13 Clay Mask yang Wajib Kamu Coba (Terutama Pemilik Kulit Berminyak dan Berjerawat)

Menurut dr. Listya Paramita, Sp.KK dari RSA Hospital As-Suyuthiyyah Pati dan ElshéSkin Aesthetic Clinic, clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah liat, yang biasanya berfungsi untuk membantu mengontrol atau mengurangi kelebihan minyak di kulit, mengeksfoliasi kulit dan membantu memperbaiki tampilan pori-pori.

Itulah sebabnya, Inneke Jane Hidajat, MD, MSc, seorang Dermatovenereologist dari Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, menyarankan bahwa clay mask adalah jenis masker yang lebih baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Ah, senangnya mendapatkan penjelasan yang super membantu seperti itu. Namun, dilemanya sekarang adalah masker tanah liat mana yang bisa kamu coba, soalnya ada begitu banyak pilihan di luar sana. Well, jangan panik karena LIMONE sudah mengompilasikannya untukmu. Berikut clay mask terbaik yang bisa kamu coba.

Fresh Umbrian Clay Pore Purifying Face Mask

Ini adalah clay mask yang bahan utamanya diproduksi di Umbria, Italia, dan kaya mineral sehingga membersihkan dan memurnikan kulit secara menyeluruh. Sementara kandungan astringent sandalwood dan air lavender di dalamnya befungsi menenangkan dan melembutkan kulit. Kamu hanya perlu mendiamkannya selama tiga hingga lima menit.

Bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang muncul. Yakni dengan mengoleskannya langsung pada area yang bermasalah dan tunggu hingga mengering, lalu bilas.

Aztec Secret Indian Healing Clay

Julukan “produk legendaris” mungkin tidak cukup menggambarkan masker ini. Masker ini hanya mengandung satu bahan: 100% calcium bentonite clay alami yang ampuh menyerap minyak berlebih dan menyedot kotoran yang menemepl di kulit. Rahasianya adalah bahan ini diambil dari abu volkanik dari Death Valley, California, dan dikeringkan dengan matahari selama enam minggu dalam temperatur yang tinggi.

Oh, karena hanya mengandung satu bahan, ini artinya masker ini bebas dari aditif dan fragrances. Rekomendasi cara pakai: campurkan dengan cuka apel atau air dengan komposisi yang seimbang.

Herbivore Botanicals Pink Clay Exfoliating Mask

Satu lagi clay mask berwarna pink. Masker ini mengandung bubuk tanah liat dengan formula anti-aging, yang artinya mengurangi garis halus dan mengembalikan elastisitas kulit. Tidak hanya itu, aromanya juga meenangkan, sehingga membuat terasa seperti di spa mahal saat memakainya.

Origins Original Skin Retexturizing Mask with Rose Clay

Pink clay ini merupakan kombinasi clay merah dan putih, dan cocok untuk kulit yang high maintenance. Bubuknya yang super halus baik untuk kulit yang sensitif. Tidak hanya warnanya yang menarik, masker ini dipenuhinya dengan jojoba beads dan willow herb dari Kanada untuk membuat kulit lebih lembut. Setelah penggunaan, warna kulit terlihat lebih rata dan pori terlihat lebih kecil. Aplikasikan di wajah (hindari area mata), dan diamkan selama 10 menit.

Kiehl’s Rare Earth Deep Pore Cleansing Mask

clay mask adalah

Produk ini telah menjadi masker klasisk selama bertahun-tahun. Dibuat dengan white clay yang berasal dari sungai Amazon, masker ini membantu memurnikan pori-pori dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Setelah memakai clay mask ini kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada sebum, kulit mati kotoran, dan kulit kering.

Meski cocok untuk semua jenis kulit, masker ini sangat berkhasiat untuk kulit yang cenderung berjerawat karena membersihkan pori-pori yang tersumbat. Oh, satu lagi: berkat kandungan aloe veranya, clay mask ini super lembut dan tidak mengiritasi kulit. Tidak heran jika disukai banyak orang?

Elizavecca Milky Piggy Carbonated Bubble Clay Mask

clay mask adalah

Satu lagi masker tanah liat favorit asal K-beauty. Produk saat ini berkhasiat melepaskan blackheads dan membuat kulit lebih cerah. Pssst… kamu pasti akan terkagum-kagum saat memakainya, dari busa berubah menjadi seperti awan. Jangan lupa memfoto diri sebelum membilasnya, ya.

L’Oréal Paris Pure-Clay Detox & Brighten Face Mask

clay mask adalah

Konsistensi clay mask ini berbeda dengan yang lain: creamy dan tidak mengering. Hasil akhirnya membuat kulit terasa lembap dan bersih. Dan jika kamu sedang mencari formula back-to-basic tapi ampuh, masker yang adalah andalan L’Oréal ini merupakan pilihan yang tepat. Campuran clay murni dan charcoal berfungsi membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan bekas makeup. Dan yang terbaik: harganya super terjangkau.

GlamGlow SuperMud Instant Clearing Treatment Mask

clay mask adalah

Ini adalah clay mask yang super terkenal di dunia maya. Dan mungkin karena hasilnya membuat kamu seperti memakai filter Instagram, alias super bersih dan kinclong. Masker ini membantu segalanya, mulai dari masalah jerawat, kemerahan, luka, bahkan ingrown hair. Dijamin, setelah memakainya kulit akan terasa super mega lembut. Ini berkat enam asam eksfolian yang terkandung di dalamnya.

Jeju Volcanic Clay Mousse Mask

clay mask adalah

Memiliki konsistensi seperti mentega, clay mask ini mengandung butiran-butiran kecil volkanik dari Jeju Islands, yang dikombinasikan dengan kaolin clay untuk mengatasi minyak berlebih dan kotoran dari pori-pori. Masker ini juga berfungsi sebagai eksfoliator, yang langsung mencerahkan kulit.

Laneige Mini Pore Waterclay Mask

clay mask adalah

Satu lagi clay mask asal Korea Selatan yang juga akan membuat kamu jatuh cinta dengan produk ini. Dengan tekstur yang seperti gel, masker ini mengandung lumpur mineral dari Yellow Sea, yang berfungsi mengatasi minyak berlebih tanpa membuat kulit tipis dan kering.

Biossance Squalane + Tea Tree Detox Mask

clay mask adalah

Terkadang kulit kering juga bisa memakai clay mask, karena kemampuannya memurnikan kulit. Kuncinya adalah menemukan produk yang tepat, seperti green clay dari Prancis ini yang bisa mengurangi jerawat, dan kandungan squalane yang menjaga semua jenis kulit lembap dan lembut.

Charlotte Tilbury Goddess Skin Clay Mask

clay mask adalah

Tidak hanya kemasannya yang cantik, tapi produk dari Charlotte Tilbury ini ampuh. Clay yang dipakai produk ini berasal dari Spanyol yang memiliki kekuatan menyerap minyak berlebih. Plus, formula anti-aging dan reship oil yang mengembalikan kekenyalan kulit, serta almond oil yang memberikan gizi untuk kulit.

Cold Plunge Pore Mask

clay mask adalah

Ah, perasaan ketika masker ini menempel di kulit untuk pertama kalinya, sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Pokoknya, segar dan mewah. Kandungan alpine willow herb dan snow lotus menenangkan dan mengencangkan kulit, serta bentonite dan kaolin membershikan kotoran. Proses membersihkan sisa masker dari kulit pun super mudah.

Selanjutnya: Ini daftar rekomendasi masker organik terbaik.