14 Rekomendasi Novel dengan Cerita Ringan dan Inspiratif

novel ringan
Foto: Istimewa

Meski sebagian orang malas membaca buku karena merasa bahwa topiknya terlalu berat, namun sebenarnya ada banyak novel ringan dan bagus yang bisa kamu baca. Mulai dari genre romantis hingga petualangan, berikut 14 rekomendasi novel ringan dan inspiratif.

Convenience Store Woman | Sayaka Murata

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Pernahkah kamu menjadi seperti sosok yang dikucilkan masyarakat? Padahal sebenarnya kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Hal ini juga dialami oleh Keiko Furukura, sorang wanita berusia 36 tahun yang sudah bekerja di sebuah minimarket selama 18 tahun.

Orang-orang pun kebingungan dengan Keiko yang menjadi pegawai paruh waktu sepanjang hidupnya, apalagi ketika wanita ini tidak berkeinginan untuk mencari pasangan, menikah, dan memiliki anak. Hal-hal tersebut pun membuat Keiko merasa dikucilkan dan dianggap berbeda. Padahal sesungguhnya, ia merasa nyaman dengan kondisinya saat ini.

Fahrenheit 451 | Ray Bradbury

Foto: www.goodreads.com

Guy Montag merupakan seorang petugas kebakaran yang bertugas untuk membakar buku-buku. Pasalnya, saat itu buku dianggap sebagai sumber dari segala kekacauan yang terjadi. Hingga akhirnya, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Clarisse McClellan, yang membuatnya penasaran dan mulai memutuskan untuk membaca buku secara sembunyi-sembunyi.

Sustainable Me | Via Apriyani

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Katanya, Swedia merupakan negara yang paling sustainable dan ramah lingkungan di dunia. Hal ini pun menjadi topik yang diangkat dari buku ini. Via Apriyani sengaja membeberkan inspirasi gaya hidup ramah lingkungan ala negara asal Ikea yang pernah ia alami sendiri ketika tinggal di Swedia.

Tidak hanya itu, buku ini juga menambahkan informasi yang bisa menambah wawasan kita terkait isu perubahan iklim yang saat ini sedang menjadi salah satu masalah utama.

Ten Years Challenge | Mutiarini

Foto: www.goodreads.com

Jika kamu memiliki kesempatan untuk kembali ke 10 tahun yang lalu, apa yang akan kamu lakukan? Mungkin kamu juga akan melakukan hal yang sama seperti Atya. Pasalnya, perempuan ini tiba-tiba harus kembali ke masa SMA.

Karena hidupnya berantakan, maka ia pun mulai memperbaiki semua kesalahan yang telah diperbuatnya selama remaja. Atya pun mulai fokus untuk mencari cara agar hidupnya bisa berubah dan menjadi lebih baik.

Animal Farm | George Orwell

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Sejak Jones lupa menutup pagar kandang ayam, seekor babi putih bernama Major pun masuk dan bercerita tentang mimpinya yang ingin memberontak pada manusia.

Hingga akhirnya, mimpi tersebut menjadi nyata, dan pemberontakan benar-benar terjadi. Kekuasaan para manusia pun mulai digulingkan di bawah pimpinan dua babi cerdas, yakni Snowball dan Napoleon. Novel legendaris ini wajib dibaca setidaknya sekali seumur hidup.

Kim Ji-Young, Born 1982 | Cho Nam Joo

Foto: www.goodreads.com

Kim Ji Young merupakan seorang anak perempuan yang sudah merasakan perbedaan perlakuan sejak kecil. Apalagi ketika ia memasuki masa-masa sekolah, yang sering mendapatkan perlakuan berbeda terkait masalah gender.

Seperti ketika siswa laki-laki diperbolehkan memakai sepatu olahraga, sepatu bola, bahkan sepatu lari, sedangkan anak perempuan hanya diperbolehkan memakai sepatu biasa.

Beranjak dewasa, ternyata perbedaan itu pun tetap ia rasakan, bahkan hingga ia melahirkan anak perempuan. Meski sudah merasa muak dengan kehidupannya, namun Ji Young tetap berusaha menjalaninya meski ia merasa seperti kehilangan dirinya sendiri.

Defending Jacob | William Landay

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Andy Barber merupakan seorang asisten jaksa yang dihormati. Ia pun hidup bahagia dengan istrinya, Laurie, serta sang anak, Jacob. Akan tetapi, keluarga Andy tiba-tiba berubah sejak terjadinya peristiwa pembunuhan yang terjadi di dekat rumah mereka. Pasalnya, Jacob dituduh sebagai pembunuh.

Sebagai seorang Ayah, Andy pun terus melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan sang putra. Namun ternyata kasus tersebut tetap berlanjut dan semakin melebar dan berdampak ke kehidupan keluarganya.

