8 Produk Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik 2021

sabun pepaya
Foto: www.canva.com

Selain untuk dikonsumsi, ternyata buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sabun. Katanya sabun pepaya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Berikut delapan rekomendasi produk pembersih tubuh terbaik yang bisa kamu aplikasikan secara rutin.

Apa Itu Sabun Pepaya?

sabun pepaya
Foto: www.unsplash.com

Sabun pepaya merupakan pembersih alami yang sangat lembut, sehingga aman untuk digunakan baik pada wajah atau pun bagian tubuh lainnya. Biasanya sabun ini tersedia dalam bentuk batangan, tetapi ada juga yang memasarkannya dalam bentuk cair.

Kebanyakan pembersih alami ini memiliki nutrisi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Produk ini kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur.

Selain itu, berkat kandungan vitamin A yang ada di dalamnya, pembersih tubuh ini juga bisa mengeksfoliasi dan membantu mengurangi bintik-bintik gelap dan noda hitam.

Manfaat Sabun Pepaya

Foto: www.pexels.com

Tak hanya berperan sebagai pembersih kulit, sabun ini juga memiliki berbagai manfaaat lain, di antaranya adalah:

Eksfoliator

Enzim papain yang terkandung dalam sabun pepaya dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga akan memberikan penampilan yang lebih sehat.

Meski secara alami kulit akan memperbaharui dirinya sendiri, akan tetapi dengan buah tropis ini dapat membantu terjadinya peluruhan secara teratur.

Perawatan jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat, maka tidak perlu khawatir. Sebab pembersih alami ini memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengurangi jerawat.

Selain itu, enzim papain juga berfungsi secara efektif untuk menghilangkan protein utama pada kulit yang rusak.

Menghilangkan noda

Selain membersihkan wajah, sabun dengan bahan alami ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda. Lagi-lagi ini berkat kinerja enzim papain yang dapat secara mudah menghilangkan beberapa kotoran dan noda hitam.

Meratakan warna kulit

Kabar baiknya, untukmu yang mengalami hiperpigmentasi atau memiliki warna kulit yang tidak rata, sangat disarankan untuk menggunakan produk pembersih yang satu ini.

Sebab, sabun pepaya dapat meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga dapat mengurangi munculnya bercak hitam dan pastinya mencerahkan kulit.

Cara Memilih Sabun Pepaya

sabun pepaya
Foto: www.canva.com

Ketahui metode pengolahannya

Ternyata sabun pepaya dibagi menjadi dua jenis, yakni jenis yang dicampur dengan ekstrak enzim papain dan jenis yang ditambah dengan jus pepaya segar.

Jika produk yang kamu gunakan mengandung bubuk enzim papain, maka biasanya akan memiliki kandungan yang berbeda-beda, tergantung pada produsennya.  

Sementara jika produknya dibuat dari jus pepaya asli, maka ini sangat menguntungkan karena terdapat lebih banyak bahan pepaya alami di dalamnya.

Periksa bahannya

Pilihlah produk yang dibuat dengan metode produksi tradisional dengan menggunakan lemak hewani atau nabati. Soalnya, produk yang dibuat dengan bahan dasar tradisional akan memberikan kelembutan maksimal pada kulit.

Baca Juga :  Butuh Rekomendasi Kado? Ini 12 Hadiah Anti Mainstream Untuk Pasangan

Disarankan untuk menghindari produk yang menggunakan surfaktan sintetis seperti SLS atau sodium lauryl sulfate.

Pastikan kandungan pewangi

Aroma menjadi salah satu hal yang penting dalam penggunaan sabun. Terdapat sabun pepaya yang menggunakan bahan dasar sebagai aroma alaminya. Tetapi ada juga yang menambahkan pewangi sintetis.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk memperhatikan kandungan bahan pewangi yang ada pada produk pembersih tubuh ini.

Efek Samping Sabun Pepaya

Foto: www.freepik.com

Meski memiliki berbagai macam manfaat pada kulit, namun pembersih ini kemungkinan tidak aman untuk semua orang. Apalagi jika kamu memiliki alergi terhadap pepaya atau lateks.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan sabun pepaya ada baiknya kamu melakukan uji coba dengan mengaplikasikannya pada area siku.

