16 Rekomendasi Film Pendek yang Wajib Kamu Tonton

film pendek
Foto: Istimewa

Jika kamu sedang mencari hiburan namun terlalu malas untuk menyaksikan film yang menghabiskan waktu selama berjam-jam, maka ini saat yang tepat untuk memilih film pendek. Seperti sebutannya, film ini menyajikan sebuah kisah dengan durasi singkat. Jika kamu tertarik untuk menontonnya, maka berikut 16 film pendek yang wajib kamu saksikan dan jangan lupa siapkan camilan ya!

The Silent Child (2017)

Foto: www.imdb.com

Dengan durasi 20 menit, film ini menceritakan tentang Libby (Maisie Sly), seorang gadis tuli yang berusia 6 tahun. Ia hidup dengan dunia yang penuh dengan kesunyian, bahkan seluruh anggota keluarganya pun tidak ada yang berusaha untuk berkomunikasi dengannya.

Hingga akhirnya, seorang pekerja sosial bernama Joanne (Rachel Shenton) mulai mengajarinya untuk menggunakan bahasa isyarat. Film pendek ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Best Live Action Short Film di Academy Awards ke-90 pada tahun 2018.

Sing (2016)

film pendek
Foto: www.imdb.com

Berlatar tahun 1990-an di Hungaria, film pendek ini diangkat dari kisah nyata. Zsófi (Dorka Gáspárfalvi) baru saja pindah ke sekolah barunya, dan ia pun berteman dengan Liza (Dorottya Hais). Mereka berdua memutuskan untuk bergabung dengan kelompok paduan suara. Namun, sang guru meminta Zsófi agar tidak bernyanyi dengan keras.

Setelah ditelusuri, ternyata bukan hanya Zsófi  yang tidak diizinkan untuk bernyanyi, melainkan banyak anak yang diperlakukan serupa. Film yang juga dikenal dengan judul Mindenki ini berhasil memenangkan penghargaan untuk Best Live Action Short Film di Academy Awards ke-89 pada tahun 2017.

Baca Juga :  12 Film Anak-Anak yang Wajib Ditonton Akhir Tahun 2020

The Phone Call (2013)

Foto: www.imdb.com

Heather (Sally Hawkins) adalah seorang gadis pemalu yang bekerja di pusat bantuan. Ketika Heather sedang bekerja, ia menerima panggilan telepon dari seorang pria misterius. Ia tidak pernah menyangka bahwa telepon itu akan mengubah hidupnya selamanya.

Helium (2013)

film pendek
Foto: www.imdb.com

Seorang anak laki-laki bernama Alfred (Pelle Falk) sedang sekarat. Selama di rumah sakit, ia berteman dengan Enzo (Casper Crump), seorang petugas kebersihan. Enzo pun sering menceritakan tentang helium, yang merupakan dunia fantasi penuh magis karangannya.

Tidak disangka, cerita itu membuat Alfred kembali bersemangat dan merasa bahagia. Film ini berhasil memenangkan Best Live Action Short Film di Academy Awards tahun 2014.

The Shore (2011)

Foto: www.imdb.com

Film ini mengisahkan tentang dua sahabat masa kecil, Joe (Ciaran Hinds) dan Paddy (Conleth Hill) yang harus berpisah ketika adanya masalah yang melanda Irlandia Utara. Namun 25 tahun kemudian, mereka akhirnya kembali bersatu. Disutradarai oleh Terry George, short movie ini memenangkan Best Live Action Short Film pada Piala Oscar 2012.

Toyland (2007)

Foto: www.imdb.com

Toyland ditulis dan disutradarai oleh Jochen Alexander Freydank dan memenangkan Piala Oscar pada tahun 2009 dengan kategori Best Live Action Short Film. Film ini menceritakan tentang Heinrich (Cedric Eich) yang bersikeras ingin mengikuti keluarga Silberstein (Torsten Michaelis) pergi ke tempat baru bernama “Toyland”.

Namun kenyataannya, Silberstein harus pergi karena dideportasi. Dan Toyland hanyalah cerita bohong dari ibunya, Marianne Meißer (Julia Jäger).

Mars (Do Not Pee Randomly) (2019)

film pendek
Foto: www.filmfreeway.com

Siapa sewaktu kecil bercita-cita menjadi astronot? Selamat, karena kamu bisa membayangkan serunya pergi ke luar bumi lewat film pendek yang satu ini. Seorang anak laki-laki bernama Ipul (Kelvin Valerian) memiliki kebiasaan buang air kecil secara terus-menerus.

