13 Rekomendasi Light Novel Yang Bisa Dibaca Dalam Waktu Singkat

light novel
Foto: Istimewa

Berbeda dengan jenis novel biasanya, light novel merupakan bacaan ringan yang biasanya disertai dengan ilustrasi menarik di dalamnya. Umumnya memiliki jumlah halaman yang sedikit dan alurnya yang tidak kompleks.

Sehingga, kebanyakan light novel bisa selesai dibaca dalam jangka waktu yang cepat. Jika kamu sedang mencari rekomendasi novel ringan, maka berikut 13 rekomendasi yang wajib dibaca.

The Little Prince | Antoine de Saint-Exupery

Foto: www.goodreads.com

Buku yang memiliki halaman tipis ini mengisahkan tentang seorang pilot yang harus terdampar di tengah Gurun Sahara. Persediaan makanan dan minuman yang dimilikinya nyaris habis, dan ia harus berhadapan di antara hidup dan mati.

Namun suatu ketika muncul seorang Pangeran Kecil yang memintanya untuk menggambarkan biri-biri. Ternyata pangeran ini sedang mencari pengalaman baru dengan berkeliling di jagat raya.

Convenience Store Woman | Sayaka Murata

light novel
Foto: www.goodreads.com

Light novel yang berasal dari Jepang ini menceritakan tentang sosok wanita berusia 36 tahun yang bernama Keiko Furukura. Ia telah bekerja di sebuah minimarket selama 18 tahun.

Hal tersebut pun membuat orang-orang bertanya mengapa ia bisa bekerja menjadi pegawai minimarket sepanjang hidupnya. Apalagi ia juga tidak berpikir untuk mencari pasangan, menikah, dan memiliki anak.

Karena memiliki pemikiran tersebut, Keiko pun merasa dikucilkan dan dianggap berbeda oleh masyarakat sekitar. Keluarga dan teman-temannya pun mulai khawatir dengan kondisinya.

Padahal selama ini, Keiko merasa nyaman menjalani kehidupannya. Namun sayang, ia harus keluar dari zona nyamannya supaya bisa diterima layaknya manusia normal.

Kim Ji Young, Born 1982 | Cho Nam Joo

Foto: www.goodreads.com

Selama hidupnya, Kim Ji Young selalu merasakan ketidakadilan. Sebab, ia selalu di-bully oleh guru prianya di sekolah, bahkan menjadi karyawan teladan yang tidak pernah mendapatkan promosi.

Tak hanya itu, ia juga menjadi seorang istri yang melepaskan karir dan kebebasannya demi mengasuh anak. Siapa sangka, hal-hal tersebut membuat diri Ji Young mulai berubah.

Ia bertingkah aneh dan mulai mengalami depresi karena tekanan yang selama ini dialaminya.

Ten Years Challenge | Mutiarini

light novel
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Di usianya yang menginjak 27 tahun, Agastya Renandi merasa hidupnya telah hancur. Sebab ia baru saja diputuskan secara sepihak oleh kekasihnya yang bernama Diga.

Karena kejadian tersebut, ia pun terancam kehilangan pekerjaannya di perusahaan milik Diga. Untuk menghibur hatinya yang merasa sakit, perempuan yang akrab disapa Atya pun memutuskan untuk menghadiri reuni SMA.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Cerita Novel Terbaik Sepanjang Masa

Namun sayang, kemalangan menimpa hidup Atya. Karena di perjalanan pulang dari reuni, ia harus mengalami kecelakaan.

Anehnya, ketika tersadar dan membuka mata, Atya justru mendapatkan kesempatan untuk menjalani kembali masa SMA. Ia harus memperbaiki semua kesalahan yang telah diperbuatnya selama remaja.

Sustainable Me | Via Apriyani

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Menurut penulis, Swedia merupakan negara yang paling sustainable dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, Via Apriyani pun mengungkapkan gaya hidup ramah lingkungan dari negara asal Ikea ini.

Apalagi ia sudah mengalaminya sendiri ketika tinggal di Swedia. Maka setelah membaca bukunya sampai habis, tak heran jika muncul keinginan untuk tinggal di negara yang satu ini.

Selain itu, penulis juga menambahkan beberapa informasi mengenai perubahan iklim yang tengah menjadi masalah serius di dunia.

A Wrinkle in Time |  Madeleine L’Engle

light novel
Foto: www.amazon.com

Karena ayahnya yang menghilang secara misterius, hal ini membuat Meg Murry harus mendapatkan perlakuan buruk di usianya yang sangat muda. Tatapan dan komentar jahat dari lingkungan sekitarnya terus-menerus ia dapatkan.

Karena kesal dengan perlakuan yang selama ini ia alami, akhirnya Meg memutuskan untuk mencari sang ayah. Dengan dibantu oleh sang adik dan seorang laki-laki bernama Calvin, mereka pun menjelajahi waktu.