Jika setelahnya muncul reaksi alergi seperti bengkak, gatal, atau kemerahan, sangat dianjurkan untuk menghentikan penggunaan produk dan berkonsultasi pada dokter kulit.

Rekomendasi Produk

Ini delapan rekomendasi sabun pepaya terbaik 2021.

Bathaholic Papaya Smoothies Natural Soap

Sabun pepaya yang satu ini juga mengandung bahan-bahan alami lainnya termasik minyak bunga matahari, castor oil, dan grapeseed oil yang dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit.

Tidak berhenti sampai di situ, ternyata produk ini juga diperkaya dengan minyak esensial yang memberikan relaksasi pada tubuh dan suasana hati.

Untukmu yang ingin mencoba menggunakan sabun pepaya, maka tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan produk ini secara rutin karena dapat memberikan berbagai macam manfaat pada kulit.

Nubian Heritage Coconut & Papaya Bar Soap

Tak hanya membersihkan kulit dari kotoran, produk ini juga membantu mengeksfoliasi kulit sekaligus menutrisinya dengan baik.

Tak hanya mengandung buah pepaya, di dalamnya juga ada biji vanilla, minyak biji bunga matahari, dan kelapa yang mampu menghidrasi sekaligus melembutkan kulit.

Jadikanlah produk ini sebagai perawatan tubuhmu sehari-hari yang dapat menjadikan kulit terasa lembut sekaligus bernutrisi.

Bath and Body Works Island Papaya Gentle Foaming Hand Soap

Ingin tanganmu terasa halus dan lembut? Cobalah gunakan Bath and Body Works Island Papaya Gentle Foaming Hand Soap yang mengandung minyak esensial di dalamnya.

Tak hanya itu, berkat busanya yang sangat kaya juga akan membantu kulit lebih terhidrasi. Sabun khusus untuk mencuci tangan ini juga memiliki aroma buah tropis yang menyegarkan.

Nworld Nlighten Kojic Papaya Soap

Skinpure Enzyme Crystal Bar Papaya Soap

Skinpure Enzyme Crystal Bar Papaya Soap merupakan produk serbaguna yang bisa diaplikasikan pada seluruh tubuh, wajah, hingga kulit kepala. Sabun pepaya ini bisa membantu menghilangkan sisa-sisa make up yang ada di wajah.

Selain itu, kotoran, debu, komedo, dan jerawat yang ada di wajah juga bisa hilang saat menggunakan produk ini.

Tidak hanya itu, sabun ini juga bisa membantu menghilangkan ketombe dan mencegah rambut menjadi berminyak.

Kojie San Pureganics Papaya Whitening Soap

Ingin kulit menjadi lebih cerah? Ternyata Kojie San Pureganics Papaya Whitening Soap merupakan sabun mandi yang terbuat dari bahan organik dan berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, produk ini juga mencegah adanya pigmentasi dan sangat cocok untuk digunakan pada kulit sensitif.

Supaya memberikan hasil akhir yang lembap, kamu bisa menambahkan losion setelah mandi dengan menggunakan sabun pepaya ini.

Dr. Woods Raw Black Coconut Papaya Soap

Dr. Woods Raw Black Coconut Papaya Soap mengandung 100% bahan alami yang terdiri dari shea butter, coconut milk, dan ekstrak pepaya yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Sabun cair ini juga dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan mampu menjaga kelembapan kulit.

Untuk hasilnya yang maksimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan produk ini secara rutin setiap harinya.

Nature Skin Shop Mango Papaya Sugar Soap Scrub

Pembersih sekaligus pelembap kulit ini mampu memberikan nutrisi yang baik untuk kulit. Diperkaya dengan kandungan pepaya, mangga, dan minyak almond, membuatnya juga dapat merevitalisasi kulit dengan baik.

Meski merupakan produk scrub yang ringan, namun produk ini diperbolehkan untuk digunakan sehari-hari. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami iritasi.