Ketika sekolahnya mengadakan kunjungan ke Planet Mars, ia merasa ingin buang air kecil dan memutuskan untuk pipis sembarangan. Karena kejadian itu, Ipul pun diculik oleh para alien yang tinggal di Mars.

Baca Juga :  16 Rekomendasi Film Jadul yang Wajib Ditonton

Asa (2020)

film pendek
Foto: www.trakt.tv

Shinta (Allya Syakila) merupakan seorang remaja yang menjadi korban kekerasan seksual oleh laki-laki yang baru dikenalnya lewat media sosial. Tidak menyerah dan menerima tawaran damai dari pelaku, keluarga Shinta dengan penuh keberanian memutuskan untuk menempuh jalur hukum atas kejadian tersebut. Film berdurasi 21 menit ini diangkat dari kisah nyata seorang gadis berinisial AL.

Kinetik (2017)

Foto: www.cinemaworldindonesia.blogspot.com

Karim (Refal Hady), Dhea (Dhea Seto), dan Kevin (Kenny Austin) merupakan tiga anak muda yang telah sukses di bidangnya masing-masing. Akan tetapi mereka masih merasa belum puas dengan kesuksesan yang dimiliki.

Hingga akhirnya, Karim, Dhea, dan Kevin memutuskan untuk memajukan lingkungan sekitarnya dengan memperbaiki sebuah sekolah yang terletak di pinggir jalan.

Film ini juga sekaligus menggerakan sebuah kampanye bernama #MudaBergerak yang bertujuan untuk menggerakan semangat anak muda Indonesia agar berbuat baik di sekitarnya.

Bao (2018)

film pendek
Foto: www.imdb.com

Bao merupakan sebuah film pendek animasi yang diproduseri oleh Pixar Animation Studios. Mengisahkan tentang seorang ibu keturunan Tionghoa yang telah menua dan kesepian. Namun ia memiliki kesempatan untuk kembali menjadi ibu setelah membuat sebuah bakpao yang tiba-tiba berwujud sebagai sosok anak laki-laki.

Pada Academy Awards ke-91, Bao berhasil masuk ke dalam nominasi nominasi Best Animated Short Film.

Listen to Me (2017)

Foto: www.imdb.com

Film pendek ini mengangkat cerita tentang seorang gadis tuli yang di-bully secara terus-menerus, hingga akhirnya ia benar-benar hancur dan memutuskan untuk mencoba mengakhiri hidupnya. Namun untungnya, seorang siswa melihatnya dan mencoba untuk menyelamatkan hidup gadis tersebut.

Different (2017)

The Present (2014)

Foto: www.imdb.com

The Present merupakan film animasi pendek yang disutradarai oleh Jacob Frey. Film pendek ini bercerita tentang seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain video game. Akhirnya sang ibu memutuskan untuk memberikan hadiah yang berisi seekor anak anjing.

Namun, ia terus-menerus mengabaikan anak anjing tersebut yang berusaha untuk mengajaknya bermain. Anak laki-laki itu pun tetap berusaha fokus untuk kembali memainkan video game-nya.

Negative Space (2017)

Foto: www.imdb.com

Bagaimana caramu mengemas pakaian ke dalam koper? Apakah masukkan dengan sembarangan? Atau melipatnya dengan teratur? Dalam film pendek ini, kamu bisa menemukan tips untuk mengemas pakaian ke dalam koper.

Diceritakan tentang Sam yang diajari cara terbaik untuk mengemas pakaian ke dalam koper oleh sang ayah. Hingga akhirnya ia berhasil mengemasi pakaian ayahnya yang akan melakukan perjalanan bisnis ke suatu tempat.

One Small Step (2018)

film pendek
Foto: www.imdb.com

Luna merupakan gadis keturunan Tionghoa-Amerika yang memiliki cita-cita menjadi seorang astronot. Sejak menyaksikan peluncuran sebuah roket yang disiarkan di TV, Luna menjadi semakin bersemangat dengan cita-citanya tersebut.

Lights Out (2013)

film pendek
Foto: www.imdb.com

Ketika berada di ruangan kecil yang gelap, apa yang akan terbayang dalam pikiranmu? Seorang wanita (Lotta Losten) baru saja keluar dari kamar dan mematikan lampu yang ada di lorong. Namun siapa sangka hal itu membuatnya melihat siluet wanita berambut panjang yang berada di ujung lorong.

Karena terkejut, ia pun kembali menyalakan lampu dan beruntungnya siluet tersebut lenyap. Namun karena penasaran, ia pun mematikan dan menyalakan lampu secara terus-menerus, dan tiba-tiba siluet itu bergerak maju dan mendekatinya hingga beberapa inci di depan wajahnya.