A Wrinkle in Time | Madeleine L’Engle

Foto: www.goodreads.com

Meg Murry adalah seorang anak perempuan yang selalu mendapatkan perlakuan buruk di usianya yang sangat muda. Tak hanya itu, tatapan dan komentar sinis tentang ayahnya yang seorang ilmuwan pun masih sering ia dapatkan. Padahal ayahnya telah menghilang secara misterius.

Meg pun akhirnya melakukan perjalanan untuk menemukan sang ayah. Dibantu dengan sang adik, Charles, dan seorang laki-laki bernama Calvin, akhirnya mereka menjelajahi waktu demi mencari sang ayah.

Go Where Your Heart Takes You | Susanna Tamaro

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Novel ringan ini mengisahkan tentang seorang nenek bernama Olga yang menuliskan cerita hidupnya untuk sang cucu. Beberapa rahasia pun mulai diungkapkan dari kisah hidup Olga, termasuk pengalaman cinta dan pernikahan.

Meski hubungan Olga dan cucunya tidak berjalan dengan baik, namun ia sangat mencintai cucunya. Hal ini pun yang mendorong Olga untuk menuliskan kisah hidupnya dengan sangat lengkap. Karena menurutnya, ia bisa lebih mudah untuk menyampaikan nasihat penting agar cucunya memiliki hidup yang lebih baik.

The Yellow Wall-Paper | Charlotte Perkins Gilman

Foto: www.goodreads.com

Seorang pasangan suami istri memutuskan untuk berlibur dan menyewa sebuah rumah. Hal ini mereka lakukan untuk menyembuhkan sebuah penyakit kejiwaan yang diduga sedang diderita oleh sang istri.

Meski sang istri meyakini bahwa dirinya masih berada dalam kewarasan yang wajar, namun sang suami, John, dan seluruh keluarga meragukannya.

Sayangnya, tidak ada pilihan lain bagi sang istri untuk menuruti semua perintah John. Padahal sang istri selalu diliputi rasa takut, apalagi ketika ia melihat seorang sosok wanita yang keluar dari sudut dinding yang tertutup wallpaper berwarna kuning.

The Little Prince | Antoine de Saint-Exupery

novel ringan
Foto: www.goodreads.com

Seorang Pangeran Cilik sedang berkeliling ke planet lainnya untuk mencari sebuah pengalaman baru. Ketika tiba di planet ketujuh, yakni Bumi, ia bertemu dengan seorang pilot yang terdampar di gurun.

Pangeran Cilik pun menemani sang pilot untuk memperbaiki pesawatnya dengan melemparkan pertanyaan secara terus-menerus. terjuyal sebanyak 140 juta kopi di dunia, buku ini menjadi salah satu buku terlaris dan paling banyak diterjemahkan (301 bahasa dan dialek!).

The Book Thief | Markus Zusak

Foto: www.goodreads.com

Salah satu keunikan dari novel ringan ini adalah dinarasikan oleh malaikat maut yang bercerita bahwa ia telah bertemu dengan seorang anak bernama Liesel sebanyak tiga kali.

Ketika berusia 11 tahun, Liesel ditinggalkan oleh adiknya yang meninggal di gerbong kereta. Kemudian tak lama, sang ibu meninggal, dan menyebabkan Liesel harus tinggal bersama orang tua asuhnya.

Lalu, malaikat maut kembali bertemu Liesel ketika bom yang merenggut nyawa kedua orang tua asuhnya. Malaikat maut pun juga menyampaikan perasaannya ketika harus mengambil nyawa manusia.

Bet Me | Jennifer Crusie

Foto: www.goodreads.com

Min Dobbs baru saja dicampakkan oleh sang kekasih yang bernama David. Karena terus-menerus merasa galau, akhirnya para sahabatnya menyarankan untuk move on dan mulai mencari laki-laki baru.

Akhirnya, pilihan Min jatuh kepada seorang pria bernama Calvin. Ketika akan memperjuangkan perasaannya, Min justru mendengar bahwa Calvin dan David justru bertaruh atas dirinya.

Pride and Prejudice | Jane Austen

Foto: www.goodreads.com

Menurut Elizabeth, Mr. Darcy merupakan sosok yang angkuh, sombong, dan menyebalkan. Kebenciannya pun semakin bertambah ketika Elizabeth mengetahui bahwa laki-laki tersebut telah melakukan hal yang menurutnya tidak bisa dimaafkan.

Butuh waktu lama bagi Elizabeth untuk memahami sisi lain dari Mr. Darcy yang ternyata memiliki segudang kebaikan. Hingga akhirnya, gadis itu pun menyadari bahwa perasaannya terhadap Mr. Darcy mulai berubah menjadi cinta.