5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 17 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Ah, 2020 tinggal menghitung hari. Siapa di sini yang mendadak merasa tua? Sebuah penelitian bilang, orang biasanya ‘merasa tua’ saat berusia 37-38 tahun. Meski pola pikir tersebut juga tergantung pada kondisi seseorang. Jika pada usia tersebut sudah melakukan berbagai pencapaian, katanya sih, akan merasa seperti masih ’20an’. Apakah ini sebuah bentuk penghiburan diri? Tergantung. Terutama pada apakah tidurmu cukup hari ini. Pasalnya, ini mempengaruhi level keoptimisanmu setiap pagi. Ha! Anyway, berapa pun usiamu hari ini, pastikan membaca lima kabar terbaru hari ini.

Boeing mempertimbangkan untuk menangguhkan produksi 737 Max.

Penyebabnya: pernyataan Federal Aviation Administration (FAA) minggu lalu yakni yang tidak akan mengijinkan pesawat tersebut untuk kembali mengudara sebelum 2020. Sampai saat ini lebih dari 700 pesawat Max dilarang terbang karena dua kecelakaan fatal yang merenggut 346 nyawa. Selain penangguhan, opsi untuk mengurangi produksi pesawat tersebut juga dipertimbangkan oleh Boeing. Apa pun keputusan yang nantinya diambil oleh Boeing, bisa dipastikan akan memberikan dampak besar terhadap perusahaan tersebut di seluruh dunia. Baca berita lengkapnya di sini.

Pengadilan Filipina menolak kasus penyitaan harta yang melibatkan keluarga Ferdinand Marcos.

Kasus yang berusia 32 tahun ini resmi ditolak oleh pengadilan kemarin karena mengganggap dokumen fotokopi tidak bisa dijadikan bukti. Kasus pun dihentikan. Kasus ini diajukan oleh Presidential Commission on Good Government yang berharap harta Marcos sebesar $3,93 (termasuk rumah, rekening bank lokal dan asing, lukisan, perhiasan) dikembalikan ke negara. Ini adalah penolakan keempat kalinya untuk kasus yang sama sejak Agustus 2019. Meski sudah digulingkan dan diasingkan, keluarga Marcos masih memiliki kekuatan besar di Filipina. Buktinya anaknya yang bernama Ferdinand Marcos Jr adalah kandidat presiden untuk 2022. Baca berita lengkapnya di sini.

Neraca perdagangan Indonesia November 2019 defisit sebesar $1,33 miliar.

Perkembangan ini dipengaruhi kenaikan impor barang konsumsi sesuai pola musiman jelang akhir tahun serta kebutuhan impor untuk kegiatan produktif. Sementara bulan Oktober neraca perdagangan mengalami surplus $0,17 miliar. Bank Indonesia menyatakan bahwa perkembangan ini sejalan dengan prakiraan sebelumnya dan mengindikasikan permintaan domestik tetap baik. Peningkatan impor barang konsumsi menggambarkan daya beli yang tetap terjaga. Baca berita lengkapnya di sini.

Jiwasraya mengaku belum bisa membayar klaim polis jatuh tempo sebesar Rp12,4 triliun untuk periode Oktober – Desember.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko yang juga mengatakan sumber dana untuk pembayaran polis tersebut sejatinya bersumber dari aksi korporasi perseroan; menggandeng investor strategis. Akan tetapi, saat ini perseroan tengah menggelar uji tuntas alias due diligence terhadap lima calon investor yang terdiri dari empat investor luar negeri dan satu dalam negeri. Akan tetapi kalaupun investor masuk awal tahun depan, dana segar ini tidak akan digunakan sepenuhnya untuk melunasi tunggakan klaim nasabah. Karenanya, Jiwasraya meminta izin kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bisa melakukan pembayaran dengan cicilan. Baca berita lengkapnya di sini.

Ratu Elsa dan Putri Anna semakin berkuasa.

Sekuel produksi Disney menjadi film terbaru yang bergabung ke dalam “billion-dollar club” dan merupakan film ke-8 di tahun 2019 yang berhasil mencetak prestasi tersebut. Total, secara global, Frozen 2 berhasil mengumpulkan #1,032 miliar. Di luar Amerika, keberhasilan terbesar terjadi di Cina ($111,5 juta), Korea Utara ($85,4), Jepang ($67,3) dan Inggris ($49,6). Enam tahun yang lalu, Frozen pertama berhasil meraup $1,28 secara global dan menjadi film animasi terlaris sepanjang masa serta mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Best Animated Feature di Oscar. Film lain yang berhasil masuk ke klub ini di tahun ini di antaranya Avengers: Endgame, The Lion King, Spider-Man: Far From Home, Captain Marvel, Toy Story 4, Joker, dan Aladdin. Baca berita lengkapnya di sini.

Sudah selesai membaca lima kabar terbaru hari ini? Nikmati bacaan ini (terutama jika resolusi tahun depanmu adalah ingin menaikkan berat badan) sebelum menghitung hari menuju 2020.