11 Novel Kehidupan Masa Remaja Yang Wajib Dibaca

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: Istimewa
Terakhir diperbarui:

Membaca novel remaja mungkin akan membuat kita bernostalgia ke masa-masa sekolah. Bahkan tak jarang, kisah-kisah yang dituliskan pun terasa sangat relevan dengan kehidupan di masa lampau.

Lebih menariknya lagi, novel remaja biasanya akan ditulis dengan kalimat ringan dan sederhana, sehingga membuat pembaca mudah untuk memahaminya. Berikut 11 rekomendasi buku masa remaja yang wajib dibaca.

The Perks of Being a Wallflower | Stephen Chbosky

Foto: www.goodreads.com

Charlie sebenarnya memiliki keluarga yang baik-baik saja. Meski begitu, anak laki-laki ini tidak mau mengungkapkan segala kegundahannya kepada orang terdekatnya.

Karena perubahan diri, pergaulan, dan trauma masa lalu, membuat orang tuanya sangat khawatir dengan kepribadian Charlie yang sangat tertutup. Bahkan ia pernah tidak mau berbicara pada siapa pun.

Orang tuanya pun membawa Charlie ke psikolog untuk membantunya mengatasi permasalahan tersebut.

Namun bagi Charlie, cara paling efektif untuk keluar dari masalahnya adalah mencurahkan seluruh isi hatinya ke dalam surat yang dikirimkan pada orang-orang yang tidak ia kenal.

A Wrinkle in Time | Madeleine L’Engle

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: www.barnesandnoble.com

Novel remaja ini mengisahkan tentang Meg Murry dan sang adik bernama Charles Wallace yang sudah tidak pernah bertemu ayahnya selama bertahun-tahun. Ditemani dengan Calvin O’Keeve, mereka bertiga pun mencari sang ayah yang menghilang.

Di dalam perjalanannya, Meg, Charles, dan Calvin bertemu dengan tiga sosok misterius yakni Mrs. Yang, Mrs. Whatsit, dan Mrs. Who. Mereka menunjukkan jalan untuk menemukan ayahnya yang disekap.

Meski ragu-ragu, namun ketiganya pun menelusuri jalan yang penuh dengan rintangan demi bertemu dengan sang ayah.

Ella Enchanted | Gail Carson Levine

Foto: www.goodreads.com

Sejak bayi, Ella telah dianugerahi sifat patuh oleh peri Lucinda. Setelah beranjak remaja, gadis ini pun dikirim oleh ayahnya ke sebuah sekolah kepribadian.

Setibanya di sana, seorang gadis bernama Areida mendekati Ella dan mengajarkannya menjahit. Guru menjahit, musik, menari, dan tata krama selalu takjub dengan kepribadian Ella yang sangat penurut.

Namun suatu hari ia memutuskan untuk melarikan diri dari asrama, dan bertekad untuk menemui ayahnya. Sayang, Ella harus tertangkap oleh bangsa Orge yang ingin memakannya.  

The Golden Compass | Philip Pullman

Foto: www.goodreads.com

Rekomendasi novel remaja selanjutnya adalah The Golden Compass yang mengisahkan kehidupan Lyra yang menyenangkan. Ia sering memanjat atap bersama Roger, menirukan suara burung hantu saat belajar, atau berlarian menyusuri jalan sempit.

Namun pertemuannya dengan Mrs. Coulter mengubah segalanya. Ia meninggalkan sekolah demi pergi ke London untuk mendampingi Mrs. Coulter yang merupakan panutannya.

Di awal, kehidupan baru di London sangat membuat Lyra merasa takjub. Namun sayang semua hal-hal yang menyenangkan ini harus berakhir.

Soalnya, Mrs. Coulter mengadakan sebuah pesta dan di sana Lyra menemukan kisah-kisah baru terkait sosok panutannya ini.

Little Women | Louisa May Alcott

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: www.penguinrandomhouse.com

Meg sebagai anak tertua dan Jo sebagai anak kedua harus bekerja membanting tulang demi menghidupi keluarganya. Meski berada dalam situasi yang sulit, namun sang ibu yakni Mrs. March selalu mengajarkan anak-anaknya untuk saling membantu.

Pada suatu hari, keluarga March mendapatkan kabar bahwa sang ayah yang berada di Washington tengah sakit parah dan meminta sang istri untuk datang ke sana. Kabar ini membuat kehidupan rumah menjadi sangat sedih.

Saat Mrs. March pergi untuk mengunjungi suaminya, Beth yang merupakan anak ketiga tiba-tiba demam setelah menggendong bayi keluarga Hummel.

Lambat laun, keadaan Beth menjadi semakin parah dan sayangnya sang ibu belum juga kembali dari Washington.

The Maze Runner | James Dashner

Foto: www.amazon.com

Sama seperti anak laki-laki lainnya, Thomas yang cerdas pun dikirim ke Glade. Dengan sangat cepat, laki-laki ini belajar mengenai kehidupan di Glade dan bercita-cita untuk menjadi seorang pelari.

