Ini Arti ‘Dress Code’ yang Ada di Setiap Undangan yang Kamu Terima

Foto: www.gettyimages.com

Serena Williams memakai Off-White x Nike sneakers berwarna kuning dengan gaun pink dihiasi kupu-kupu dari Atelier Versace di acara Metropolitan Museum of Art pertengahan tahun ini. Met Gala = acara dengan dress code white tie‘. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya (baca: memakai sneakers) saat diundang ke acara resmi dan formal—dan tetap dipuji-puji oleh media. Ah, bisnis dress code memang bisa bikin pusing para tamu! Agar penampilan dan dandananmu tidak salah, berikut penjelasan tentang arti dress code yang ada di setiap undangan.

BLACK TIE

Monique Lhuillier – Brie Strapless Ruched Glittered Tulle Gown
Red’s Revenge – Helena Layered Pearl Statement Necklace

Ini adalah puncak dari segala perhelatan formal. Jadi, pakaian yang kamu pakai harus, wajib hukumnya formal. Sebut saja gaun sepanjang mata kaki atau lebih panjang. Berpikir untuk mengenakan cocktail dress? Boleh saja, asal gaun tersebut super modis dan sleek. Atau pasangkan dengan perhiasaan mewah yang otomatis akan menaikkan level derajat penampilanmu.

Ohya, ada satu lagi yang mirip dengan ini, yaitu black tie optional dan creative black tie. Kedua dress code ini memberikan kelonggaran untuk para tamunya. Jika kamu memakai LBD atau cocktail dress ke acara ini, tidak akan ada yang meringis, mengerutkan kening atau mengusirmu pulang.

WHITE TIE

Oscar De La Renta – Strapless Pleated Flocked Tulle Gown
ZARA – Sepatu Hak Asimetris dengan Berlian Imitasi

Jika black tie formal, maka acara dengan dress code ini adalah acara paling heboh, meriah, dan extravagant. Pernah melihat penampilan dan pakaian tamu di Met Gala? Huh-uh, itulah contoh paling tepat. Jadi, persiapkan gaun ala malam gala (bayangkan Cinderella dan pesta galanya), sarung tangan sepanjang lengan dan koleksi perhiasaan terbaik dan termahal yang kamu punya.

BUSINESS CASUAL

Massimo Dutti – Cable Knit Wool Cashmere Cape Sweater
Danse Lente – Mini Johnny

Tidak terlalu formal, tapi tetap terlihat profesional. Jika keterangan ini masih membuatmu bingung, intinya sih begini: dengan pakaian itu kamu tetap percaya diri datang ke kantor, dan tidak merasa salah kostum jika mampir ke Starbucks. Paduan kemeja atau sweter cantik dengan rok pensil atau celana bahan adalah salah satu contoh pakaian yang bisa kamu kenakan. Diijinkan memakai gaun asal tidak provokatif.

CASUAL

Pull & Bear – Zodiac Signs Illustration T-Shirt
Stradivarius – Mini Skirt

Apa padu padan andalanmu saat nongkrong atau minum kopi bersama teman? Nah, itulah yang disebut dengan kasual. Rok (panjang atau pendek), kaus, jeans, blus, sundress, flat shoes adalah beberapa item yang cocok dipakai untuk acara kasual.

SEMI FORMAL

Mango – Silk Blouse
Mango – Stiletto Shoes

Sesuai dengan namanya, acara semi formal adalah formal, tapi tidak seheboh acara black tie. Kamu dipersilakan untuk memamerkan cocktail dress, gaun panjang, LBD, rok panjang dan atasan-atasan yang terbuat dari bahan-bahan chic seperti sutra atau organza.

BUSINESS FORMAL

Mango – Structured Linen Jacket
Massimo Dutti – Brown Loafers with Buckle

Apa yang kamu pakai saat harus melakukan presentasi di depan orang-orang super penting di tempat kerja? Jika yang ada di dalam bayanganmu adalah gaun berpotongan rapi dipadukan dengan blazer, atau celana bahan dengan kemeja formal—kamu benar! Untuk alas kaki, business formal bukanlah tempat yang tepat untuk flat shoes atau sneakers, melainkan sepatu berhak (tidak perlu terlalu tinggi).

DRESSY CASUAL

Mango – Floral Print Blouse
H&M – Trousers Skinny Fit

Penampilan kasual, tapi memperlihatkan bahwa ada sedikit usaha dan keseriusan dari padu padan yang kamu pilih. Misalnya, statement blouse dikombinasikan dengan jeans dan sepatu berhak; rok/celana bahan dengan atasan cantik. Oh oh, flat shoes boleh dipakai, tapi jangan sneakers!

COCKTAIL ATTIRE

Etro – Off-the-shoulder Jacquard Minidress
Raye – Cruz Bootie

Dressy. Cantik. Tujuan utama acara bertema ini adalah untuk ha-ha-hi-hi dan bersosialisasi. Pakaian yang biasa dipakai adalah cocktail dress (pastinya), LBD, gaun/rok pendek, sepatu berhak. Flat shoes = tidak disarankan.

Akhirnya terpecahkan juga arti dress code! Untuk yang butuh inspirasi gaun, pilihan ini bisa kamu pakai untuk kondangan, acara ulang tahun dan pesta kantor. Dan ini etiket menghadiri acara pemakaman.

podcast button