13 Film Sinterklas Yang Membuat Perayaan Natal Makin Lengkap

sinterklas
Foto: Istimewa

Perayaan Natal rasanya tidak bisa dipisahkan dengan tokoh bermantel merah yang memiliki jenggot putih panjang, yup Sinterklas.

Sosok yang mengantarkan hadiah dengan menggunakan kereta rusa pun mulai dinantikan kehadirannya oleh anak-anak di seluruh dunia. Berikut 13 rekomendasi film yang menceritakan perjuangan Santa Claus yang selalu menebarkan kebaikan.

Santa Claus: The Movie (1985)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Seorang penebang kayu bernama Claus (David Huddleston) selalu memberikan mainan yang terbuat dari ukiran tangan pada anak-anak di desanya setiap Natal.

Suatu ketika, ia dan sang istri, Anya (Judy Cornwell), serta kedua rusa mereka Donner dan Blitzen, harus terperangkap dalam badai salju. Untungnya ada seorang elf yang menyelamatkan mereka sekaligus membawanya ke Kutub Utara.

Akhirnya, Ketua elf pun memutuskan bahwa takdir dari Claus adalah untuk mengirimkan mainan yang dibuat para elf kepada anak-anak di seluruh dunia. Bersama dengan enam rusa kutub lainnya, Donner dan Blitzen membantu Claus untuk membagikan hadiah di malam Natal.

Noelle (2019)

Foto: www.imdb.com

Setelah kematian sang ayah, Nick Kringle (Bill Hader) masih kesulitan untuk menjalankan tugas barunya. Sebab, sebagai anak tertua dari Santa Claus, ia pun harus menggantikan sang ayah menjadi sinterklas yang membagikan hadiah di malam Natal.

Melihat kakaknya yang kelelahan, Noelle (Anna Kendrick) pun selalu berusaha untuk menyemangatinya. Namun suatu ketika, masalah datang menimpa Kutub Utara.

Para Elf baru menyadari bahwa Nick tidak berada di keretanya. Dihantui dengan rasa bersalah, akhirnya Noelle mencoba mencari sang kakak dan berniat untuk membujuknya agar bisa kembali menjadi Santa Claus.

Get Santa (2014)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh Christopher Smith, film ini menceritakan tentang seorang ayah bernama Steve (Rafe Spall) bersama anaknya, Tom (Kit Connor), yang menemukan Sinterklaus (Jim Broadbent) tertidur di garasi.

Berkat hal tersebut, ayah dan anak ini bekerja sama untuk menyelamatkan Natal dan menggantikan peran Santa untuk membagikan hadiah. Karena jalan ceritanya yang ringan, film ini berhasil meraih penilaian sebanyak 6.3/10 di situs IMDb.

Fred Claus (2007)

Foto: www.imdb.com

Sejak kecil, Fred Claus (Vince Vaughn) memang selalu iri pada adiknya, Nick Claus (Paul Giamatti).

Soalnya Nick selalu bersikap ramah, sehingga mendapatkan kasih sayang dari keluarga atau temannya secara penuh. Hal ini sangat berbeda dengan Fred, hingga akhirnya timbul rasa benci di dalam dirinya.

Beranjak dewasa, Fred memutuskan untuk memisahkan diri dari keluarganya di Kutub Utara. Sayangnya, Fred harus membuat masalah yang mewajibkannya untuk membayar uang jaminan.

Ia pun menghubungi Nick untuk meminta bantuan. Untungnya sang adik mau membantu, asalkan Fred bersedia untuk membantunya menyiapkan hadiah bagi anak-anak di malam Natal.

Santa in Training (2019)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Film dengan genre komedi keluarga ini mengisahkan tentang perjuangan Eddie Garcia (Antonio Sabato Jr.) untuk menjadi seorang Sinterklas.

Menariknya, Eddie tidak memiliki ketertarikan atas Natal, bahkan ia cenderung membencinya. Apalagi ia memiliki sifat yang temperamental, sehingga setiap ada masalah selalu dihadapi dengan kemarahan.

Para elf pun dengan susah payah berusaha untuk melatih Eddie dan tetap membimbing pria ini supaya tetap bersabar. Mereka juga tetap mencoba untuk mengenalkan Eddie dengan semangat Natal yang gembira.

Bad Santa (2003)

Foto: www.imdb.com

Willie T Stokes (Billy Bob Thornton) bekerja sebagai Santa Claus di sebuah pusat perbelanjaan. Dalam setahun, ia hanya bekerja pada saat Natal.

Pria ini sebenarnya merupakan penipu ulung yang menjalankan kehidupan dengan cara menyedihkan. Meski tidak memiliki sikap yang ramah, namun Willie selalu berhasil menjalankan tugasnya di setiap tahun, terutama pada malam Natal.

Suatu ketika, ia dan temannya yang bernama Marcus (Tony Cox) merencanakan perampokan untuk mengambil seluruh harta di pusat perbelanjaan. Ia juga bertemu dengan seorang anak kecil (Bret Kelly) yang menganggap bahwa Willie merupakan Sinterklas yang sesungguhnya.

The Christmas Chronicles (2018)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Setelah kematian sang ayah, Teddy Pierce (Judah Lewis) tidak percaya dengan keajaiban Natal. Padahal ia selalu menulis surat untuk Sinterklas setiap tahunnya.

