Dimakan atau Ditolak: Makanan Bergizi tapi Membahayakan Lingkungan

Foto: www.unsplash.com

Greta Thunberg super aktif mengusung kampanye ini. Dan kamu sudah mendengar dan membacanya di mana-mana: manusia harus melakukan segala cara untuk menyelamatkan Bumi. Sebuah laporan internasional terbaru dirilis dua bulan lalu dan memperlihatkan bahwa perubahan iklim berlangsung lebih cepat daripada yang para ahli perkirakan. Berita baiknya: belum terlambat bagi manusia untuk membuat perubahan. Salah satunya dengan memperhatikan apa yang sampai ke atas piringmu. Seperti yang dituliskan The Guardian, ada sejumlah makanan kontroversi: enak, tapi membahayakan planet tercinta ini. Ah, tapi ‘kan itu makanan kesukaan kita? Untungnya ada jalan tengahnya agar kamu tetap bisa menikmati makanan kontroversi ini tanpa merasa bersalah.

ALPUKAT

Beberapa tahun belakangan, sayur-apa-buah (buah) ini menjadi menu wajib para food enthusiast. Namun, sama seperti kulitnya yang memiliki bercak-bercak hitam, alpukat juga memiliki cerita kelam. Di banyak negara produsen alpukat, para petani terpaksa mengeringkan sungai untuk memenuhi kebutuhan air pertanian alpukat. Jadi, lebih memilih lingkungan atau mendapatkan manfaat kesehatannya? Jalan tengahnya bisa dengan membeli alpukat yang diproduksi dengan lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan; beberapa e-commerce makanan sudah melakukan ini di Indonesia.

SAPI

Jangan sampai informasi ini membuatmu keselek tusukan sate: menurut FAO (Food and Agriculture Organization), salah satu spesies yang menyumbangkan emisi berlimpah adalah ternak (baik yang diternakkan untuk daging dan susunya). Dilema? Mungkin mengurangi kuantitas adalah salah satu solusi.

MENTEGA KACANG DAN MINYAK KELAPA SAWIT

Mengapa dua hal ini berada dalam satu poin? Karena jika dicampur dengan minyak kelapa sawit, mentega kacang sangat, sangat berdosa. Pasalnya, kelapa sawit adalah salah satu penyebab utama penggundulan hutan di dunia. Oh, adakah minyak kelapa sawit yang diproduksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan? Sulit mencari tahunya.

Bagaimana dengan kacang? Di beberapa negara , kacang menjadi sumber masalah sosial. Sebut saja pekerja anak pada industri hazelnut di Turki, isu HAM pada industri kacang mede di Vietnam. Apakah informasi ini membuatmu susah menelan sarapan? Beli kacang produk lokal dan membuat sendiri mentega kacang merupakan dua hal yang bisa kamu lakukan agar sarapan lebih lancar.

KACANG KEDELAI

Konsumsi kacang kedelai oleh manusia relatif lebih kecil dibandingkan hewan. Huh-uh. Mahluk hidup inilah yang menjadi penyebab penggundulan hutan gila-gilaan. Akan tetapi, jika dipikir-pikir lagi, hewan tersebut diternak untuk konsumsi manusia! Well, lingkaran setan! Jadi, sebisa mungkin belilah kacang kedelai organik, produk lokal atau langsung dari petani.

COKELAT

Ah, sebungkus cokelat enak ternyata bisa jadi menyimpan banyak cerita tragis. Mulai dari kacang kedelai, minyak kepala sawit sampai biji cokelat yang terkandung di dalamnya. Kita membicarakan tentang penggundulan hutan, pekerja anak, kondisi dan kesejahteraan para pekerjanya. Bahkan cokelat dengan label Fairtrade belum tentu bersih dari isu-isu tersebut.

Makanan ini super sehat tapi baik untuk lingkungan.

podcast button