Ia sangat yakin bahwa akan ada jalan keluar di balik tembok besar yang selama ini membatasi kehidupan penghuni Glade dengan dunia luar. Tak lama setelah kedatangannya, seorang gadis bernama Teresa juga tiba di Glade.

Hadirnya Thomas dan Teresa membuat kehidupan Gladers menjadi kacau. Mereka semua pun mulai mencari cara untuk keluar dari dunia ini.

The Bad Beginning | Lemony Snicket

Foto: www.goodreads.com

Tiga kakak beradik yakni Violet, Klaus, dan Sunny tak pernah membayangkan jika suatu hari orang tua mereka meninggal dalam kebakaran di rumahnya sendiri.

Sebagai pengacara, Mr. Poe menyampaikan wasiat bahwa mereka tidak bisa menerima kekayaan yang ditinggalkan orang tuanya sebelum Violet sudah cukup umur.

Hak asuh dari ketiga anak ini pun jatuh kepada Count Olaf, yang merupakan seorang aktor teater yang tidak terkenal. Setiap hari, ketiga anak ini harus membersihkan cerobong, membersihkan rumah, hingga memasak.

Pada dasarnya, ketiga bersaudara ini memiliki keahlian masing-masing, Violet yang bisa menciptakan sebuah mesin, Klaus yang senang membaca buku, dan Sunny yang masih bayi sangat senang menggigit.

Namun sayang, mereka terperangkap di bawah asuhan Count Olaf yang kejam.

Thirteen Reasons Why | Jay Asher

Foto: www.goodreads.com

Hannah Baker adalah seorang siswi SMA yang memiliki kehidupan yang menyedihkan. Hingga suatu hari, tiba-tiba Hanna ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya.

Orang tua, teman-teman, dan para guru mengira bahwa Hannah meninggal tanpa alasan.

Akan tetapi seorang laki-laki bernama Clay Jansen yang dulunya menyimpan perasaan terhadap Hannah, tiba-tiba mendapati sebuah kotak sepatu yang di dalamnya berisi tujuh kaset yang dilabeli dengan nomor secara urut.

Terdapat perintah untuk mendengarkan isi kaset tersebut, dan setelahnya harus diberikan kepada orang berikutnya. Saat pertama kali mendengarkan, Clay sangat terkejut karena ia mendengar suara dari Hannah.

Anne of Green Gables | L.M. Montgomery

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: www.penguinrandomhouse.com

Awalnya, Marilla dan Matthew berencana untuk mengasuh anak laki-laki dari panti asuhan. Namun sewaktu menjemput anak tersebut, Matthew sangat terkejut karena yang datang adalah gadis perempuan berambut merah.

Saat pertama kali bertemu dan berbicara dengan gadis yang bernama Anne ini, Matthew merasakan sesuatu yang berbeda dan merasa iba. Anne yang yatim piatu dan selalu berpindah-pindah ini sangat senang ketika diajak tinggal di Green Gables.

Sayangnya Marilla tidak setuju dengan kehadiran Anne yang dianggap tidak bisa membantu dan hanya akan merepotkannya.

Jingga dan Senja | Esti Kinasih

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: www.goodreads.com

Awal mula pertemuan Ari dan Tari memang diawali sewaktu upacara di sekolah.

Saat itu, pemuda itu sangat terkejut ketika mendapati nama lengkap Tari yang hampir serupa dengannya. Akhirnya Ari melakukan segala cara untuk bisa dekat dengan Tari.

Nama lengkap Ari sendiri adalah Matahari Senja, sedangkan Tari adalah Jingga Matahari. Meski sama-sama lahir ketika matahari terbenam, namun keduanya memiliki kepribadian yang sangat berbeda.

Tari adalah remaja yang ceria dan pemberani, sementara Ari merupakan senior yang sering membuat onar. Mengetahui bahwa Ari sering berusaha untuk menarik perhatiannya, Tari pun terus-menerus menghindarinya.

Haru no Sora | Laili Muttamimah

rekomendasi 11 novel remaja
Foto: www.goodreads.com

Novel remaja setebal 295 halaman ini mengisahkan tentang kehidupan Miyazaki Sora yang sejak kecil sangat suka dengan musim dingin. Namun setelah menginjak usia 17 tahun, musim dingin menjadi musim yang paling dibencinya.

Tiga tahun lalu Sora harus hidup dengan penuh penderitaan, menjadi tulang punggung keluarga hingga menjadi pekerja seksual untuk bertahan hidup dan melunasi hutang ayahnya.

Di malam hari ia harus bekerja keras untuk melanjutkan hidup, sedangkan di pagi harinya ia harus menjalankan kehidupan sebagai siswi SMA.

Suatu ketika, seorang anak baru bernama Yoshida Haru menarik perhatiannya. Apalagi semenjak Haru berkata kalau Sora harus mencari kebahagiaannya sendiri.