Panduan Lengkap Cara Membuat Galeri Foto Cantik di Tembok Rumah

Foto: www.gettyimages.com

Yep, kamu selalu bisa membeli bingkai kolase untuk memajang foto keluarga atau foto-foto kenangan. Dan tadaaa… foto-foto langsung tertata dengan rapi di tembok. Namun, perasaan gembira dan puas yang kamu dapatkan ketika mengaturnya sendiri, akan jauh berbeda jika tatanannya tercipta dari ide dan kerja keras sendiri. Percayalah. (Mirip ketika kamu berhasil membuat garlic cream cheese bread sendiri, dibandingkan membeli, tapi ini kebahagiaanya 1000 kali lipat.)

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memajang foto keluarga atau foto-foto cakep itu? Untuk membantu meringankan hidupmu (yang mungkin sudah berat), berikut LIMONE kompilasikan langkah-langkah memajang dan membuat galeri foto di dinding rumah.

Kumpulkan Koleksi Foto dan Pajangan (Termasuk Foto Keluarga)

Foto: www.unsplash.com

Sebelum proses gantung-menggantung dan susun-menyusun, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menemukan dinding kosong dan koleksi foto dan pajangan. Dinding kosong ini tidak hanya di ruang tamu, tapi juga bisa di dapur, kamar, kamar mandi, pojokan rumah, sampai lorong rumah.

Lalu tilik koleksi yang ingin kamu atur di tembok dan tentukan ‘cerita’ apa yang ingin kamu sampaikan melalui galeri tersebut. Untuk mendapatkan efek “satu nafas”, atur koleksi sesuai dengan nuansa dan pola yang sama. Misalkan, jika kamu ingin memamerkan cerita saat keluarga kamu sedang traveling, gabungkan dengan objek lain seperti suvenir unik yang kamu dapatkan saat jalan-jalan.

Jangan lupa memilih satu pajangan spesial yang akan menjadi titik utama galeri tersebut (biasanya foto atau pajangan dengan ukuran terbesar).

Ohya, pilihan ukuran dan warna memiliki peranan penting dalam menghasilkan galeri yang cantik. Pajangan dengan warna-warna terang dan mencolok akan terlihat lebih baik pada tembok berwarna putih atau netral.

Pilih Template

Foto: www.unsplash.com

Ada banyak template yang bisa kamu pilih. Namun, pada dasarnya, pilih tema yang mencerminkan gaya atau kepribadianmu. Ketika kamu melakukan ini, kemungkinan besar galerimu akan terlihat memukau. Butuh inspriasi? Berikut beberapa tatanan galeri tembok yang bisa kamu pilih.

Galeri Simetris
foto keluarga

Susunan galeri seperti ini cocok jika kamu ingin tamu terpukau begitu pintu rumah dibuka dan dia berjalan memasuki ruang tamu. Satu hal yang perlu diingat jika memajang foto keluarga atau koleksi foto lainnya dalam bentuk galeri ini adalah memilih foto dan bingkai yang tepat. Jika pilihanmu jatuh pada foto-foto atau bingkai hitam putih—ini adalah opsi yang tepat. Mulai dengan meletakkan bingkai atau pajangan seni dengan ukuran terbesar di tengah-tengah, lalu ikuti dengan memajang bingkai yang lebih kecil di sekitarnya.

Galeri Bohemian
foto keluarga

Apakah kamu merasa adalah reinkarnasi dari seorang artis di kehidupan terdahulu? Coba opsi galeri ini. Prinsipnya, pilihan ini tidak memiliki aturan tertentu. Kamu dipersilakan untuk mengombinasikan berbagai bingkai dan pajangan seni sesuka hati. Untuk memastikan tatanannya eksentrik, coba posisikan semua bingkai dan objek di lantai untuk melihat seperti apa hasil akhirnya.

Apakah pajangan terlihat terlalu rapi? Tambahkan kaca, topi, rak gantung kecil, atau bahkan alat musik.

Galeri Grid
foto keluarga

Sekilas terlihat sederhana, tapi pada kenyataannya tipe galeri ini termasuk rumit untuk diaplikasikan. Pasalnya, proporsional memengan peranan super penting. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pilih satu jenis bingkai foto saja, yang minimalis dan modern. Berbeda dengan galeri simetris, bingkai-bingkai ukuran besar tidak menjadi fokus galeri ini, melainkan di bagian pinggir dengan posisi sedikit “tidak teratur”

Galeri Tangga
foto keluarga

Tipe galeri foto satu ini juga butuh usaha yang sedikit lebih keras. Akan tetapi jika kamu ingin menantang diri dan mencobanya, prinsip utamanya mudah diingat: mulai dari satu bingkai atau pajangan di bagian tengah. Dan untuk mempermudah lagi, tiru bentuk tangga. Untuk melakukan ini, kamu bisa membuat peta terlebih dahulu dengan membentangkan tali atau benang dari satu ujung ke ujung yang lain. Lalu, atur foto berdasarkan galeri tersebut, dan tambahkan bingkai lain dengan foto tengah sebagai tolak ukur.

