6 Cara Trendi Pakai Sandal Heel Tanpa Bikin Kaki Sakit

heel sandal
Foto: www.freepik.com

Meski memiliki risiko cedera pada kaki, namun penggunaan heel sandal tetap digemari oleh banyak wanita. Pasalnya, alas kaki tinggi ini mampu meningkatkan rasa percaya diri karena dapat membuat penampilan lebih elegan dan menawan.

Dengan tumit yang lebih tinggi dari jari kaki, hal tersebut menjadikan penumpu beban tubuh hanya berada di bagian belakang kaki. Sehingga, semakin sering seseorang mengenakan high heels maka risiko cederanya semakin besar.

Untuk itu pemakaian alas kaki ini pun perlu diperhatikan dengan baik. Berikut cara menggunakan heel sandal yang aman dan nyaman.

Tips Menggunakan Sandal Heels yang Aman

heel sandal
Foto: www.unsplash.com

Untuk meminimalisir terjadinya cedera, maka berikut tips memilih heel sandal yang aman untuk digunakan.

Pastikan ukurannya sesuai

Agar tetap terasa nyaman ketika menggunakan sandal tinggi, maka pastikan kamu memilih high heels dengan ukuran yang pas dengan kaki. Pasalnya, sandal dengan ukuran yang pas tidak akan membuat kakimu menjadi tergelincir ke depan dan menambah tekanan pada jari kaki.

Jangan memaksakan kakimu untuk menggunakan ukuran yang tidak sesuai, karena nantinya akan membuatmu merasa tidak nyaman dan mengganggu kesehatan kaki.

Pilih bahan yang lembut

Ketika ingin membeli sandal tinggi, maka kamu bisa memerhatikan bagian bahan yang digunakan. Karena hal ini dapat mengurangi dampak buruk bagi kesehatan kaki. Bahan yang lembut dengan tekstur yang halus, seperti mesh dan beludru bisa membuat kakimu terasa nyaman ketika menggunakan heels.

Gunakan cushion pad

Untuk mengurangi rasa pegal ketika menggunakan sepatu hak tinggi, maka cobalah menambahkan cushion pad atau insole. Karena bahan tersebut dapat membantu meringankan beban kaki ketika berjinjit dan berjalan. sehingga area telapak kaki pun tidak terasa nyeri dan perih.

Sesuaikan tinggi hak

Umumnya, high heels memiliki tinggi hak sekitar 3-8 cm. Jika kamu telah terbiasa untuk menggunakan sandal tinggi, rasanya menggunakan hak di atas 5 cm tentu bukan menjadi kendala yang besar. Bahkan tak jarang kebanyakan orang juga menggunakan heels setinggi 10 hingga 12 cm.

Namun untuk digunakan sehari-hari, maka dianjurkan untuk memilih sepatu dengan hak yang pendek. Serta usahakan untuk memilih ujung heels yang lebar dan tidak runcing.

Beri jeda untuk pemakaian heels

Untuk menjaga kesehatan kaki, maka dianjurkan untuk tidak menggunakan heel sandal sepanjang hari. Cukup gunakan alas kaki tersebut pada saat-saat tertentu, seperti ketika meeting. Setelahnya, kamu bisa mengganti dengan sepatu yang lebih nyaman seperti sandal atau sepatu olahraga.

Gunakan alas kaki yang dapat membuatmu bisa bergerak dengan leluasa, karena hal tersebut dapat membuat kaki, pinggang, dan punggung tidak menjadi kaku.

Lakukan peregangan

Pastikan kamu meluangkan waktu untuk melemaskan otot dan kaki yang kaku. Salah satu cara meregangkan kaki adalah dengan menaruh pensil di lantai dan cobalah untuk mengambilnya menggunakan jari kaki. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk memijat secara perlahan dan lembut pada area telapak kaki.

Rekomendasi Heel Sandal

Berikut delapan rekomendasi heel sandal yang bisa kamu pilih.

Charles & Keith Sandal Leather Sculptural Heel

Jika kamu ingin menjadi pusat perhatian karena memilki penampilan yang menarik, maka cobalah memasuki ruangan dengan heel sandal unik yang satu ini. Dengan terbuat dari kulit domba nappa dan pahatan pada area tumit yang berbeda dari desain alas kaki lainnya, dijamin sepatu ini akan membuatmu terkesan sempurna.

Tak hanya untuk digunakan ke pesta, kamu juga tetap bisa memakai sandal tinggi ini dengan blus yang dipadukan dengan jeans kesayanganmu.

Zara Sepatu Mule Rata Tali Samping

heel sandal

Untukmu yang tidak terlalu menyukai hak tinggi namun ingin tampil dengan jenjang, maka sepatu mule dari Zara yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, alas kaki ini memiliki hak setinggi 3 cm dengan detail tali pada bagian samping, sehingga bisa melindungi kaki selama berjalan.