Suatu ketika, sang adik yang bernama Kate (Darby Camp) mengajak Teddy untuk merekam kegiatan Santa Claus. Ia ingin membuktikan bahwa pria pemberi hadiah itu benar-benar ada.

Sayangnya, rencana mereka gagal karena Teddy dan Kate tidak sengaja masuk ke dalam kereta rusa milik Santa (Kurt Russell).

Terkejut mendapatkan dua orang anak di keretanya, Santa pun jadi kehilangan kendali, mereka pun terjatuh dan membuat kereta menjadi rusak dan para rusa pergi memisahkan diri.  

Rise of Guardians (2012)

Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel berjudul Guardian of Childhood karya William Joyce, film ini menceritakan tentang Jack Frost (Chris Pine) yang dipilih untuk menjadi bagian the Guardian.

Para penjaga yang terdiri dari Sinterklas (Alec Baldwin), Peri Gigi (Isla Fisher), dan Kelinci Paskah (Hugh Jackman), terus meminta Jack bergabung untuk menghentikan perilaku Pitch Black yang mengancam dunia.

Film animasi ini berhasil mendapatkan nominasi Golden Globe Award untuk Film Cerita Animasi Terbaik. Perlu diketahui, Rise of Guardians ini juga menjadi film terakhir DreamWorks Animation.

The Polar Express (2004)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Film animasi 3D ini mengisahkan tentang anak laki-laki yang meragukan keberadaan Sinterklas. Akan tetapi tiba-tiba sebuah lokomotif uap berhenti di depan rumahnya.

Meski ragu, akhirnya anak laki-laki ini memutuskan untuk ikut menaiki kereta. Di dalam gerbong, akhirnya ia bertemu dengan seorang gadis yang penuh semangat, serta anak laki-laki yang selalu berbicara.

Sayangnya, tiket kereta milik gadis tadi harus hilang. Ia pun membantu untuk mendapatkan tiket tersebut. Namun ketika menaiki atap, anak laki-laki ini terkejut saat bertemu dengan seorang gelandangan yang berkemah di atas gerbong.

Tak disangka, gelandangan itu malah bercerita tentang keberadaan Sinterklas dan membuatnya menjadi takjub.

Arthur Christmas (2011)

Foto: www.imdb.com

Ternyata, kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat ini mampu meringankan tugas Santa Claus (Jim Broadbent) untuk mengantarkan bingkisan pada setiap anak di seluruh dunia. Namun ia merasa bahwa momen pembagian hadiah tersebut menjadi kurang berkesan.

Untungnya, semangat Natal masih dirasakan oleh Arthur (James McAvoy), anak bungsu Santa Claus. Ia berniat untuk mengantarkan secara langsung hadiah yang tidak sengaja tertinggal.

Bersama dengan kakeknya, Grandsanta (Bill Nighy) dan seorang peri bernama Bryony (Ashlye Jensen), Arthur pun memulai petualangannya untuk mengantarkan hadiah sebelum hari Natal tiba.

The Christmas Chronicles 2 (2020)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Kate Pierce (Darby Camp) merasa sangat bahagia saat kembali bertemu dengan Santa Claus (Kurt Russell).

Sebab, Derby dan Jack (Jazhir Bruno) baru saja terjatuh ke sebuah lingkaran waktu yang membawanya ke Kutub Utara. Mereka bertemu dengan Mrs. Claus (Goldie Hawn) yang sedang sibuk mempersiapkan perayaan Natal.

Ternyata, kehadiran Jack dan Kate merupakan salah satu rencana jahat dari Belsnickle (Julian Dennison). Ia mencoba untuk mencuri bintang di pohon milik Santa, agar nantinya semua orang akan melupakan Natal.

Klaus (2019)

Foto: www.imdb.com

Karena karirnya yang terus menurun, Jesper Johansson (Jason Schwartzman) pun diberikan misi untuk mengirim 6000 surat selama setahun.

Saat mengirim surat kepada seseorang anak kecil, ia bertemu dengan seorang tukang kayu yang bernama Klaus (JK Simmon). Di sana, Jesper menemukan berbagai macam mainan yang dibuat sendiri oleh Klaus.

Tidak sengaja melihat sebuah karya yang dibawa oleh Jasper, Klaus pun memutuskan untuk mengikuti tukang pos tersebut yang bertugas mengantarkan hadiah.

The Claus Family (2020)

sinterklas
Foto: www.imdb.com

Suzanne (Bracha van Doesburgh) terpaksa harus pindah ke Belgia bersama kedua anaknya yakni Jules (Mo Bakker) dan Noor (Amber Metdepenningen). Selama Suzanne bekerja, anak-anaknya akan dijaga oleh ayahnya yang bernama Noel (Jan Decleir).

Suatu ketika, Jules menemukan fakta bahwa Noel merupakan seorang Sinterklas yang membagikan hadiah bersama beberapa elf.

Sayangnya Noel saat ini mengalami gangguan kesehatan, sehingga tidak bisa mengantarkan hadiah Natal. Akhirnya, Jules pun memutuskan untuk menggantikan peran sang kakek menjadi seorang Sinterklas.