Melakukan Peregangan Minimal Sebanyak Ini Baik untuk Jantung

melakukan peregangan
Foto: www.rawpixel.com

Sering-sering melakukan peregangan —bahkan ketika kamu sedang menonton “It’s Okay to Not Be Okay” atau “Dark“, atau duduk di meja kantor sambil membalas email.

Pasalnya, menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di The Journal of Physiology, meregangkan kaki minimal lima kali seminggu bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk mendapatkan hasil ini, sebanyak 39 partisipan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dibagi menjadi dua grup. Grup pertama tidak melakukan peregangan apapun, sementara grup lainnya melakukan peregangan lima kali dalam seminggu selama 12 pekan.

Ohya, studi ini fokus terutama pada peregangan kaki secara pasif. Ini artinya, peregangan yang membutuhkan kekuatan eksternal, seperti orang lain, training band, atau bahkan gaya gravitasi. Contohnya? Barre stretches. Yakni, peregangan yang membutuhkan penopang (misalnya palang atau kursi) untuk menyeimbangkan tubuh. Quad strech—meletakkan kaki di belakang betis—juga salah satu contoh peregangan pasif.

Apa yang terjadi setelah 12 minggu berlalu? Grup yang melakukan peregangan pasif memperlihatkan perkembangan positif yang signifikan pada peredaran darah, pelebaran arteri, dan kekakuan. Perubahan ini terlihat di lengan atas dan kaki bagian bawah.

FYI, ketegangan arteri dan peredaran darah yang buruk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Atas dasar hasil studi ini, para peneliti menyarankan untuk melakukan peregangan minimal lima hari setiap minggu untuk mengurangi risiko menderita penyakit tersebut.

Emiliano Ce, Ph.D, penulis utama penelitian ini, bahkan menyatakan bahwa hasil studi ini sangat relevan dengan kondisi pandemik yang menyebabkan orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Oleh karena studi ini melibatkan orang-orang yang sehat, para peneliti selanjutnya ingin mengetahui apakah peregangan juga memiliki efek yang positif bagi mereka yang memiliki isu kardiovaskular. Sembari menunggu hasil penelitian selanjutnya, untuk sekarang, yuk, sering-sering melakukan peregangan. Yep, kamu bisa melakukannya tepat setelah membaca artikel ini.

Selanjutnya: Ingin olahraga takut takut sesak karena pakai masker? Cek penjelasan dokter ini agar nyaman dan aman berolahraga saat pandemik.