11 Cara Mengenakan Pakaian Berbahan Velvet ke Pesta atau Nongkrong

bahan velvet
Foto: www.gettyimages.com

Dari berbagai jenis bahan pakaian yang ada, beludru menjadi kain klasik yang akan membuatmu terkesan elegan meski menggunakan pakaian yang sederhana. Akan tetapi, bahan velvet juga sering kali dihindari oleh orang-orang karena sulit untuk mencari paduan yang tepat.

Biasanya, kain ini identik digunakan untuk acara-acara khusus. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan beludru dalam tampilan sehari-hari untuk menambahkan sentuhan yang glamor. Berikut 11 cara mengenakan bahan velvet yang bisa kamu tiru.

Gaun Mini

Gunakan turtleneck berwarna krem dan lapisi dengan gaun beludru mini berwarna biru tua yang memiliki potongan lengan panjang. Kemudian, tambahkan celana legging yang ketat dan pasangkan dengan sepatu loafers klasik untuk menambahnya terlihat lebih menarik. Tampilan yang anggun ini bisa kamu kenakan ketika harus pergi ke kantor.

Marks & Spencer – Velvet Tea Dress
Dr. Martens – Tassel Loafer

Knotted Headband

Untukmu yang masih ragu untuk menggunakan bahan velvet, maka menambahkan ikat kepala berbahan beludru merupakan opsi yang tepat. Cobalah untuk mengenakannya bersamaan dengan blazer kotak-kotak yang dipasangkan dengan celana kulot yang menjadi favoritmu.

bahan velvet
LOOP AND HOOP – Korean Style Bandana
Mango – Cotton Culotte Trousers

Blazer

Ternyata bahan velvet juga sangat sempurna untuk dikenakan pada siang hari. Jika kamu ingin mencobanya, maka cukup gunakan ruffled blouse berwarna putih lalu pasangkan blazer beludru warna hijau emerald. Kemudian tambahkan celana jeans dan ankle boots warna hitam.

ZARA – Kemeja Renda dengan Linen
bahan velvet
Marks & Spencer – Velvet Double Breasted Blazer with Silk

Setelan Beludru

Untukmu yang kesulitan mencari paduan bahan velvet, cukup gunakan setelan beludru dengan warna yang cerah, seperti biru atau warna merah. Lalu sertakan tas kecil sebagai aksesoris dan jangan lupa untuk menambahkan sandal tinggi warna netral agar penampilanmu tidak terlalu mencolok.

bahan velvet
ZARA – Jaket Bomber Beludru
ZARA – Celana Panjang Beludru

Blush Velvet

Mendapat undangan pesta di malam hari? Ini saat yang tepat untuk memamerkan bahan beludru yang glamor. Ambil blush velvet dress, kemudian padukan dengan tas berwarna pastel dan sepatu flat dengan model yang unik.

bahan velvet
H&M – V-neck Dress
Byo – BYO Star Wars BB8 Anatomy Clutch

Sandal Platform

Aksesoris yang terbuat dari bahan velvet mungkin akan sempurna untuk digunakan ketika menghadiri acara yang formal. Namun, kamu tetap bisa mengenakannya untuk beraktivitas sehari-hari seperti mengenakan sandal platform beludru untuk hang out di akhir pekan misalnya. Pasangkan dengan boyfriend jeans serta atasan berwarna netral yang simpel.

The Pink Label – Waist Kupnat Boyfriend Jeans
bahan velvet
H&M – Velour Mules

Sepatu Boots

Selain berbahan kulit, sepatu boots beludru juga mulai banyak diminati. Pasalnya alas kaki bahan velvet ini akan menjadikan penampilanmu terkesan elegan nan glamor. Cukup pasangkan ankle boots warna hitam dengan rok panjang. Lalu, kenakan kemeja putih yang diselipkan ke dalamnya.

Vero Moda – Frenchy High Waist Calf Skirt
bahan velvet
GUCCI – GG Marmont Velvet Women’s Boots in Red

Celana Panjang

Untukmu yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, tidak ada salahnya untuk memakai celana yang terbuat dari bahan beludru. Jika dirasa terlalu polos dan membosankan, maka kamu bisa memilih celana panjang velvet dengan tambahan motif di dalamnya.

