13 Film Psikopat Terbaik Sepanjang Masa

film psikopat
Foto: www.imdb.com

Menyaksikan adegan hantu tiba-tiba muncul dari balik kaca memang menakutkan, tapi tidak bisa dibandingkan dengan histeria ketika menonton film psikopat.

Definisi bebas psikopati adalah sebuah kombinasi antara hati dingin dan kekerasan. Psikopat ekstrim akan membunuh tanpa merasa bersalah, memutilasi korbannya tanpa emosi, seperti saat mengikatkan tali sepatu. Namun terkadang, psikopat juga terselubung; dari luar terkesan seperti ‘orang biasa’.

Dan ini unsur-unsur yang dicoba diangkat oleh para sineas saat membuat film psikopat. Dari sekian banyak film bergenre ini, berikut 13 film tentang psikopat yang wajib kamu tonton.

The Shining (1980)

Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama, film dari Stanley Kubrick ini menawarkan segala hal yang seharusnya terdapat di dalam film psychological thriller. Yakni, menegangkan, menakutkan, dan akting yang jempolan. 

Jack Torrance (Jack Nicholson), seorang penulis yang baru saja sembuh dari ketergantungan alkohol, memutuskan untuk menjalin kembali hubungan dengan anak dan istrinya. Untuk itu, Jack bekerja di sebuah resort bersejarah di sebuah daerah pedalaman. Pengalaman yang seharusnya menyenangkan ini berubah menjadi sesuatu yang menakutkan ketika pikiran Jack dipenuhi dengan pemikiran-pemikiran yang mengerikan. Dan keadaan semakin menegangkan ketika dia mengetahui sejarah hotel tersebut.

Psycho (1960)

Foto: www.imdb.com

Dianggap sebagai salah satu film terbaik Master of Suspense (bahkan sering kali masuk dalam daftar film terbaik sepanjang masa), Psycho adalah karya Alfred Hitchcock. 

Ceritanya begini: pada 1960an di Arizona, seorang sekretaris real-estate bernama Marion Crane (Janet Leight) melarikan diri dengan membawa $40.000 tunai ke California untuk bertemu pacarnya. Dalam perjalanan, dia mampir ke Bates Motel, dan bertemu Norman Bates (Anthony Perkins), pemilik hotel yang pemalu. Apa yang awalnya hanya sebuah percakapan yang biasa, berakhir menjadi sesuatu yang menegangkan dan mengerikan.

American Psycho (2000)

Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel satir karya Bret Easton Ellis, film psikopat ini adalah salah satu film klasik yang wajib kamu tonton. Berlatar belakang New York City di tahun 1986, Patrick Bateman (Christian Bale) di siang hari adalah seorang banker investasi yang kaya. Namun saat hari berubah menjadi gelap, Bateman memiliki identitas lain, yakni seorang serial killer

Ada banyak adegan legendaris dari film ini, mulai dari pembunuhan kapak dengan latar belakang lagu Huey Lewis and the News, hingga adegan seks yang membuat film ini sulit mendapatkan R-rated.

Ichi the Killer (2001)

Foto: www.imdb.com

Film adaptasi dari serial manga karya Hideo Yamamoto ini begitu eksplisit dan grafis sampai-sampai dilarang ditayangkan di banyak negara. 

Plot ceritanya adalah perang gang yakuza, dengan karakter utama bernama Kikahara, seorang sadomasokistik, yang sedang mencari bosnya yang hilang, dan seorang pria misterius bernama Ichi (bahasa Jepang yang berarti “satu”). Jika kamu menganggap Joker brutal, film ini akan membuatmu memikirkan ulang arti kata ‘sadis’. Itulah sebabnya, film ini memang bukan untuk orang yang takut darah atau memiliki jantung lemah. 

The Silence of the Lambs (1991)

Foto: www.imdb.com

Akan sulit membuat daftar ini tanpa memasukkan film karya Jonathan Demme, yang diadaptasi dari novel karya Thomas Harris. Satu tahun setelah dirilis, film ini memenangkan lima Oscar pada 1992, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik dan Aktor Terbaik. 

Film ini mengisahkan tentang agen FBI muda bernama Clarice Starling yang meminta bantuan Dr. Hannibal Lecter, psikiatris dan serial killer yang sedang dipenjara, untuk menangkap serial killer lain. Film prekuelnya adalah Red Dragon (2002), Hannibal Rising (2007) dan sekuel Hannibal (2001), tapi tidak ada yang bisa mengalahkan film originalnya. 

We Need to Talk About Kevin (2011)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Meski ini bukanlah film pertama yang mengangkat tema anak yang ‘rusak dari sononya’, tapi We Need to Talk About Kevin bisa dikatakan salah satu yang terbaik. 

