Ada yang Namanya Orang Nutric—Apakah Kamu Salah Satunya?

Foto: www.gettyimages.com

Tahu Tom Hanks? Jennifer Aniston? Nah, kira-kira itulah gambaran orang nutric. Kebalikan dari orang toxic.

Menurut psikolog George S. Everly, Jr. PhD, ABPP, FACLP, nutric adalah seseorang yang suportif dan membantu perkembangan dan pertumbuhan orang lain. Intinya, mereka mendorong teman, anggota keluarga, dan tetangga dekatnya untuk menyadari dan mengejar cita-cita mereka. Jadi, tidak hanya baik dikelilingi oleh orang nutric, tapi juga memiliki karakter ini.

“Kebahagiaan dan kesuksesan satu orang di dalam hidup acap kali berkaitan dengan adanya pribadi lain yang mendukungmu, seseorang yang memupuk, menyemangati harapan dan mimpimu, dan mungkin yang paling penting adalah seseorang yang membantumu merasa nyaman dengan diri sendiri,” tulis Dr Everly di Psychology Today. Banyak penelitian yang sudah menyatakan bahwa teman yang positif merupakan kunci penting seseorang bisa berkembang maksimal.

Jadi, apakah kamu—pasanganmu, atau teman-temanmu—termasuk dalam spektrum nutric? Menurut Dr Everly ada beberapa tanda untuk mengenalinya.

  1. Mengasuh: Ini artinya, “kamu suportif dan penyemangat,” dan “memotivasi tapi tidak menuntut.” Kamu benar-benar ingin teman-temanmu berkembang dan membantu menyadari potensi dan talenta mereka.
  2. Pengertian: Kamu bisa berempati dan menghargai cara pandang mereka.
  3. Bisa dipercaya: Pengkhianatan? Tidak ada tuh, di dalam kamus hidupmu. Dan orang lain merasa bisa memercayaimu.
  4. Bisa diandalkan: Kamu konsisten dan “bertindak dan berpikir dalam pola yang biasanya bisa diprediksi,” yang membuat orang tenang.
  5. Berintegritas: Kamu tahu mana yang benar dan salah. Kompas moral milikmu berfungsi dengan baik.
  6. Percaya diri: Tapi tidak narsistik.

“Meski memang penting untuk mengenali dan menghindari orang toxic, tapi mungkin lebih penting untuk mengidentifikasi dan menarik orang nutric,” jelasnya. Dia juga menuliskan bahwa tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengubah seseorang yang memiliki kepribadian toxic. Sebagai seseorang yang nutric (LIMONE mengecek dan cukup yakin atas hal ini), sepertinya orang toxic masih memiliki potensi untuk menjadi baik apalagi jika mereka membaca ini!

Berikut penjelasan dua orang psikolog mengapa kamu harus memiliki teman-teman positif.

podcast button