Mango – Basic T-shirt
Puma Select – Puma x Charlotte Olympia TFS AOP Track Pants

Rok Beludru

Rok klasik yang terbuat dari bahan velvet ini akan terlihat sempurna untuk dikenakan dalam berbagai acara. Mulai dari meeting di kantor hingga pergi berlibur, kamu bisa menggunakannya dengan nyaman. Padukan rok dengan crop top kesayanganmu, kemudian pasangkan dengan sandal bertali.

Marks & Spencer – Velvet Pleated Skirt
ZARA – Sandal Rata Kulit Ikatan Tali

Tas Kecil

Menambahkan aksesoris ke dalam penampilan, terkadang menjadi hal penting yang bisa memengaruhi penampilan. Dari semua item yang ada, kamu bisa memilih tas kecil berbahan beludru untuk menunjang outfit yang digunakan.

Pop & Suki – Takeout Bag
Coccinelle – Kalliope Velvet Clutch

Sweatshirt

Ingin bergaya sporty namun tetap terlihat glamor? Cukup kenakan sweatshirt yang terbuat dari bahan beludru dan kombinasikan dengan celana jogger. Pastikan kamu memasangkannya dengan sepatu sneakers, sehingga nantinya penampilan pun akan terkesan sempurna

ZARA – Sweatshirt Cropped Beludru
Nike – Air Max Infinity 2 Shoes

Tips Merawat Bahan Beludru

Foto: www.gettyimages.com

Ini lima cara merawat bahan beludru agar tetap terasa lembut dan elegan.

Pahami jenis beludru

Sebelum mencuci pakaian bahan velvet, ada baiknya kamu telah mengetahui jenis beludru yang digunakan. Hal ini bisa kamu lihat pada label pakaian. Pasalnya, terdapat dua jenis beludru yang ada, yakni berasal dari sutra alami atau katun dan beludru dari kain sintetis seperti polyester.

Cuci sesuai dengan jenis bahan

Setelah mengetahui jenisnya, maka terdapat tiga cara mencuci bahan beludru yang bisa kamu ikuti.

Cuci manual

Jika jenis beludru yang digunakan terbuat dari sintetis, maka kamu bisa melakukan pencucian secara manual. Gunakanlah deterjen yang lembut atau larutan khusus yang merupakan campuran dari jus lemon dan baking soda.

Celupkan pakaian pada deterjen, kemudian mulai cuci secara lembut. Ketika menuangkan deterjen pun disarankan untuk tidak berlebihan dalam takarannya.

Menggunakan mesin cuci

Bahan beludru sintetis juga bisa kamu bersihkan dengan menggunakan mesin cuci. Gunakan mode delicate pada mesin cuci dan hindari pengeringan otomatis menggunakan mesin. Karena hal tersebut bisa merusak serat dari pakaian.

Cuci dry clean

Untukmu yang memiliki jenis beludru dari sutra alami atau katun, cobalah mencucinya dengan teknik dry clean. Meski membutuhkan biaya lebih, namun membersihkan pakaian dengan teknik ini merupakan hal tepat untuk menjaga kain agar tetap lembut dan tahan lama.

Mengeringkan pakaian

Cara yang paling ideal untuk mengeringkan beludru adalah dengan menggunakan streamer. Nantinya, pakaianmu pun akan terasa lebih halus dan tanpa lipatan. Selain itu, kamu juga bisa mengeringkannya dengan menjemur bahan velvet tanpa harus terkena sinar matahari seccara langsung.

Tidak perlu disetrika

Pakaian yang terbuat dari beludru pada dasarnya tidak perlu disetrika. Karena, panas dapat merusak permukaan kain dan meninggalkan bekas. Jika baju tampak kusut, cukup balikkan baju dan gunakan steamer untuk merapikannya.

Menyimpan bahan beludru

Ketika memiliki pakaian berbahan velvet, sebaiknya kamu tidak menyimpannya dengan dilipat. Karena, nantinya akan merusak bahan dan bentuk dari beludru. Cukup gantung pakaian agar bentuk dan bahannya bisa lebih tahan lama.