Selain Rasanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

kedondong
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Kebanyakan dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedondong. Buah yang agak asam dan segar ini memang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Selain rasanya yang lezat, ternyata buah yang tumbuh di iklim tropis ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui dampak baik dari mengonsumsi buah yang satu ini.

Apa Itu Kedondong?

kedondong
Foto: www.freepik.com

Kedondong atau yang memiliki nama lain ambarella dengan nama ilmiah Spondias dulcis merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Biasanya tanaman ambarella akan tumbuh subur di iklim panas, dan banyak tumbuh di negara India, Sri Lanka, Thailan, Malaysia, Indonesia, Jamaika, dan Barbados.

Umumnya pohon ini akan menghasilkan bunga kecil berwarna putih cerah yang akhirnya bertunas menjadi buah yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau atau kuning.

Ketika masih mentah, buahnya akan berwarna hijau dengan rasa yang asam. Biasanya sering dibuat menjadi selai dan acar, atau dimakan dengan garam.

Sementara ketika matang, warna buah akan berubah menjadi warna kuning dengan daging buahnya yang terasa lezat.

Apa Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan?

manfaat kedondong | | Selain Rasanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Selain rasanya yang segar, ternyata buah ini juga memiliki nutrisi yang mengesankan, mulai dar air, protein, lemak sehat, gula alami, hingga vitamin C. Tak berhenti sampai di situ, buah musim panas ini juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan terpenoid.

Meningkatkan fungsi jantung

Buah yang juga dikenal dengan sebutan golden apple ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa di dalamnya dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah normal, sehingga mampu mencegah risiko hipertensi.

Tak hanya itu, antioksidan ini juga dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga mencegah penyumbatan kolesterol LDL (buruk) di arteri. Berkat hal tersebut maka buah kedondong dapat meminimalisir penyakit jantung.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah tropis ini juga kaya akan kandungan vitamin C, sehingga sangat baik untuk menjaga mekanisme pertahanan dalam tubuh. Ketika kamu mengonsumsi buah ambarella, maka dapat membantu sintetis sel darah putih yang sehat, sehingga bisa memerangi infeksi dalam tubuh.

Vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam aliran darah, sehingga sangat penting untuk sintetis sel darah merah dan dapat mencegah anemia serta kelelahan.

Mengatasi masalah pencernaan

Berkat kandungan antioksidan yang ada pada buah kedondong, menjadikannya dapat bekerja secara sinergis untuk mengatasi masalah pencernaan. Seperti keluhan gastrointestinal umum yakni kembung dan gangguan pencernaan lain.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi ambarella adalah sebelum makan siang yang berat. Hal ini dapat membantu mengaktifkan cairan lambung di perut dan memfasilitasi asimilasi makanan yang lancar.

Meningkatkan penglihatan

Selain vitamin C, buah kedondong juga mengandung vitamin A. Karena hal tersebut, maka buah ambarella dapat ditambahkan ke dalam pengaturan pola makan secara teratur untuk membantu meningkatkan penglihatan yang sehat, baik pada anak-anak atau orang dewasa.

Kamu bisa mengolah golden apple ini menjadi jus, ditambahkan ke dalam salad, atau mengonsumsinya secara langsung. Sehingga nantinya bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) serta masalah penglihatan lainnya.

Memerangi infeksi kulit

Di dalam buah kedondong juga mengandung antimikroba yang dapat mengatasi beberapa masalah kulit, mulai dari kekeringan, psoriasis, lecet, dan luka lainnya.

Selain itu, antioksidan yang ada di buah tropis ini juga dapat merangsang sintetis kolagen. Sehingga memperlambat penuaan dan mengurangi kerutan serta garis-garis halus.

Membantu menurunkan berat badan

Kedondong masuk ke dalam golongan buah rendah lemak dan karbohidrat tetapi tinggi terhadap serat.

Meski rendah kalori, namun buah tropis ini menyediakan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga bisa menjadi buah yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan air pada buah juga dapat memberikan rasa kenyang dan mencegahmu untuk makan secara berlebihan.

Bagaimana Mengonsumsi Buah Kedondong?

kedondong
Foto: www.canva.com

Terdapat banyak cara untuk mengonsumsi buah ambarella, mulai dari memakannya secara langsung, mencampurnya dengan garam, mengolahnya menjadi jus, atau menambahkannya ke dalam salad.

Namun jika ingin membuat hidangan yang berbeda, maka berikut resep yang bisa kamu tiru:

Siapkan beberapa bahan:

  • 400 gram kedondong yang telah dikupas atau diparut
  • 1 Irisan bawang bombay
  • Cabai hijau 1 buah
  • 1 gelas gula jawa 1 gelas
  • 1 batang kayu manis
  • 4 kapulaga
  • Daun kari
  • 1/2 sendok teh biji mustard
  • 2 gelas air
  • 2 sendok makan minyak
  • Garam secukupnya

Setelah bahan-bahan tersebut siap, maka selanjutnya kamu dapat menambahkan minyak. Sesudah minyak dipanaskan kemudian tambahkan biji mustard, daun kari, kayu manis, dan kapulaga.

Kemudian tambahkan irisan bawang bombay dan cabai hijau, lalu masak hingga berubah warna.

Di wajan yang terpisah, tambahkan dua gelas air dan gula merah, lalu didihkan hingga larut. Setelahnya saring air gula jawa tersebut untuk menghilangkan kotoran.

Saat bumbu telah matang, kamu bisa menambakan air gula jawa, parutan kedondong, dan sejumput garam. Kemudian masak dengan api sedang.

Kesimpulan

ambarella | | Selain Rasanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan
Foto: www.canva.com

Kedondong atau sering disebut ambarella ini merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Buah tropis ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, bahkan membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam golden apple.