10 Paduan Sempurna Tampil Chic dengan Celana Chinos Pendek

celana chinos pendek
Foto: www.gettyimages.com

Bagi sebagian orang, celana jeans merupakan pakaian andalan untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan. Namun ada satu lagi jenis bawahan yang tidak boleh terlewatkan untuk dipakai, yakni celana chinos pendek.

Identik dengan turunan warna cokelat, menjadikan pakaian yang terbuat dari bahan kain twill ini sering disebut dengan celana khaki.

Sesungguhnya, kata ‘chino’ merupakan sebutan yang diutarakan oleh orang Spanyol untuk celana berbahan twill yang digunakan sebagai seragam tentara Amerika dan Inggris yang diimpor dari China. Berkat bahannya yang ringan dan fleksibel, serta menghasilkan penampilan yang modern, menjadikan celana chinos pendek ini pun digemari oleh banyak orang.

Pasangkan dengan Sweter

Langkah pertama untuk mengenakan celana chinos pendek adalah dengan memadukannya bersama sweter kesayanganmu. Jangan lupa untuk lengkapi tampilan chic ini dengan mengenakan sneakers klasik yang kamu miliki.

Mango – Contrast-edge Sweater
celana chinos pendek
Marks & Spencer – Ticking Stripe Chino Short

Kombinasikan Bersama Outer Oversize

Untuk tampil lebih sempurna ketika mengenakan celana pendek, maka cobalah untuk memasangkannya dengan crop top dan luaran yang berukuran besar. Disarankan untuk memilih warna yang serupa pada bawahan dan outer yang akan digunakan.

ZARA – Blazer Crop Struktur
celana chinos pendek
Jacqueline De Yong – Dakota Life Chino Shorts White

Padukan dengan Sandal Bakiak

Agar penampilanmu lebih menarik, padukan celana chinos pendekmu dengan sandal bakiak yang unik. Tak hanya itu, gunakan atasan yang terdiri dari kaus putih yang dibalut dengan rompi rajut. Tambahkan tas mini bermotif untuk menambah keceriaan outfit-mu.

celana chinos pendek
ZARA – Celana Pendek Bermuda Berkancing
ZARA – Bakiak Kayu Kulit Stud

Gunakan Kemeja Putih nan Bersih

Cara paling cantik untuk mengenakan celana chinos pendek adalah dengan mangombinasikannya bersamaan dengan potongan berwarna putih. Cukup kenakan bawahan putih dan pasangkan dengan kemeja panjang warna serupa. Jangan lupa untuk lengkapi penampilanmu dengan menggunakan sepatu putih yang sering diandalkan.

celana chinos pendek
Mango – 100% Cotton Shirt
celana chinos pendek
Springfield – Chino Shorts with Belt

Kenakan Sandal Tinggi

Untuk memiliki penampilan yang elegan nan jenjang, kebanyakan orang akan mengenakan sandal tinggi. Meski akan membuatmu terkesan lebih seksi, namun penggunaan high heels ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kaki. Namun, kamu bisa menggunakannya sesekali.

Cobalah untuk memakai sandal hak tinggi berwarna lime dan pasangkan pada celana chinos pendek warna hitam.

celana chinos pendek
ZARA – Celana Bermuda High Waist Kancing
ZARA – Sepatu Hak Kitten Tanpa Tumit Kulit

Pasangkan dengan Kardigan Warna Cerah

Jika kamu ingin tampil sederhana namun tetap mengedepankan gaya, maka cobalah untuk memasangkan celana pendek dengan kardigan berwarna cerah, baik itu biru langit atau pun dusty pink. Penampilan kasual yang satu ini pastinya akan membuatmu tampak lebih chic.

H&M – Rib-knit Cardigan
celana chinos pendek
Jacqueline De Yong – Dakota Life Chino Shorts Beige

Padukan dengan Blazer

Blazer akan membuat segalanya menjadi lebih baik, apalagi ketika kamu menggunakan celana pendek. Jangan lupa untuk memasangkannya dengan sepatu Converse tinggi yang akan menjadikannya lebih keren dan sempurna.

Mango – Houndstooth Wool-blend Blazer
celana chinos pendek
ZARA – Celana Bermuda Garis Tipis

Gunakan Blus Warna Lembut

Meski menggunakan celana pendek akan membuatmu menjadi lebih santai, namun kamu juga tetap bisa bergaya semi-formal ketika mengenakan bawahan yang satu ini. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, maka cukup kenakan blus berwarna netral yang lembut. Nantinya jangan lupa untuk memasangkannya dengan loafers atau sepatu flat.

Mango – Double Baby-collar Shirt
ALDO – Adwauthiel Loafers

Kombinasikan dengan Kaus

Ketika memutuskan untuk menggunakan celana chinos pendek, maka jangan terlalu memikirkan dengan keras untuk mencari paduan yang tepat. Karena kamu bisa mengambil kaus kebesaran dan mengombinasikannya dengan sepatu kets kesayangan. Meski tampak sederhana, namun penampilan ini bisa kamu coba ketika ingin menghabiskan waktu dengan bersantai.

ZARA – T-shirt Oversize Motif Garis
celana chinos pendek
Converse – Chuck 70

Kenakan Jaket Kulit

Terkadang, seseorang mengambil celana chinos pendek dari tumpukan pakaian karena ingin tampil lebih sederhana. Namun, jika kamu berharap untuk memiliki outfit yang bisa menambah kepercayaan diri maka cobalah untuk menambahkan jaket kulit sebagai luaran.

Mango – Leather Biker Jacket
celana chinos pendek
ZARA – Celana Bermuda Motif

Tips Merawat Celana Chinos Pendek

celana chinos pendek
Foto: www.rawpixel.com

Karena bahan chino dapat digunakan untuk berbagai kesempatan, hal ini menjadikanmu perlu merawatnya dengan baik. Berikut cara merawat celana chinos pendek yang bisa kamu lakukan.

Tidak perlu sering dicuci

Bahan yang terbuat dari katun twill ini, merupakan bahan yang kuat. Sehingga, kamu tidak perlu sering mencucinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas celana dengan baik dan memperpanjang umur dari chino.

Bersihkan noda dengan alkohol

Ketika mendapati noda yang menempel pada celana chino, maka kamu cukup membersihkannya dengan alkohol. Ambil handuk yang telah diberi alkohol, lalu lap pada area noda yang ada pada celana. Setelah kotoran tersebut hilang, jangan lupa untuk mengeringkannya.

Balik celana ketika mencucinya

Jika kamu berniat untuk mencuci celana chinos pendek, maka jangan lupa untuk membalik celana. Tujuannya adalah untuk menjaga warna pakaian agar tetap stabil. Cara ini juga biasanya digunakan oleh banyak orang ketika mencuci celana jeans.

Cuci dengan manual

Mencuci celana chino dengan menggunakan tangan juga dapat membantumu untuk langsung membersihkan noda-noda yang menempel. Namun jika kamu memutuskan untuk menggunakan mesin cuci, maka atur putaran mesin pada putaran rendah hingga sedang.

Jangan gunakan pemutih

Hal yang paling disarankan untuk merawat bahan chino adalah jangan pernah menggunakan pemutih. Pasalnya hal ini bisa membuat warna dari pakaian akan luntur. Ketika ingin menyetrika celana chino, pastikan kamu menggunakan suhu yang rendah untuk menjaga warna dari bawahan yang satu ini.