Apakah Aman Traveling di Era Coronavirus?

traveling saat coronavirus
Foto: www.unsplash.com

Pertama dan utama, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kemungkinan besar risiko kamu terinfeksi virus ini tetap rendah. Terkecuali, kamu di area coronavirus sedang menyebar. Atau, baru saja traveling ke/dari sebuah area yang mengalami penyebaran virus ini. Jadi, apakah aman untuk traveling saat coronavirus menyebar?

Jawaban singkatnya: tergantung siapa kamu, ke mana kamu pergi, kapan kamu pergi dan bagaimana kamu pergi ke sana.

Sebagai informasi, lima negara yang paling banyak jumlah orang yang terinfeksi COVID-19 adalah China, Korea Selatan, Jepang, Iran dan Italia. Contohnya, jika kamu traveling ke Italia untuk menonton sepakbola, berita terbaru adalah semua pertandingan bola dan olahraga besar tidak akan terjadi sampai 3 April.

Meski begitu, dalam sebuah pernyataannya pada 29 Februari lalu, WHO masih menyarankan kepada negara-negara untuk tidak memberlakukan pembatasan travel atau perdagangan. Alasannya bukan semata-mata karena masalah liburan, tapi jika ada pembatasan gerakan orang dan komoditas selama masa sulit ini efeknya bisa lebih besar. Yakni, bisa melukai perekonomian dan industri lokal.

Masih tetap mau jalan-jalan? Pastinya keputusan akhirnya ada di tanganmu. Seandainya kamu memang harus traveling atau sudah tidak sabar jalan-jalan, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan.

Pertimbangkan kondisi kamu sebelum traveling. Termasuk usia, kondisi fisik dan medis. Sebagai informasi, orang tua dengan kondisi tidak sehat, sebaiknya tidak mengunjungi negara-negara terinfeksi coronavirus. Intinya, pergunakan akal sehat.

Lakukan personal higienis dengan seksama dan teratur. Yep, cuci tangan lebih sering dengan sabun dan air mengalir. Jauhkan diri dari orang yang sedang sakit. Lakukan ini saat berada di dalam dan luar negeri.

Jika kamu khawatir, jadwal ulang perjalananmu. Tunda sampai kondisi lebih kondusif.

Hubungi maskapai dan perusahaan asuransi. Cari tahu informasi sebanyak mungkin dan tanyakan apa saran mereka. Pikirkan dan pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan traveling.

Cari informasi dari sumber-sumber terpercaya. Dari situs WHO, pemerintah, dan saluran resmi lainnya.

Selanjutnya: ini daftar negara termahal di dunia.

podcast button