pilih Aksen Emas untuk Kesan Mewah

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/Audenza

Biasanya, ruangan dengan gaya Victoria akan identik dengan kemewahan serta ukiran yang rumit sebagai hiasannya. Untuk itu, kamu bisa memilih wallpaper cantik dengan latar belakang berwarna merah, putih, atau biru, dengan aksen berwarna emas atau silver yang mewah.

Baca Juga :  Paduan Warna Cat Ruang Tamu yang Tidak Akan Pernah Salah

Tambahkan beberapa dekorasi mewah yang dapat melengkapi ruangan, seperti tirai yang menjuntai hingga cermin.

Pakai Motif Horizontal untuk Plafon Tinggi

Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Untukmu yang memiliki plafon rumah yang tinggi namun berukuran sempit, maka cobalah menggunakan wallpaper dengan motif horizontal yang tidak terlalu ramai. Seperti motif garis-garis mendatar atau bunga-bunga yang tidak terlalu rapat.

Pasalnya ketika menggunakan motif ramai, maka akan membuat ruangan terkesan semakin sempit. Selain itu, kamu juga bisa memilih warna yang terang untuk memengaruhi efek ilusi, sehingga ruangan terasa lebih luas.

Pasang Motif Vertikal untuk Ruangan Beratap Rendah

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/Bria Hammel Interiors

Jika kamu memiliki ruangan dengan atap rendah, maka motif vertikal atau garis yang tegak merupakan pilihan yang pas ketika ingin memilih wallpaper. Seperti motif garis-garis vertikal, motif pohon, atau motif lainnya yang memiliki bentuk memanjang ke atas.

Dengan begitu, maka ruangan akan terlihat lebih tinggi dan tidak terasa sumpek. Pilihlah warna wall covering yang lebih tua dibanding warna langit-langit ruangan.

Sesuaikan dengan Furnitur

Foto: www.pinterest.com/decoratrend.com

Untuk membuat tampilan ruangan terkesan senada dan menarik, maka kamu bisa menyesuaikan wallpaper dengan furnitur yang ada di dalam ruangan, mulai dari pintu, jendela, dan benda lainnya. Jika ruangan menggunakan furnitur dengan motif yang ramai, maka pilihlah pelapis dinding yang polos dengan warna netral.

Sementara ketika furnitur yang digunakan memiliki motif sederhana, maka saatnya kamu menambahkan wall covering dengan warna yang mencolok dan bermotif penuh.

Wallpaper Berbahan Vinyl untuk Kamar Mandi

wallpaper cantik
Foto: www.pinterest.com/Glitter & Gingham // a life & style blog

Tak hanya di ruangan yang kering, area kamar mandi pun tetap bisa menggunakan wallpaper agar terlihat lebih indah. Namun, kamu perlu memilih pelapis dinding dengan bahan yang tahan kelembapan dan anti air, seperti vinyl misalnya.

Baca Juga :  9 Inspirasi Kamar Mandi dengan Desain Modern

Pilihlah motif yang sederhana dengan nuansa alam yang lembut untuk digunakan pada dinding kamar mandi.

Pertimbangkan Unsur Pencahayaan

Foto: www.pinterest.com/Greenleaf Gifts

Pencahayaan yang menerangi ruangan juga dapat menjadi salah satu faktor penting ketika kamu memilih wall covering. Untuk ruangan dengan minim cahaya, maka pilihlah wallpaper dengan warna terang, seperti kuning, oranye, atau warna mencolok lainnya.

Tips Merawat Wallpaper Dinding

wallpaper cantik
Foto: www.rawpixel.com

Untuk mempercantik dinding, tentu penggunaan wall covering membutuhkan perawatan agar bisa tahan lama dan tetap cantik.

Wallpaper berbahan kertas

Jika kamu menggunakan pelapis dinding berbahan kertas, maka perlu perhatian ekstra ketika ingin membersihkannya. Pasalnya, wallpaper ini cukup rapuh. Untuk itu, gunakan lap kain yang kering dengan tekstur halus untuk membersihkan permukaannya.

Untuk membersihkan permukaannya, maka gunakan lap kain yang kering dengan tekstur halus. Sementara untuk membersihkan area yang tinggi, maka kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti berdiri di tangga susun atau menggunakan sapu yang dibalut dengan kain.

Bahan vinyl

Wallpaper berbahan vinyl biasanya memiliki lapisan akrilik pada permukaannya, sehingga tahan terhadap suhu lembap, air, dan noda minyak. Untuk menjaga lapisannya, kamu perlu menghindari spons kasar, batu apung, atau alat pembersih lainnya yang bertekstur kasar.

Cukup gunakan kain kapas atau spons lembut yang telah dibasahi oleh air hangat dan campuran sabun untuk membersihkannya.

Bahan anyaman

Biasanya pelapis dinding yang menggunakan bahan anyaman serat akan sulit untuk dibersihkan dan dirawat. Karena pada bahan ini terdapat celah yang dapat dimasuki oleh debu dan kotoran. Namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan lap yang telah dibasahi air, sehingga akan menjadi lembap dan lebih mudah untuk membersihkannya.

Bahan kain

Cara mudah merawat dan membersihkan wallpaper berbahan kain adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun jika terdapat noda bandel yang sulit dihilangkan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan sikat halus dan menggosoknya secara perlahan.