Panduan Lengkap Memakai High Heels dengan Nyaman, Tanpa Sengsara

Foto: www.unsplash.com

Terberkatilah mereka yang dilahirkan dengan bakat bisa berjalan dengan high heels selama berjam-jam tanpa mengeluh. Namun, jika kamu tidak termasuk dalam kelompok ini—dan tetap ingin memakai sepatu hak tinggi, kamu hanya perlu memperlengkapi diri dengan trik dan informasi yang tepat. Berikut ini adalah tips cara menemukan dan memakai sepatu high heels agar tetap nyaman, rasa sengsara minimalis dan kaki tidak lecet.

Perhatikan Bagian Vamp

Perhatikan bagian vamp ketika ingin membeli high heels. Bagian vamp pada sepatu adalah bagian atas yang menutupi kaki bagian depan. Nah, semakin tinggi vamp ini, maka semakin baik topangan yang diberikan kepada kaki, alhasil terasa lebih nyaman.

Perhatikan Bagian Pitch

Tidak hanya tinggi hak yang menentukan kenyamanan high heels. Salah satu faktor yang juga harus kamu perhatikan adalah pitch, yakni kecondongannya, yang berkaitan dengan ruang antara hak dan sol sepatu. Semakin besar jaraknya (minimal 3 cm), semakin nyaman sepatu tersebut.

Pilih Sesuai Bentuk Kaki

Beda bentuk kaki, sebaiknya beda juga sepatu high heels yang kamu pilih agar lebih nyaman. Jika kamu memilih kaki yang lebih lebar, cobalah pilih sandal, bukan sepatu yang tertutup bagian depannya. Sebaliknya, jika kakimu agak ramping, pilihlah sepatu dengan bagian depan yang tertutup.

Perhatikan Bahan Sepatu High Heels

Bahan dasar juga memiliki peranan penting dalam menentukan seberapa nyaman sepatu high heels yang kamu pakai. Kulit asli dan Perpex cenderung lebih keras dan membuat kaki sakit. Oleh karenanya, coba pilih sepatu yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti suede, satin, atau jenis materi lainnya.

Pertimbangkan Merek Sepatu High Heels

Sebenarnya, tidak ada istilah yang benar atau salah ketika kita membicarakan tentang merek sepatu. Namun, untuk menemukan high heels yang tepat dan nyaman memang dibutuhkan coba sini-coba sana. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba berbagai gaya dan merek. Namun, banyak yang bilang merek sepatu seperti Manolo Blahnik, Marc Fisher, Everlane, Sarah Flint, Aldo, Sam Edelman—sangat nyaman.

Selotip Jari Kaki

Jika pendirian (fisik) kamu goyah setelah seharian memakai heels, satu hal ini yang harus kamu lakukan. Selotip jari kaki ketiga dan keempat (hitung dari jempol) secara bersamaan untuk mengurangi rasa sakit di sekitar kaki. Mengapa perlu melakukan ini? Ada saraf yang terbagi di antara dua jari ini, yang menyebabkan rasa nyeri ketika ditekan (misalnya ketika memakai heels). Jadinya, selotip ini akan mengurangi tekanan dan membuat kaki lebih nyaman ketika memakai high heels.

Lakukan Olahraga secara Teratur

Menurut sebuah studi dari Korea Selatan memperlihatkan bawah memakai sepatu dengan hak 4 inci lebih dari tiga kali seminggu bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada empat otot fungsional di pergelangan kaki. Oleh sebab itu, para peneliti ini menyarankan untuk secara teratur melakukan olahraga yang menguatkan pergelangan kaki. Olahraga yang melibatkan gerakan heel walking, mengetukkan jari-jari, dan meninggikan tumit bisa mencegah cedera lebih parah pada pergelangan kaki.

Rekomendasi Belanja High Heels

Jeffrey Campbell – Solitair Pump
Steve Madden – Prance Pump
ALDO – Completa Pump
SPLENDID – Hector Heel
Salvatore Ferragamo – Gancini Pump Heels (LGD)
Violeta by Mango – Pointed Heels
Linea – Schutz 01387
MM6 Maison Margiela – Chunky Heel Sandals
Saint Laurent – Bianca 85 Knotted Sandals
ZARA – Bot Semata Kaki Hak Kulit
Gianvito Rossi – Manhattan 100mm Slingback Sandals
H&M – Court Shoes
Stradivarius – Black Tie-up Heels

Selanjutnya: Strappy sandal tercantik yang wajib kamu miliki saat ini.