Apa Sebenarnya Manfaat Hair Tonic? Ini Penjelasan Lengkap dari Ahli

manfaat hair tonic
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut yang berkilau dan sehat tentu menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Namun ternyata penggunaan sampo dan kondisioner pun belum cukup untuk menutrisi rambut. Untuk itu diperlukan tonik rambut untuk melengkapinya. Namun, apa sebenarnya manfaat hair tonic?

Simak penjelasan dari dr. Olivia Wibisono, Sp.DV Spesialis Dermatologi dan Venerologi dari Klinik Flora House of Beauty PIK dan RS Dokter Adam Talib Cikunir terkait manfaat hair tonic dan cara memilih produknya dengan tepat. 

Apa Itu Hair Tonic?

manfaat hair tonic
Foto: www.freepik.com

Hair tonic atau tonik rambut merupakan solusio yang diformulasikan khusus untuk memperbaiki pertumbuhan dan ketebalan rambut,” ujarnya.

Pasalnya, menurut Dokter Olivia merawat rambut tidak cukup hanya dengan menggunakan sampo dan kondisioner saja. “Hal ini dikarenakan rambut merupakan sel hidup yang perlu dirawat dan diberi nutrisi agar dapat tumbuh dengan sehat dan indah. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan hair tonic,” paparnya.

Terdapat beragam manfaat hair tonic, di antaranya adalah:

  • Membantu melembapkan scalp atau kulit kepala dan folikel rambut
  • Membantu mengurangi rambut bercabang
  • Mengurangi ketombe
  • Membantu menata rambut

Apa Saja Kandungan Dalam Hair Tonic?

Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, “kandungan hair tonic bervariasi sesuai dengan bahan aktif dan khasiatnya pada rambut,” tutur Dokter Olivia.

Berikut beberapa kandungan yang biasanya ada di dalam tonik rambut, yakni:

Ekstrak daun ginkgo

Dokter Olivia menuturkan bahwa kandungan ini dapat membantu pertumbuhan rambut melalui efek gabungan pada proliferasi dan apoptosis sel-sel di folikel rambut.

Gel lidah buaya

Rasanya sudah tidak asing dengan lidah buaya pada produk perawatan rambut, pasalnya tanaman ini digunakan secara tradisional untuk mengatasi rambut rontok dan membantu pertumbuhan rambut.

Rosemary

Rosemary “digunakan untuk merangsang pertumbuhan melalui efek antioksidan dari zat aktif yang terkandung di dalamnya, yakni asam rosmarinic,” ucapnya.

Baca Juga :  18 Rekomendasi Shampoo Anti Ketombe Terbaik Untukmu

Akar gingseng

Akar gingseng dipercaya memiliki aktivitas yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Sehingga sering kali menjadi bahan dari produk perawatan rambut.

Ekstrak biji anggur

Proanthocyanidins dari ekstrak biji anggur ternyata dapat meningkatkan proliferasi sel folikel rambut.

Bagaimana Cara Memilih Hair Tonic yang Tepat?

manfaat hair tonic
Foto: www.freepik.com

Dokter Olivia menyampaikan bahwa “kebanyakan hair tonic yang beredar di pasaran cenderung aman dan dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Akan tetapi lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala, serta manfaatnya, Misalnya jika masalah rambut rontok, maka pilihlah tonik rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok” jelasnya.

Hal terpenting ketika memilih hair tonic adalah dengan mempertimbangkan komposisinya. Karena hal tersebut bertujuan untuk mencegah munculnya efek samping. Seperti misalnya “pada hair tonic yang mengandung ethanol, maka sebaiknya penggunaannya sesuai dengan dosis anjuran,” imbuhnya.

Kesimpulan

Foto: www.xframe.io

Meski terdapat beragam hair tonic, akan tetapi ketika memilih tonik atau skincare untuk rambut maka kita perlu tetap berhati-hati. Karena pada prinsipnya, produk perawatan tersebut kita gunakan setiap hari atau dapat dikatakan sering, sehingga pilihlah yang aman dan berkhasiat,” pesannya.

