Wajib Diketahui: 10 Jenis Sepatu Heels yang Cocok Dipakai ke Pesta atau Kantor

sepatu heels
Foto: www.rawpixel.com

Sepatu heels merupakan barang yang tidak bisa dipisahkan dengan perempuan, hal ini dikarenakan fungsi dari sepatu ini yang dapat membuat penampilan terlihat lebih tinggi, elegan, dan seksi. Namun pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu sering ternyata dapat membahayakan kesehatan kakimu. Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara memilih dan menggunakan sepatu hak tinggi agar kamu tetap merasa nyaman ketika memakainya.

Tips Memilih Sepatu Heels

Foto: www.freepik.com

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sepatu hak tinggi, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memilih sepatu heels yang dapat membuat kakimu terasa nyaman, berikut tipsnya:

1. Sesuaikan tinggi hak

Memilih sepatu heels pastinya untuk menunjang penampilan supaya terlihat lebih tinggi dan membuat kaki terkesan lebih jenjang, sehingga rela memakai sepatu dengan hak setinggi mungkin. Namun perlu diingat ketika memutuskan untuk memakai heels, maka kamu perlu menyesuaikan tinggi hak yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu berniat untuk pergi ke acara pesta, kamu boleh menggunakan hak dengan tinggi 6-8cm. Namun untuk aktivitas sehari-hari, lebih baik memilih hak yang lebih pendek untuk membuatmu merasa lebih nyaman ketika berjalan.

2. Pilih ukuran yang tepat

Ketika memilih sepatu hak tinggi, ada baiknya menyesuaikan dengan ukuran kakimu. Jangan sampai memilih sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar karena akan menambah tekanan pada jari kaki. Kamu bisa mengukur ukuran kakimu terlebih dahulu, kemudian pilihlah sepatu heels dengan 1 ukuran di atasnya.

3. Jangan memakai sepatu hak tinggi seharian

Usahakan untuk tidak memakai sepatu heels seharian, dan gunakan sepatu hak tinggi hanya pada saat waktu tertentu. Jika kamu diharuskan meeting dan berpenampilan formal, kamu bisa mengenakan heels dan menggantinya dengan sneakers setelah selesai meeting. Idealnya memakai sepatu hak tinggi hanya selama 2 hingga 4 jam. Jangan lupa lakukan peregangan pada kakimu untuk melemaskan otot dan kaki, sehingga menghindari cedera pada kakimu.

Baca Juga :  14 Paduan Warna Lime yang Pasti Membuat Penampilanmu Terlihat Fresh

4. Gunakan in-sole dan cushion pad

Jika kamu memilih sepatu heels dengan bagian belakang yang tertutup, kamu dapat menambahkan in-sole atau alas bagian belakang yang memiliki tekstur empuk, hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak pegal dan nyeri pada tumit kakimu. Sementara di bagian depan, kamu dapat menggunakan cushion pad yang berfungsi untuk meringankan beban pada jari kakimu.

Jenis-jenis Sepatu Heels

Setelah mengetahui tips memilih sepatu heels, berikut jenis-jenis sepatu hak tinggi yang dapat kamu pilih sesuai selera. 

Stiletto

sepatu heels
Rotelli - Elvio 501 Slingback Heels

Jenis sepatu heels yang satu ini dapat membuat betis terlihat lebih langsing sehingga membuat kakimu menjadi terlihat lebih jenjang. Hal ini dikarenakan stiletto memiliki tinggi hak yang runcing, tipis, dan tinggi. Sepatu jenis ini sangat cocok kamu gunakan untuk menghadiri acara formal, kamu bisa memilih warna metalik yang akan membuat penampilanmu terkesan elegan.

Kitten heels

Clarks - Laina55 Court

Kitten heels merupakan jenis sepatu yang sangat praktis karena memiliki hak yang rendah sekitar 3 sampai 5cm, sehingga bisa digunakan untuk acara semi-formal atau kasual. Jangan lupa untuk memilih warna kitten heels yang dapat mendukung penampilanmu, jika tidak ingin terlihat mencolok kamu dapat memilih warna nude dibandingkan warna cerah lainnya.