Ohya, pastikan ada jarak antara satu foto dengan foto yang lain. Untuk memastikan tatanannya sudah tepat, coba perhatikan susunannya dari berbagai posisi. Baik itu dari atas, bawah, maupun dari pintu masuk.

Galeri Kasual
foto keluarga

Tidak mau susah? Galeri kasual ini pun bisa membuat pajangan, koleksi pribadi dan foto keluarga menjadi cantik: menyenderkannya di rak atau di atas meja, atau di lantai. Dan meski terlihat super sederhana, tetap saja untuk menghasilkan padu padan yang memuaskan—susunannya perlu dikurasi.

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah menyusun bingkai berdasarkan tinggi. Bingkai yang paling tinggi berada di belakang, dan lebih kecil diposisikan di bagian depan.

Terapkan Prinsip Ini

Foto: www.unsplash.com
  • Menghasilkan galeri dinding membutuhkan waktu; bisa jadi berjam-jam, bahkan berhari-hari. Jadi, kesabaran dan konsistensi adalah dua hal yang harus kamu miliki.
  • Galeri tembok bisa terdiri dari berbagai hal, mulai dari foto keluarga, foto pribadi, lukisan, kaca, dan berbagai objek dekoratif dengan tekstur dan ukuran berbeda.
  • Ukuran bukanlah segalanya; besar bukan berarti lebih baik. Bingkai-bingkai kecil yang dipadukan juga bisa memiliki dampak yang sama seperti pajangan besar. Plus, bingkai kecil memiliki kelebihan: ruangan menjadi tidak terlalu sesak.
  • Bermainlah dengan bentuk yang berbeda. Bingkai persegi panjang bukan satu-satunya pilihan, jadi sangat dipersilakan untuk menghiasai galeri dengan berbagai model, seperti bulat, bentuk hati, atau silang.
  • Galeri foto tidak harus di ruang tamu. Kamar mandi pun bisa menjadi lokasi yang tepat untuk memamerkan koleksi foto keluarga atau pajangan seni.
  • Berikan jarak antara satu bingkai dengan bingkai lain, paling tidak 2-3 inci.
  • Tambahkan tanaman. Jika yang kamumemiliki lebih banyak tanaman daripada lukisan, manfaatkan kondisi ini. Dengan mengintegrasikan bingkai, lukisan dan tanaman menjalar, galeri tembok di rumah akan terlihat lebih modern dan ciamik.
  • Kreasikan galeri foto dengan apa yang kamu punya. Jangan biarkan keterbatasan objek atau pajangan seni, membuat mimpi memiliki galeri foto terhambat.
  • Terkadang prinsip ‘lebih sedikit, lebih bagus’ juga berlaku dalam hal ini. Tatanan galeri yang minimalis juga memberikan efek yang cantik.
  • Jika bingkai tersebut digantung di dinding, pastikan posisinya kokoh, aman, dan tidak goyang.

Rekomendasi Belanja Bingkai Foto Keluarga

ZARA HOME – Dark Grey Wood Frame
Casavarna – Edda Frame Foto
Izemu – Omoide Picture Frame 5R
Jbrothers – Frame Papan FP 03
VIVERE – Photo Frame Deco Spot 4×6 Inch
On & On – Frame Poster Design Family
Fabelio – Bingkai Foto Denver 4R
TAN LIVING – Square Hanging Photo Frame
Ruparupa – Bingkai Foto 40×30.5 Cm Board dengan 3 Klip B48
Ruparupa – Umbra 4R Bingkai Foto Simple
Ruparupa – Umbra 4R Bingkai Foto Loft Stage
Ruparupa – Arthome 16R Bingkai Foto Big
Ruparupa – Bingkai Foto 5R Round

Selanjutnya: Sahabatmu akan merayakan ulang tahunnya dalam waktu dekat? Cari tahu bagaimana memilih kado yang dijamin akan membuatnya senang di sini. Oh, apakah ingin mengganti cat atau dekorasi rumah? Padu padan warna ini tidak akan pernah salah. Dan ini furnitur rumah yang membuatmu lebih rileks.

podcast button