“Apabila setelah pemakaian terjadi reaksi alergi seperti rasa panas, perih atau gatal, maka sebaiknya langsung dihentikan pemakaiannya,” saran Dokter Olivia.

Terdapat beberapa cara lain untuk menutrisi rambut selain menggunakan hair tonic, yakni dengan “penggunaan sampo yang mengandung bahan aktif berkhasiat, penggunaan kondisioner, perawatan rutin yang menggunakan keratin, dan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, zat besi, zinc, dan biotin,” tutupnya.

Rekomendasi Produk

O’Sweet Singapore Ginger Essence Hair & Scalp Toner

Essence yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki efek menyegarkan, melancarkan aliran darah, dan mengendalikan minyak serta pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, manfaat hair tonic  ini juga dapat memperbaiki rambut yang repuh dan rontok. Hal ini tentu berkat ekstrak ginseng dan akar jahe yang terkandung di dalam produk  O’Sweet Singapore Ginger Essence Hair & Scalp Toner.

Kérastase Spécifique Stimuliste Spray

Erhair Hair Grow Tonic

Diperkaya dengan vitamin, mineral, dan asam amino, produk ini berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dengan menutrisinya mulai dari akar, kulit kepala, hingga rambut. Erhair Hair Grow Tonic mengandung kopexil dan ekstrak panax ginseng yang mampu mengurangi kerontokan rambut.

Cukup semprotkan produk ini secara merata pada kulit kepala yang bersih. Jangan lupa untuk memberikan pijatan yang lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa menggunakannya secara rutin sebanyak satu sampai dua kali dalam sehari.

Shiseido The Hair Care Adenovital Scalp Tonic

Shiseido Adenovital Scalp Tonic berfungsi untuk mengkondisikan kulit kepala agar tetap lembap dan bersih. Tak hanya itu, produk ini juga secara efektif dapat membantu mencegah rambut menjadi rontok, berketombe, dan gatal-gatal. Sehingga mahkota rambutmu menjadi lebih bernutrisi dan indah.

Biotonic Hair Tonic

Biotonic Hair Tonic merupakan tonik rambut yang terbuat dari kandungan alami tumbuh-tumbuhan. Produk ini berfungsi untuk menumbuhkan rambut, mencegah kebotakan, memberi nutrisi, serta menguatkan akar rambut. Tak hanya itu, hair tonic ini juga mampu memperlambat tumbuhnya uban, memperbaiki kondisi kulit kepala, dan menghilangkan ketombe.

Cukup gunakan pada rambut kering atau basah, dan jangan lupa untuk memijitnya secara perlahan agar memudahkan kandungan tonik masuk ke dalam pori-pori.

Johnny Andrean Hair Tonic

Erha His Erha Hairgo Tonic

Hair tonic yang satu ini diformulasikan khusus untuk mengatasi rambut rontok pada pria. Produk ini bekerja dengan cara memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga membantunya untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, Erha His Erha Hairgo Tonic juga dapat menutrisi rambut dan kulit kepala.

Varesse Hair Tonic Concentrate

Mengandung bahan aktif herbal complex extract dan multivitamin, menjadikan produk ini dapat membantu mengurangi kerontokan, mempercepat pertumbuhan rambut, menutrisi, sekaligus merawat kekuatan akar sehingga rambut dapat tumbuh kuat dan sehat. Dengan penggunaan yang rutin, maka kamu dapat mendapatkan hasil yang maksimal hanya dalam 14 hari pemakaian.

Hair tonic yang bertekstur cair ini sangat mudah untuk digunakan, cukup semprotkan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut.

Eucalie Organic Hair & Scalp Treatment Oil - Power 10+

Minyak perawatan rambut dan kulit kepala ini mengandung lebih dari 10 tumbuhan paling kuat yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Mulai dari minyak kemiri, minyak biji teh hijau, minyak jarak, minyak kelapa murni, minyak argan, hingga vitamin A, C, D, dan E yang dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Produk ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, dan mengurangi kerontokan rambut.