Peep toe heels

Dorothy Perkins - Showcase Silver Ginseng Glitter Peep Toe Court Heels

Sepatu heels yang satu ini serupa dengan sepatu lainnya, memiliki hak yang tinggi dan tipis. Namun yang membedakan peep toe heels dengan sepatu hak tinggi lainnya adalah pada bagian ujung sepatu. Jika sepatu hak tinggi pada umumnya memiliki bagian depan yang tertutup, maka pada peep toe heels bagian depan akan sedikit terbuka hingga memperlihatkan jari kakimu.

Baca Juga :  13 Paduan Warna Merah Terbaik (Yep, Chic Dikombinasikan dengan Cokelat dan Oranye)

Platform heels

Casadei - Denim Platform Heels

Platform heels menjadi sepatu favorit bagi sebagian orang. Hal ini karena adanya tambahan tinggi pada bagian depan sepatu, sehingga perbedaan tinggi pada bagian depan dan belakang tidak terlalu jauh. Memilih sepatu jenis ini akan membuatmu terasa nyaman karena tidak membuat kakimu terasa pegal, dibanding  memakai heels jenis stiletto.

Wedges

sepatu heels
H&M - Wedge-heeled Sandals

Jika kamu tidak menyukai sepatu hak tinggi yang runcing dan tinggi, kamu dapat memilih wedges sebagai alternatifnya. Sepatu ini memiliki model hak yang tebal dan sejajar dengan bentuk sepatu, sehingga membuatmu lebih stabil ketika berjalan. Selain itu, wedges juga akan membuat kakimu terasa nyaman saat menggunakannya.

Mules 

sepatu heels
ZARA - Sepatu Mule Hak Logam

Sepatu hak tinggi yang satu ini merupakan sepatu yang paling praktis dan simpel dengan memiliki model yang terbuka di bagian belakang telapak kaki. Sepatu ini hadir dalam bentuk flat maupun dengan memiliki hak. Meski terkesan simpel, mules dapat digunakan untuk segala acara baik formal, semi-formal, hingga kasual dan membuat penampilanmu terlihat elegan.

Pump

Salvatore Ferragamo - Flower Pump Heels

Sepatu heels yang satu ini merupakan sepatu yang mirip dengan stiletto dan peep to heels, namun yang membedakan adalah tertutupnya bagian depan dan bagian tumit kaki. Sepatu ini dapat kamu gunakan untuk menghadiri acara formal. Pilihlah warna-warna netral yang tidak terlihat mencolok dan kamu bisa memadukannya dengan blazer agar terlihat lebih rapi.

Ankle strap heels

sepatu heels
Francesco Russo - Ankle-strap Pumps

Ciri khas dari sepatu hak tinggi yang satu ini adalah memiliki tali yang akan melingkari pergelangan kaki. Tali ini berfungsi untuk menjaga kestabilan tubuh ketika berjalan. Hak dari ankle strap heels memiliki tinggi yang bervariasi, untuk itu kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kamu dapat memilih warna-warna pastel untuk membuat penampilanmu terlihat lebih cantik dan lembut.

Baca Juga :  Berapa Ukuran Sepatumu? Ini Panduan Lengkap untuk Menemukan Jawabannya

Cone heels

Stella McCartney - Ariane Cone-heel Ankle Boots

Seperti namanya, hak dalam sepatu ini memiliki bentuk yang menyerupai cone es krim yang mengerucut di bagian bawah. Sepatu heels ini biasanya tidak memiliki hak yang tinggi, untuk itu sangat cocok bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan sepatu hak tinggi. Tak hanya itu, cone heels juga cocok untuk segala penampilan, mulai dari kasual hingga formal.

Slingback

sepatu heels
Nº21 - Slingback

 Jenis sepatu ini sangat cocok digunakan untuk menunjang penampilanmu ke kantor. Memiliki hak yang tidak terlalu tinggi, sepatu ini terbuka di area tumit dan memiliki bagian ujung yang tertutup serta sedikit runcing. Sehingga kamu bisa langsung hangout bersama teman-teman setelah selesai bekerja.

Selanjutnya: 10 Sepatu Olahraga Wanita Terbaik.