Dengan menggunakan bahan yang elastis, nantinya kakimu dijamin tidak akan lecet meski harus menggunakan sandal ini dalam jangka waktu yang lama.

Steve Madden Idelle

heel sandal

Ingin menambilkan sesuatu yang menarik perhatian mata? Coba kenakan alas kaki tinggi yang satu ini. Pasalnya, sandal Steve Madden Idelle memiliki tambahan stud multiwarna yang dijamin akan membuat orang-orang melirik tampilan kakimu.

Dengan insole dan upper yang dibuat dari TPU, atau bahan yang nyaman, hal tersebut akan memudahkanmu untuk melangkahkan kaki. Sepatu ini siap menemanimu ke manapun pergi, mulai dari kondangan hingga jalan-jalan ke mal. Padukan dengan jogger kesayanganmu atau poplin dress warna putih.

Coach Ankle Strap Heel

heel sandal

Sepatu jenis kitten heel pump ini menjadi salah satu barang yang akan cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu formal maupun kasual. Dengan terbuat dari kulit yang halus dan dilengkapi oleh gesper cantik yang akan melingkari bagian ankle, nantinya kakimu akan tampak lebih anggun dan menggemaskan. Untuk duet mematikan, coba kombinasikan dengan rok pensil.

Earth Circus Cece Heels Black

Sandal tinggi ini memiliki detail tali serta hak dengan desain yang unik. Sehingga akan sangat cocok untuk dikenakan bersamaan dengan gaun midi kesayanganmu. Menariknya, alas kaki ini dibuat dengan 100% kulit asli, sehingga akan menambah kesan elegan pada penampilanmu.

Camper Twins

heel sandal

Walau kebanyakan orang lebih memilih menggunakan warna netral yang mudah untuk dikombinasikan dengan pakaian, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin memakai alas kaki berwarna cerah. Apalagi jika dilengkapi dengan beberapa warna pada bagian talinya.

Kamu juga tidak perlu khawatir ketika menggunakan sandal tinggi, karena alas kaki yang satu ini memiliki gesper tali yang akan melindungi dan membuat kakimu terasa nyaman ketika harus tampil lebih jenjang. Coba padukan dengan jeans dan blazer hitam, dan biarkan kakimu yang berbicara.

Marks & Spencer Velvet Pointed Toe Court Shoes

Jika kamu butuh alas kaki yang dapat membuat tampilan menjadi lebih menawan di malam hari, maka sandal tinggi dari Marks & Spencer ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan menggnakan bahan suede yang elegan, ditambah dengan warna merah yang berani, pastinya kamu akan tampak bersinar ketika menghadiri pesta.

Jangan lupa untuk memadukannya dengan gaun hitam dengan tambahan aksesoris. Serta, oleskan lipstik merah menyala pada bibirmu agar semakin menarik.

Mango Stiletto Shoes

Pecinta warna biru dongker rasanya jangan sampai terlewat untuk menggunakan produk yang satu ini. Sandal model stiletto ini memiliki hak setinggi 10 cm yang bisa menjadikan penampilanmu terkesan seksi dan elegan. Apalagi dengan penggunaan bahan faux-suede yang akan membuatnya terlihat semakin menarik.

Padukan dengan gaun panjang, dan biarkan rambutmu bergaya messy fishtail braid yang terkesan berantakan namun tetap anggun.

Zara Sepatu Hak Kitten Tanpa Tumit Kulit

heel sandal

Sepatu hak yang satu ini dirancang dengan bahan kulit yang tampak mewah. Dengan tambahan tali yang melingkar pada pergelangan kaki, serta  bagian ujungnya yang berbentuk runcing, menjadikannya akan tampak sempurna untuk digunakan.

Apalagi sol dalam yang terbuat dari busa lateks, pastinya bisa membuat kaki tetap nyaman meski harus menggunakan alas kaki ini dalam waktu yang lama. Dengan hak setinggi 5m cm dan menawarkan dua pilihan warna yakni biru dan hijau pistachio, maka kamu bisa dengan mudah memadukannya dengan atasan dengan warna yang sama.

Charles & Keith Sandal Front Knot Heeled

Untukmu yang membutuhkan sandal tinggi agar bisa menunjang penampilan, maka Charles & Keith Sandal Front Knot Heeled merupakan salah satu pilihan sempurna. Pasalnya, alas kaki ini memiliki hak setinggi 8 cm dengan bahan faux leather yang elegan.

Dengan adanya tambahan tali pada bagian betis kaki, tentunya akan membuatmu tetap aman dan nyaman ketika berjalan menggunakan sandal tinggi. Karena strap tersebut dapat menjaga kaki agar tetap seimbang dan berada di tempatnya. Padukan dengan rok jeans midi dan oversize knitwear.