Sering Ditemui di Dapur, Ini 7 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

manfaat sereh
Foto: www.freepik.com

Serai atau yang biasa dikenal dengan sereh mungkin menjadi salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi yang suka memasak atau suka memesan minuman bercita rasa lemongrass. Pasalnya, tanaman tinggi dan bertangkai ini sering ditemui sebagai bahan masakan di dapur. Tidak hanya sebagai penyedap masakan, ternyata manfaat sereh juga dapat kamu rasakan pada tubuh.

Mulai dari obat tradisional, minyak esensial, hingga penambah rasa pada secangkir teh, tanaman ini memiliki banyak dampak baik bagi kesehatan. Dengan memiliki aroma lemon segar yang khas, menjadikan tanaman ini juga dinamai sebagai lemongrass. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan manfaat sereh bagi tubuh.

Apa Manfaat Sereh Bagi Kesehatan?

manfaat sereh
Foto: www.rawpixel.com

Berikut 7 manfaat sereh yang bisa dirasakan tubuh.

Memiliki sifat antioksidan

Serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas ini dapat menyebabkan timbulnya beragam penyakit. Antioksidan penting yang terkandung dalam lemongrass ini di antaranya adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, yang dapat membantu mencegah disfungsi sel dalam arteri koroner.

Sifat antimikroba

Menurut studi di tahun 2012, minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba yang dapat melawan streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Dalam penelitian lebih lanjut menemukan fakta bahwa minyak serai dan ion perak dapat melawan beberapa jenis bakteri dan jamur.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dua senyawa utama dalam serai yakni citral dan geranial dianggap dapat bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Senyawa tersebut  bisa membantu menghentikan pelepasan tanda penyebab peradangan pada tubuh, termasuk mengatasi masalah jerawat dan ruam kulit.

Meningkatkan pencernaan

Secangkir teh yang dicampur dengan sereh merupakan obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lemongrass juga efektif melawan tukak lambung. Minyak atsiri daun serai dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol, yang merupakan penyebab umum dari tukak lambung.

Mengatur kolesterol

Ketika memiliki kolesterol tinggi, hal tersebut dapat memicu meningkatnya risiko serangan jantung atau stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai dapat membantu menurunkan kolesterol pada hewan. Penurunan kolesterol ini akan bergantung pada dosisnya.

Membantu menurunkan berat badan

Teh serai digunakan sebagai detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Serai dianggap sebagai diuretik alami yang dapat membuatmu lebih sering buang air kecil dan membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Karena itu, jika kamu meminumnya dengan rutin maka ada kemungkinan berat badanmu akan turun beberapa kilogram.

Meringankan gejala PMS

Manfaat sereh selanjutnya adalah sebagai obat alami untuk kram menstruasi dan kembung. Meski tidak ada penelitian khusus terkait serai dan PMS, akan tetapi khasiatnya yang menenangkan perut dan anti-inflamasi dapat membantumu untuk mengatasi gejala PMS. Menurut sebuah penelitian, minyak serai bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Sereh?

Foto: www.freepik.com

Jika kamu mulai tertarik untuk mendapatkan manfaat sereh bagi tubuh, maka cobalah untuk mengonsumsi satu cangkir teh sereh setiap hari. Berikut tips untuk membuat teh serai:

  • Tuang 1 cangkir air mendidih di atas 1 hingga 3 sendok teh lemongrass kering
  • Seduh selama 5 menit
  • Saring teh
  • Nikmati selagi panas atau tambahkan es batu agar lebih nikmat

Selain dikonsumsi menjadi minuman, kamu juga bisa menambahkan serai sebanyak satu atau dua tangkai ke dalam sup kesukaanmu. Cara lain untuk mendapatkan manfaat sereh juga bisa dilakukan dengan menggunakan serai dalam aromaterapi.

Cukup tambahkan 12 tetes minyak esensial serai ke dalam 1 sendok teh minyak kelapa, almond, atau minyak jojoba, lalu campur hingga rata. Setelah itu tambahkan ke dalam bak mandi yang berisikan air hangat atau kamu bisa langsung memijatnya ke kulit.

Namun perlu diingat untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak esensial serai yang telah diencerkan pada kulit. Jika muncul tanda-tanda kemerahan, melepuh, atau iritasi, maka sebaiknya segera basuh area kulit dengan menggunakan sabun lembut dan air.

Apakah Sereh Dapat Menimbulkan Efek Samping?

Foto: www.freepik.com

Pada umumnya, tanaman ini dianggap dapat aman untuk digunakan, baik dalam makanan dan untuk membuat teh. Namun terdapat potensi efek samping yang dapat muncul, yakni pusing, mulut kering, nafsu makan meningkat, kelelahan, dan peningkatan buang air kecil.

Selain itu, mungkin terdapat beberapa orang yang alergi dengan serai, dan tanda-tanda gejalanya adalah:

  • Ruam
  • Gatal
  • Sulit bernapas
  • Detak jantung cepat

Tidak disarankan untuk mengonsumsi lemongrass ketika sedang hamil serta memiliki detak jantung dan kadar kalium yang rendah.

Produk Rekomendasi

Berikut rekomendasi produk yang mengandung sereh.

Kosmatology Lemongrass Organic Foaming Facial Wash

Produk ini menggunakan minyak esensial dan herbal untuk mengatasi penyebab jerawat dan peradangan. Kandungan lemongrass pada pembersih wajah ini dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Sereh juga memiliki sifat antijamur, antimikroba, dan antiseptik yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

The Beauty Co. Lemongrass Pure Natural Essential Oil

Minyak esensial yang satu ini dapat membantu kulit agar mendapatkan nutrisi dengan baik serta memperkuat folikel untuk mengurangi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat mengobati insomnia dan meredakan kecemasan.

Kamu bisa menggunakan The Beauty Co. Lemongrass Pure Natural Essential Oil dengan mencampurkannya dengan minyak lain seperti minyak kelapa, jojoba, atau almond sebelum mengoleskannya secara langsung pada kulit.

Garnier Organic Lemongrass Detox Gel Wash

Diformulasikan dengan minyak atsiri serai organik, organic cornflower water, gliserin botani, dan wewangian herbal segar yang 100% alami, pembersih yang bertekstur gel ini mampu membersihkan kotoran, minyak, dan residu polusi tanpa membuat kulit menjadi kering.

Young Living Lemongrass Essential Oil

Setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan, cobalah untuk mengencerkan lemongrass essential oil dengan V-6 vegetable oil complex. Kemudian, kamu bisa memijatnya secara perlahan pada lengan atau kaki. Dengan aroma yang menyegarkan, produk ini bisa membantumu untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Selain itu, tambahkan 8-10 tetes minyak esensial sereh ke dalam diffuser agar ruanganmu terasa lebih segar dan lebih bersih.

Sensatia Botanicals Lemongrass Essential Oil

Dengan memiliki aroma yang menyegarkan dan khas, Lemongrass Essential Oil ini dapat membangkitkan kembali energimu yang telah melemah. Minyak ini dapat menghidrasi dan melembutkan kulit agar terlihat lebih muda. Kandungan antiseptiknya dapat membantu melawan jerawat dan meratakan warna kulit.

Selain itu, dengan aroma citrus yang tenang, produk ini dapat digunakan sebagai anti depresan yang natural. Minyak esensial sereh ini juga bisa mengurangi sakit kepala dan meringankan nyeri otot, sangat cocok untuk digunakan setelah beraktivitas seharian.