Ini 4 Manfaat Bunga Telang Ungu Bagi Kesehatan

manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Beberapa dari kita mungkin sering menemukan bunga telang yang tumbuh di pekarangan rumah, dengan ciri khas dari bunganya yang berbentuk menyerupai corong dengan warna biru keunguan. Tapi siapa sangka, terdapat sederet manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan.

Ingin tahu lebih lanjut terkait manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan? Terus gulir artikel ini untuk menemukan dampak baik dan cara mengonsumsinya dengan mudah.

Apa Itu Bunga Telang Ungu?

manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Bunga telang yang dikenal dengan sebutan butterfly pea atau dengan nama ilmiah Clitoria ternatea, merupakan tanaman asli Asia yang memiliki bunga dengan warna yang mencolok, yakni biru keunguan.

Karena warnanya yang mencolok, sebagian orang menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai pewarna alami makanan.

Selain itu, biasanya bunga ini juga diolah menjadi teh herbal yang dapat diminum bersama serai, madu, dan lemon.

Meski lebih dikenal sebagai tanaman hias, namun terdapat manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Manfaat Bunga Telang Ungu

Foto: www.canva.com

Mengandung antioksidan

Bunga telang memiliki kandungan senyawa antosianin yang disebut ternatin, hal ini mampu memberikan warna cerah pada tanaman. Teratin juga terbukti dapat mengurangi peradangan dan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung beberapa antioksidan lain, di antaranya adalah:

  • Kemphferol: menurut sebuah studi, senyawa ini dapat membunuh sel kanker
  • Asam p-coumaric: satu penelitian menunjukkan bahwa asam p-coumaric dapat memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, dan antivirus yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit
  • Delphinidin-3.5-glukosida: antioksidan ini berperan untuk merangsang fungsi kekebalan tubuh dan menyebabkan kematian sel pada kanker kolorektal

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Beberapa produk kecantikan juga sering kali menambahkan bunga telang ke dalamnya. Menurut sebuah studi, ekstrak bunga ini dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% dalam satu jam setelah diaplikasikan secara topikal.

Menurut penelitian lain, ekstrak dari bunga telang juga secara efektif dapat mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Meski manfaat bunga telang ungu telah terbukti khasiatnya, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana tanaman ini dapat memengaruhi rambut dan kulit.

Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian meunjukkan bahwa butterfly pea dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa ekstrak bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak yang terlibat dalam perkembangan sel.

Selain itu, ternatin atau senyawa yang ada di dalam bunga telang juga dapat memblokir sintesis sel-sel lemak di tubuh.

Walau manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan sangat menggiurkan, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi cara kerja dari bunga telang dalam memengaruhi berat badan.

Menstabilkan kadar gula darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa tanaman ini dapat mengurangi risiko dan gejala diabetes.

Hal tersebut telah dibuktikan pada 15 pria yang mengonsumsi minuman dengan mengandung ekstrak bunga telang di dalamnya ternyata dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi kadar gula darah.

Selain itu, satu penelitian bahkan melaporkan bahwa sifat antioksidan yang ada di dalam bunga telang dapat melindungi kerusakan sel dan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

Namun, diperlukan penelitian tambahan untuk menentukan cara kerja butterfly pea dalam memengaruhi kontrol gula darah jangka panjang.

Cara Menggunakan Bunga Telang

manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Jika kamu ingin mencoba mengonsumsi bunga telang dan mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk mengolahnya menjadi teh herbal. Soalnya tanaman ini dikenal dengan rasanya yang unik dan warna biru keunguan yang cerah.

Untuk membuat teh bunga telang, cukup tambahkan sat sendok teh bunga kering ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan teh terendam selama 10-15 menit sebelum disaring.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon, jeruk nipis, atau madu untuk meningkatkan rasanya. Rasa asam dari buah juga akan mengubah warna minuman menjadi rona ungu tua.

Efek Samping Bunga Telang

Foto: www.freepik.com

Meski terdapat banyak manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan, namun beberapa orang mengalami beberapa efek samping seperti mual, sakit perut, dan diare setelah mengonsumsi tanaman yang satu ini. Akan tetapi tidak ada penelitian yang mendukung efek samping dari bunga telang.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kemungkinan besar tidak akan ada efek samping yang muncul.

Namun jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik atau sedang mengonsumsi obat-obatan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Bunga telang ungu merupakan bahan umum yang terkandung di dalam teh herbal, minuman campuran, bahkan beberapa produk kosmetik.

Beruntungnya, bunga ini kaya akan antioksidan dan sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Selain itu, bunga berwarna ungu ini juga memiliki sedikit efek samping, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang sedang.