Rekomendasi light novel yang satu ini akan sangat cocok dibaca di akhir pekan, ketika kamu memiliki waktu senggang.

Diary of a Murderer | Kim Young Ha

Foto: www.goodreads.com

Kim Byeong Su adalah mantan pembunuh berantai yang berusia 70 tahun. Namun ia mulai mengalami hilang ingatan karena demensia.

Untuk mempertahankan ingatannya, ia pun mencatat semua hal yang terjadi pada dirinya. Termasuk kehadiran kekasih putrinya yang dicurigai sebagai pembunuh berantai.

Ia merasa harus memastikan bahwa putri kesayangannya tidak menjadi korban laki-laki tersebut. Byeong Su pun akhirnya memutuskan untuk melakukan hal yang sudah lama tidak ia lakukan.  

Never Let Me Go | Kazuo Ishiguro

Foto: www.amazon.com

Kath, Ruth, dan Tommy merupakan manusia kloning yang dibesarkan di sekolah khusus yang terpisah dari dunia luar.

Seperti layaknya manusia, persahabatan antara Kath, Ruth, dan Tommy pun juga disertai dengan adanya konflik-konflik ringan. Termasuk bibit romansa antara Kath dengan Tommy.

Namun sayang, setelah keluar dari sekolah dan harus tinggal di dunia luar, persahabatan ketiganya jutsru mulai retak. Hal ini bahkan membuat Kath akhirnya pergi meninggalkan dua sahabatnya tersebut.

Bet Me | Jennifer Crusie

Foto: www.goodreads.com

Katanya obat move on terbaik adalah mencari laki-laki baru. Oleh sebab itu, Min Dobbs pun mengikuti kencan buta dan akan bertemu dengan seorang pria bernama Calvin.

Atas dorongan dari sahabatnya, Min berniat untuk menghampiri pria tampan tersebut. Namun sayang, tiba-tiba Min mendengar bahwa Calvin dan mantan pacarnya justru bertaruh atas dirinya.

Baca Juga :  Panduan Bagaimana Belajar Bersyukur bagi Kaum Skeptis dan Pesimis

Usahanya untuk mendapatkan kekasih baru pun harus gagal karena ia baru saja meninggalkan Calvin, dan merasa ilfil pada laki-laki tersebut.

Norwegian Wood |  Haruki Murakami

Foto: www.goodreads.com

Saat mendengarkan lagu Norwegian Wood, Toru Watanabe selalu mengingat seseorang yang pernah mencuri hatinya. Ia pun bernostalgia ke masa 20 tahun silam, di mana Toru masih berusia 18 tahun.

Di mana pada usia itu, ia mengalami banyak kejadian yang sangat berkesan. Mulai dari ditinggal sahabat karibnya yang meninggal karena kecelakaan. Hingga kisah percintaannya yang penuh drama dengan dua wanita.

Animal Farm | George Orwell

Foto: www.goodreads.com

Seekor babi putih bernama Major tiba-tiba masuk ke dalam kandang ketika Jones lupa untuk menutupnya. Tidak disangka, babi putih ini bercerita tentang mimpinya yang ingin memberontak pada manusia.

Semua hewan pun mulai tertarik dengan cerita tersebut. Hingga akhirnya, pemberontakan mulai benar-benar terjadi.

Kekuasaan pun mulai dipimpin oleh dua babi cerdas yang bernama Snowball dan Napoleon. Keduanya berhasil menggulingkan manusia yang sering berlaku semena-mena terhadap mereka.

Can You Keep a Secret | Sophie Kinsella

light novel
Foto: www.goodreads.com

Karena turbulensi pesawat yang terjadi secara tiba-tiba, hal ini membuat Emma merasa panik. Dalam keadaan antara sadar dan tidak, gadis ini mulai membeberkan rahasianya pada pria asing yang duduk di sebelahnya.

Tidak diduga, pria tersebut adalah Jack Harper, pendiri Panther Corporation tempat di mana Emma bekerja. Setelah mengetahui hal tersebut, Emma pun merasa malu dan selalu ingin menghindari Jack.

Bridget Jones’s Diary | Helen Fielding

light novel
Foto: www.goodreads.com

Bagi Bridget, yang dapat membuatnya bahagia hanyalah tiga hal. Yakni berhasil menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan punya ketenangan batin.

Soalnya, wanita lajang yang berusia 30 tahun ini sering dijodohkan oleh orang-orang di sekitarnya. Namun sayang, perjodohan itu tidak selalu berhasil.

Saat ini ia pun berusaha untuk memperbaiki diri agar bisa diterima di dunia yang kejam, di mana segala sesuatunya ditentukan oleh penampilan.