Studi Baru: Ayah yang Lebih Terlibat dalam Pengasuhan Anak, Kesehatan Mentalnya Akan Lebih Baik

keterlibatan ayah
Foto: www.stocksy.com

Seberapa terlibat ayah dalam pengasuhan anak di rumah? Jika jawabannya ‘sangat terlibat’, maka ini adalah sesuatu yang baik. Pasalnya, sebuah studi baru yang diterbitkan minggu lalu menyatakan bahwa keterlibatan ayah dalam pengasuhan seorang bayi menurunkan risiko mengalami gejala paternal depresif dalam tahun pertama kehidupan anak.

Apa yang Dilakukan Penelitian ini?

Untuk mencari tahu apa efek keterlibatan ayah terhadap kesehatan mentalnya, para peneliti melakukan studi besar dengan melakukan wawancara dengan 881 ayah dengan latar belakang ras dan pendapatan rendah di lima Amerika Serikat. Wawancara ini dilakukan satu bulan setelah kelahiran anak.

Selama penelitian para ilmuwan mengamati tiga indikator: waktu yang dihabiskan ayah bersama bayi, pengasuhan efikasi diri dan dukungan material terhadap bayi. Mereka juga menilai gejala-gejala paternal depresif pada interval yang teratur, yakni 1, 6 dan 12 bulan setelah kelahiran, menggunakan Edinburgh Postpartum Depression Scale.

Bagaimana Kaitan Keterlibatan Ayah dengan Kesehatan Mental?

 Hasilnya?

“Kami menemukan bahwa para ayah yang lebih terlibat dengan bayi-bayi mereka persis setelah lahir kemungkinannya kecil mengalami depresi setahun kemudian,” kata Dr Olajide N. Bamishigbin Jr., seorang psikolog dari California State University, penulis utama studi ini.

Para peneliti memperkirakan bahwa salah satu alasannya adalah karena ketika ayah lebih terlibat selama masa bayi, mereka akan merasa lebih kompeten sebagai orangtua dan lebih puas dengan peran mereka sebagai orangtua seiring berlalunya waktu. “Dan ini bisa berkontribusi mengurangi gejala-gejala depresif,” kata Dr. Bamishigbin.

Studi ini memiliki keunikan, yakni ini menjadi satu dari penelitian pertama yang fokus pada sampel komunitas lebih besar dengan latar belakang ekonomi rendah dan dari etnis dan ras yang berbeda-beda. Dan ini juga menjadi salah satu studi pertama yang mempelajari kaitan antara keterlibatan awal ayah pada bayi dengan gejala-gejala depresif setelah bayi berumur satu tahun.

Penemuan ini tidak hanya menjadi penting untuk penelitian selanjutnya, tapi juga membantu pembentukan kebijakan publik tentang keterlibatan ayah di awal kelahiran. Yep, bahwa untuk kebaikan kesehatan mental keluarga, sangat penting untuk memastikan ayah terlibat penuh, salah satunya dengan memberikan cuti berbayar kepada ayah saat anak baru lahir.

Selanjutnya: Bagaimana jika suamimu selalau membela ibunya? Baca penjelasan psikolog ini tentang bagaimana memiliki hubungan yang harmonis dengan mertua.

podcast button