Ibu Kevin (Tilda Swinton) merasa kesulitan mencintai anaknya Kevin (Ezra Miller), terlebih dengan perkataan dan hal-hal aneh yang dilakukannya. Dan Kevin semakin bertumbuh, dan tindakan finalnya merupakan sesuatu yang tidak terbayangkan oleh siapapun, termasuk orangtuanya.

Joker (2019)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Ketika pertama kali dirilis, film ini menuai banyak kontroversi dan ada yang memuji, ada pula yang mengkritik. Namun, Joker menjadi salah satu film tersukses di 2019. Meraup keuntungan hingga lebih dari $1, film R-rated yang pertama dan satu-satunya yang berhasil melakukannya. 

Seperti yang kamu tahu, Joker bercerita tentang Arthur (Joaquin Phoenix) adalah seorang komika yang merindukan sesuatu yang positif di Gotham City yang semakin negatif. Setelah mengalami berbagai kejadian dalam hidupnya, Arthur, yang menderita gangguan mental, menciptakan figur kriminal lain: Joker.

No Country for Old Men (2007)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Menurut para psikiater, karakter Anton Chigurh (Javier Bardem) adalah gambaran psikopat paling realistis dalam film. Yakni, melakukan pembunuhan seakan-akan hal tersebut sesuatu yang sangat normal, dan merasa bahagia saat menembak korbannya. 

Saat berburu, Llewelyn Moss (Josh Brolin) tidak sengaja menyaksikan akhir dari sebuah drug deal yang berdarah. Tidak mampu menahan diri, Moss membawa lahir uang yang ditemukannya, dan membuatnya menjadi incaran pembunuh sadis, si Chigurh.

Basic Instinct (1992)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Basic Instinct tidak hanya tentang adegan interogasi dan celana dalam. Dan tidak banyak film yang menampilkan psikopat perempuan, jadi yang satu ini wajib kamu tonton. 

Terlihat tenang dan kalem di luar, Catherine (Sharon Stone) adalah perempuan cantik dan seksi yang merupakan gambaran klasik seorang psikopat. Apakah benar dia bersalah atau tidak, yang pasti pesona dan kemampuannya mengelabui polisi, membuat kita (entah kenapa) terkagum-kagum.

Funny Games (1997)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Ada grup dalam film ini: grup pertama mengkritik karena menganggapnya terlalu sadis, grup kedua memuji atas kehebatan film ini menyuguhkan efek dari sifat konsumtif. Termasuk grup manakah kamu?

Funny Games menceritakan tentang dua anak muda yang menyandera dan menyiksa sebuah keluarga di rumah liburan mereka dengan permainan sadis. Film psikopat ini memiliki dua versi, Austria dan Hollywood. Meski dua-duanya disutradarai oleh Michael Haneke, versi Austria wajib kamu tonton.

Misery (1990)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Seorang novelis bernama Paul (James Caan), mengalami kecelakaan mobil parah dan diselamatkan oleh Annie (Kathy Bates), seorang mantan perawat. Namun ketika dia tahu bahwa Paul telah menghilangkan karakter favoritnya di dalam buku-bukunya, Annie naik pitam.

Sebelum menonton film psikopat ini, pastikan kamu sudah menyiapkan diri untuk menyaksikan adegan-adegan mengerikan dengan palu.

Seven Psychopaths (2012)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Seperti judulnya, ada banyak karakter yang bisa dikualifikasikan sebagai psikopat di dalam film black comedy, yang ditulis dan disutradarai oleh Martin McDonagh (In Bruges). Meski begitu, Billy Bickle (Sam Rockwell) paling mencuri perhatian. 

Semua hal yang ditawarkan psychology thriller film ada di sini: plot twist, adegan berdarah dan kekerasan sadis, dan pastinya aktor yang memerankan. Christopher Walken, Woody Harrelson, dan Colin Farrell, serta Rockwell, memberikan penampilan yang jempolan dan impresif.

A Clockwork Orange (1971)

Film psikopat
Foto: www.imdb.com

Alex (Malcolm McDowell), karakter utama, adalah seorang anti-sosial yang memiliki karismatik dengan hobi mendengarkan musik klasik, memerkosa, mencuri dan melakukan kekerasan (dalam level super dan ultra). Dia juga adalah pemimpin dari gang preman yang disebutnya “his droogs” (dari kata Rusia yang berarti “teman”).

Pada intinya, film ini mengisahkan kejahatan yang dilakukannya bersama gangnya dan metode rehabilitasi psikologi yang ingin mereka terapkan. Satu lagi film karya Stanley Kubrick yang wajib ditonton.

Selanjutnya: Ini daftar film zombie yang wajib kamu tonton.

podcast button